Rammang Rammang, Objek Wisata Menakjubkan di Makassar yang Makin Menggeliat

Sebuah Frame Keindahan Alam nan Mewah dan Menakjubkan

Rammang Rammang, Objek Wisata di Makassar yang Makin Menggeliat
Salah satu Spot Instagenik, Photo by @thevirginplace

Barisan bukit batu raksasa tanpa ekspresi, seolah menyambut kedatangan para wisatawan yang datang ke objek wisata cantik ini.  Keindahan alamnya yang begitu cantik mempesona, tak bisa dipungkiri lagi dan membuat semua orang mengagumi alam nan ajaib ini.  Bentangan pegunungan karts atau batu kapurnya menjulang tinggi dan sangat luas serta ditumbuhi vegetasi yang begitu lebat, terlihat begitu indah, begitu menakjubkan.  Inilah objek wisata Rammang Rammang, salah satu destinasi wisata unik dan primadona yang dimiliki bumi Sulawesi Selatan.

Rammang Rammang, Objek Wisata di Makassar yang Makin Menggeliat
Menyusuri Sungai Pute, Photo by @caesadhanisa

Kawasan gugusan pegunungan karst atau kapur ini berada di Kabupaten Maros, tepatnya berada di Dusun Rammang Rammang Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros Sulawesi Selatan.  Kompleks pegunungan karst ini sangat luas dan besar,  yang mencapai 45.000 hektare, bahkan terbesar ketiga di dunia setelah Vietnam dan China.  Keberadaan pegunungan kapur yang terlihat begitu eksotis ini, terbentuk akibat proses pelarutan suatu kawasan batuan karbonat (merupakan batuan mudah terlarut), yang kemudian menghasilkan bentuk permukaan bumi yang unik dengan ciri exokarst (di atas permukaan) dan indokarst (di bawah permukaan).  Hal ini dapat dinikmati baik di sisi darat maupun sungai yang ada dalam kawasan ini.

Rammang Rammang, Objek Wisata di Makassar yang Makin Menggeliat
Sunrise yang Begitu Cantik dan Memukau, Photo by @lelaki_pendusta

Traveler yang datang berkunjung ke objek wisata Rammang Rammang, benar-benar mendapatkan fasilitas mewah nan alami dari panorama pegunungan kapur nan indah ini.  Pesonanya begitu menggeliat, memamerkan kemewahan alami yang begitu langka dan menakjubkan.  Menyusuri sungai sambil dimanjakan pemandangan alam nan eksotis, mengagumi hamparan perbukitan kars yang menjulang tinggi berpadu dengan hijaunya pohon-pohon ripah di pinggiran sungai, dan banyak lagi keseruan dan keindahan yang akan dinikmati selama berwisata disini. Satu kombinasi unik yang begitu memikat, antara tebing-tebing kecoklatan dan hijaunya pepohonan yang juga ter-refleksi dalam air sungai.  Terekam dalam sebuah frame alami yang sangat mempesona.

Rammang Rammang, Objek Wisata di Makassar yang Makin Menggeliat
Panorama Rammang Rammang begitu Memikat Hati

Akses menuju objek wisata Rammang Rammang tidak terlalu sulit.  Dari Makassar hanya berjarak 40 kilometer, dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar dua jam dengan menggunakan mobil maupun motor. Begitu sampai di Rammang Rammang, harus menyewa kapal yang akan digunakan untuk berkeliling menikmati seluruh keindahan Rammang-Rammang melalui Sungai Pute.  Traveler akan diajak merasakan sensasi melewati tebing-tebing batu tinggi dengan menggunakan perahu motor.

Banyak spot-spot wisata seru yang akan dieksplore dalam perjalanan mengarungi keindahan Rammang Rammang ini.  Selain menikmati keindahan bebatuan karst yang membentang kiri kanan sepanjang aliran sungai, melalui Sungai Pute ini juga, Traveler dapat berkunjung ke Taman Hutan Batu Kapur, juga dapat melihat Telaga Bidadari, Goa Telapak tangan, Goa Barakka, Goa Pasaung serta Desa Kampung Berua.  Ada banyak fosil yang ditemukan di goa-goa ini.  Hal ini menjadi bagian dari peninggalan sejarah manusia purba di Sulawesi Selatan. UNESCO juga telah memasukkan pegunungan karst Rammang Rammang ini sebagai World Heritage Site.

Rammang Rammang, Objek Wisata di Makassar yang Makin Menggeliat
Tebing_tebing Bebatuan karst yang menjulang tinggi, Photo by @nellasarisyarif

Jika Traveler ingin berkunjung ke Rammang Rammang, upayakan datang pagi hari.  Selain udaranya masih sangat sejuk, tidak terlalu panas, golden moment matahari terbit di kawasan ini begitu cantik, sayang dilewatkan begitu saja.  Datang di pagi hari juga membuat Traveler memiliki waktu lebih banyak untuk menjelajah wilayah sekitar.  Karena saat memasuki siang hari, sinar matahari di kawasan ini cukup terik dan agak menyengat.

Nama Rammang Rammang dalam Bahasa Makassar dapat diartikan sebagai awan atau kabut.  Karena setiap pagi hari, gugusan pegunungan yang berada di sekitar Rammang Rammang ini memang kerap diselimuti kabut. Begitu juga setelah habis hujan, pemandangan kabut dalam wilayah ini tercipta begitu dramatis dan menakjubkan.

Rammang Rammang, Objek Wisata di Makassar yang Makin Menggeliat
Pegunungan Karst Mengelilingi Sungai Pute, Photo by @guntur.30

Nah, pastikan jika Traveler berkunjung ke Kota Makassar, siapkan satu hari penuh untuk menjelajahi dan menikmati keindahan objek wisata Rammang Rammang ini!(Rafa)