Keindahan Embun Pagi Hari di Pantai Indrayanti

Salah satu pantai berpasir putih yang sampai saat ini selalu ramai pengunjung adalah Pantai Indrayanti atau nama lainnya adalah Pantai Pulang Syawa, nama ini adalah nama yang diberikan oleh pemerintah.

Jogyakarta memang banyak menyajikan keindahan pantai-pantainya. Berwisata kesana mengulik pantainya, akan makan waktu yang cukup panjang. Karena terdapat puluhan pantai di Kota Yogyakarta yang dapat dijadikan pilihan, mulai dari pantai yang masih berpasir putih hingga yang berpasir hitam. Pantai yang berpasir putih dapat Traveler bisa temukan di daerah Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta yaitu seperti Pantai Drini, Pantai Kukup, Pantai Baron, Pantai Sepanjang dan masih banyak pantai lainnya lagi.

Kali ini, keindahan Pantai Indrayati yang mencuri perhatian, yang akan dikupas dan jadi bahan referensi traveler untuk berkunjung kesana!

Salah satu pantai berpasir putih yang sampai saat ini selalu ramai pengunjung adalah Pantai Indrayanti atau nama lainnya adalah Pantai Pulang Syawa, nama ini adalah nama yang diberikan oleh pemerintah. Namun karena ada beberapa faktor, pantai ini sering disebut Pantai Indrayanti sampai saat ini. Dan, pantai ini jadi salah satu pantai di Jogyakarta yang teramai, yang dikunjungi wisatawan. Apalagi akhir pekan, kepadatan pengunjung yang ingin menikmati keindahan Pantai Indrayanti sangat luar biasa.

Lokasi Pantai Indrayanti berada di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Letaknya tidak terlalu jauh dengan beberapa pantai lain seperti Pantai Sundak ataupun Pantai Krakal. Jarak dari pusat kota Jogja ke Pantai Indrayanti ini kurang lebih sekitar 70 km, dengan waktu tempuh sekitar 2,5 jam.

Photo By Naradatour
Photo By Naradatour

Pantai Indrayanti merupakan destinasi wisata di Jogja yang wajib Traveler kunjungi untuk menghabiskan akhir pekan bersama dengan keluarga, sahabat atau sebagai tempat gathering dengan rekan kerja. Walaupun Pantai Indrayanti ini ramai dikunjungi wisatawan, namun wisata ini selalu terjaga kebersihannya karena ketanggapan pihak pengelola, masyarakat sekitar dan adanya peringatan untuk tidak membuang sampah sembarangan. Pengunjung yang melanggar aturan seperti membuang sampah sembarangan akan dikenakan denda sebesar Rp10.000.

Panorama alam sekitar Pantai Indrayanti benar-benar menyihir kita. Bayangkan, di pesisir sepanjang bentang pantai ini, di kelilingi tebing karang dan pepohonan yang tumbuh rindang. Sementara, sejauh-jauh mata memandang ke laut, warna biru jernihnya bertemu dengan pasir pantainya yang berwarna putih kecoklatan dan bersih, menjadi satu keindahan yang tiada tara. Traveler akan semakin betah berlama disana, menikmati pemandangan ini. Tak hanya terkenal dengan spot sunrise dan sunset, Pantai Indrayanti ini juga terkenal dengan keindahannya saat pagi hari setelah matahari terbit.

Pemandangan indah yang disuguhkan embun di pagi hari yang menyelimuti pantai, bersamaan dengan sejuk dan segarnya angin laut berpadu dengan suara gemuruh ombak air laut. Yah, di area pantai ini, pagi hari setelah sunrise, menciptakan suasana pantai menjadi lebih nyaman dan asyik. Maka tak heran jika banyak yang betah lebih lama di sini, dengan cara melakukan camping dikawasan pantai agar bisa menikmati pesona keindahannya yang luar biasa ini!(DT)