Pesona Curug Sawer Manglid di Sukabumi

Selain memanjakan pandangan mata dengan panorama keindahan pegunungan serta udara yang sejuk, juga akan mendapatkan keseruan lainnya.

photo by indra susandi
photo by indra susandi

Banyak destinasi wisata yang seru di sepanjang kaki Gunung Salak. Tepatnya di Taman Nasional Halimun Gunung Salak (TNGHS). Selain memanjakan pandangan mata dengan panorama keindahan pegunungan serta udara yang sejuk, juga akan mendapatkan keseruan lainnya. Seperti di Camping Ground Bumi Curug Sawer Manglid, salah satu destinasi wisata yang ada di dalam wilayah TNGHS. Disini, traveler akan menikmati eksotisme keajaiban dari tiga curug indah, yaitu Curug Sawer Manglid, Curug Batu Ampar Satu dan Curug Batu Ampar Dua.

Berendam di tiga curug yang berbeda, tapi letak diantaranya tidak terlalu jauh. Namun, sensasi keindahannya beda-beda. Itulah, disarankan, kalau sudah kesini hendaknya ketiga curug ini dirasakan semuanya. Seperti ketika berendam di Curug Batu Ampar Satu, mungkin karena struktur curugnya yang mengalir di sepanjang bebatuan besar seperti di atas batu yang dihamparkan, sehingga sensasi jatuhnya air ke bawah beda rasanya.

photo by indra susandi
photo by indra susandi

Camping Ground Curug Sawer Manglid buka setiap hari mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Biaya untuk masuk ke lokasi ini tidak terlalu mahal. Pengunjung yang hendak berkunjung ke tempat ini akan dikenakan biaya pengelolaan Rp 5 ribu per orang. Sedangkan kalau bermalam di sana, satu orang harus membayar sebesar Rp 30 ribu dan itu belum termasuk tenda.

Tidak terlalu sulit untuk mencapai destinasi wisata ini. Traveler ambil dari Jalan Raya Sukabumi-Bogor yang kemudian masuk ke jalan Bangbayang. Teruskan perjalanannya hingga ke arah Cidahu. Sesampainya di Desa Tangkil, ambillah jalan yang mengarah ke Kampung Manglid, Desa Cidahu, Kecamatan Cidahu. Karena lokasi Camping Ground Curug Sawer Manglid ada di Kampung Manglid, Desa Cidahu, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi.(DT)