Tebing Apparalang, Surga di Ujung Selatan Pulau Sulawesi

Pemandangan laut lepas diiringi tebing yang kokoh membuat pantai ini terlihat cantik dan megah.

Photo By capicarno
Photo By capicarno

Apparalang berasal dari bahasa Konjo, yaitu Appa yang berarti ujung dan Ralang yang berarti curam atau dalam. Sehingga bisa diartikan menjadi ujung yang curam. Yah, dari atas tebing traveler akan disuguhi oleh pemandangan yang menakjubkan, yaitu birunya air laut dan semilir angin yang menyejukkan. Jalan menuju loket pantai ini masih berbatu jadi harus waspada, dan jika hujan kemungkinan licin. Kawasan pantainya cukup bersih dan tidak banyak sampah.

Photo By afriandingraha

Pemandangan laut lepas diiringi tebing yang kokoh membuat pantai ini terlihat cantik dan megah. Area yang keren dan pemandangan pantai dan tebing yang indah, membuat rasa pegal saat berkendara menuju tempat ini hilang. Tebing Apparalang sungguh memiliki karakter spot wisata yang sangat memikat. Kombinasi antara perpaduan dinding-dinding karang yang memanjang dengan keindahan karang-karang yang menonjol plus jernih dan birunya laut yang bergradasi. Menjadi pemandangan yang sangat mengesankan dan luar biasa indahnya.

Photo By urfavmatchalatte

Saat hari biasa destinasi wisata ini cukup sepi. Namun pada saat akhir pekan cukup ramai dikunjungi wisatawan, terlebih pada saat hari libur nasional. Selain tebing, traveler juga bisa turun ke bawah dan menikmati jernihnya air laut dari dekat. Terdapat dermaga kayu dan beberapa anak tangga untuk menuruni tebing. Namun, traveler harus berhati-hati karena licin dan curam.

Di sini juga ada jembatan kayu yang menghubungkan beberapa batu karang. Kejernihan airnya sangat menakjubkan, traveler bisa memanfaatkannya untuk berenang ataupun snorkeling. Jika beruntung, pada bulan Oktober terkadang ada Penyu yang berenang mendekat ke pantai. Tapi traveler harus ingat jangan mengusik apalagi menangkap hewan ini.

Photo By bangleo13

Akses ke lokasi ini masih dalam proses perbaikan. Mobil besar seperti bus tidak disarankan untuk kesana. Karena hanya bisa dilalui oleh mobil pribadi dan motor. Tebing Apparalang terletak di Desa Ara, Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Tebing ini tidak jauh dari pantai Tanjung Bira sekitar 30 menit perjalanan atau kurang lebih 130 kilometer dari Kota Makassar.

Untuk masuk ke sini, traveler cukup membayar tiket masuk Rp5.000. Kemudian uang parkir untuk motor Rp15 ribu dan Rp20 ribu bagi mobil.

Photo By riqo95

Di sini ada berbagai fasilitas.Traveler tidak perlu khawatir tidak kebagian tempat parkir karena wisata Tebing Appalarang mempunyai lahan yang cukup luas. Terdapat juga penjual makanan yang siap mengganjal perut traveler dan masjid untuk beribadah. (AS/IPG)