Keindahan Nan Eksotis Pantai Pulisan Likupang

Objek Wisata Destinasi Super Prioritas di Likupang

Keindahan Nan Eksotis Pantai Pulisan Likupang
Goa Pulisan, spot yang menarik di pantai ini, Photo by @PantaiPulisangLikupang

Pantai Pulisan dengan spot yang begitu eksotis, mampu menyihir wisatawan untuk tak pernah bosan datang berkunjung.  Pantainya sangat indah, dengan air pantainya yang terlihat bersih berwarna biru, berpadu dengan pemandangan sekitarnya nan cantik.  Traveler juga dapat melihat keindahan Pulau Bangka dari Pantai Pulisan.  Tak heran jika Pantai Pulisan merupakan salah satu objek wisata destinasi super prioritas di Likupang, Manado.

Meskipun angin di pantai ini cukup kuat, begitu juga dengan ombaknya yang cukup deras, bahkan sesekali suara gemuruh ombak yang kencang sering terdengar, namun semua kondisi alam ini malah menjadi daya tarik tersendiri, menikmati suara-suara merdu irama pantai nan alami.  Biasanya, jadwal ombak sangat deras berada di kisaran bulan Desember sampai Februari.

Keindahan Nan Eksotis Pantai Pulisan Likupang
Menikmati pantai dari atas bukit, Photo by @ayotelusuri

Untuk menuju lokasi Pantai Pulisan, dari Kota Manado akan memakan waktu perjalanan sekitar 2 jam. Sepanjang perjalanan ini, Traveler akan menghadapi akses jalan yang berkelok-kelok dengan pemandangan indah yaitu bukit-bukit nan hijau.  Sungguh sangat cantik dan sedikit melupakan lelahnya perjalanan ini.

Saat memasuki kawasan pantai, pandangan akan langsung fokus pada keindahan jernihnya air laut yang begitu memikat hati.  Air laut ini bergradasi warna dari biru dan kehijauan yang sangat jernih dan bening.  Selain terpikat dengan jernihnya air laut, hamparan pantainya pun memberikan kenyamanan bagi pengunjung.  Yah, Pantai Pulisan memiliki garis pantai yang memanjang indah dengan dipenuhi hamparan pasir putih nan halus dan lembut.  Saat bertelanjang kaki menyusuri pantai, Traveler akan merasa nyaman dan menyenangkan karena pasir pantainya yang begitu lembut.

Keindahan Nan Eksotis Pantai Pulisan Likupang
Hamparan pasir pantainya nan lembut, Photo by@PantaiPulisanTerpopuler

Berwisata ke Pantai Pulisan, tidak semata hanya disajikan keindahan pantai dan lautnya saja.  Pantai ini juga memiliki spot-spot wisata lainnya yang sangat berdekatan yang asyik juga untuk dieksplore, yaitu goa dan bukit. Pemandangan alam yang tersaji di sekitar goa begitu indah dan menakjubkan, disuguhkan tebing-tebing berwarna kecokelatan yang memukau, menyatu dengan indahnya air laut nan jernih. Goa Pulisan memang terkenal dengan panorama alam sekitarnya yang menakjubkan.

Tak hanya panorama goa yang begitu mempesona, Pantai Pulisan juga memiliki bukit yang terkenal dengan padang savananya yang indah.  Untuk menuju bukit ini, Traveler harus trekking yang memakan waktu selama 30 menit.  Rasa lelah selama perjalanan akan terbayarkan begitu pemandangan yang tersaji ada dihadapan mata.  Dari atas bukit, Traveler disuguhkan dengan eksotisnya hamparan laut biru serta udara dan angin pantai yang sangat memanjakan, membuat siapa pun yang sedang singgah enggan meninggalkan tempat ini.

Keindahan Nan Eksotis Pantai Pulisan Likupang
Menatap puas sunset dikejauhan laut, Photo by @pinterest

Banyak aktifitas seru yang dapat dilakukan di Pantai Pulisan ini.  Aktifitas yang siap menyita waktu karena membuat Traveler ketagihan dan keasyikkan.  Seperti snorkeling dan diving, menyaksikan keindahan ekosistem bawah laut yang indah dipandang mata. Selain menikmati keindahan bebatuan coralnya yang berwarna-warni, taman laut Pulisan juga menyimpan aneka hewan laut yang menawan, seperti ubur-ubur, bintang laut, dan juga ikan badut alias nemo.  Dan kegiatan lainnya yang juga asyik untuk diikuti adalah mengunjungi rumah apung yang berada di tengah-tengah laut.

Yang tak kalah menarik dari wisata pantai adalah, berburu keindahan sunset dan sunrise nya.  Letak Pantai Pulisan yang cukup strategis, karena berada di sebelah utara Pulau Sulawesi sehingga menjadikan pantai ini sebagai pantai yang memiliki posisi yang sangat jelas, untuk melihat sunrise dan sunset. Ketika Traveler ingin menikmati sunrise di pagi hari, hanya perlu mengamati di bagian sebelah timur pantai. Dan ketika ingin menyaksikan sunset, Traveler dapat mengamati pada bagian sebelah barat pantai.

Alam pantainya yang masih sangat asri dan panoramanya yang sangat indah ini,  membuat banyak wisatawan datang ke objek wisata ini. Dengan lanskap berlatar belakang pantai dan juga bukit-bukit yang nampak berwarna hijau sejauh mata memandang, frame keindahan Pantai Pulisan begitu sempurna. Hijaunya perbukitan seputaran pantai juga menyimpan aneka ragam pepohonan hijau yang membuat suasana di pantai ini terasa rindang dan tentunya semakin sejuk.

Keindahan Nan Eksotis Pantai Pulisan Likupang
Salah Satu Sisi Lain Pantai Pulisan

Inilah kemewahan yang disajikan Pantai Pulisan, merupakan salah satu pantai eksotis di Minahasa Utara yang memiliki segudang  daya tarik yang menakjubkan. Pesona pantai pasir putihnya, kawasan alam bawah laut yang menyajikan surga untuk bersnorkeling dan diving, goa nan unik dengan panoramanya yang menakjubkan, serta bukit savana yang juga menjadi daya tarik utama dari wisata bahari ini.  Pantai cantik ini berlokasi di Desa Pulisan Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Sulawesi Utara.  Lokasi pantai ini cukup tersembunyi, namun cerita keindahan alamnya sudah merebak kemana-mana….

Siap mengeksplore keindahan Pantai Pulisan?(Niel)