Keindahan Pantai Lampuuk, Primadona di Aceh

Pesona pantai dengan pasir putih dan suasana nyaman tidak hanya dimiliki oleh pantai-pantai Pulau Dewata.

Pesona pantai dengan pasir putih dan suasana nyaman tidak hanya dimiliki oleh pantai-pantai Pulau Dewata. Pantai yang satu ini berada di Aceh, sekaligus mendapatkan julukan “kuta”nya Aceh. Pantai tersebut adalah Pantai Lampuuk.
Pantai Lampuuk terletak di Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar. Berjarak 20 km dan waktu tempuh sekitar satu jam dari Banda Aceh, pantai ini menjadi saksi bisu ketika kejadian gempa dan tsunami pada tahun 2004 lalu. Penginapan serta rumah-rumah penduduk yang berada di sepanjang pantai ini terhempas gelombang besar.

photo by primayulienisyafitri

Kejadian tersebut menimbulkan trauma, sehingga tempat wisata ini sempat ditutup. Namun seiring perkembangan jaman, Pantai Lampuuk kembali dibuka dengan beberapa rekonstruksi yang tepat. Pantai Lampuuk kembali ramai, banyak masyarakat sekitar dan traveler mancanegara yang kembali menghabiskan waktu liburannya ke tempat wisata ini.

photo by primayulienisyafitri

Ada 4 jalur yang bisa dipilih traveler untuk menuju Pantai Lampuuk, yaitu Babah Satu, Babah Dua, Babah Tiga, dan Babah Empat. Penamaan pintu masuk tersebut sesuai tempatnya, dari yang berada di Selatan hingga Utara. Jalur yang biasa dilalui traveler atau masyarakat sekitar adalah Babah Satu dan Baba Dua. Sedangkan traveler mancanegara biasanya di Babah Tiga.

Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan biasanya anak-anak kecil suka bermain bola pantai atau membangun istana pasir di sini. Tempat ini cocok untuk berlibur bersama keluarga tercinta. Selain itu, Pantai Lampuuk mempunyai air yang jernih berwarna biru kehijauan. Memiliki ombak yang cukup besar, karena berhadapan dengan Samudera Hindia, sehingga traveler bisa berselancar di Pantai Lampuuk. Sejauh mata memandang pantai yang mempunyai garis pantai sepanjang 5 km dan membentuk teluk ini akan terlihat pegunungan hijau, serta pohon-pohon pinus yang tumbuh subur.

photo by milalawisata

Jika traveler berada di sini pada siang hari, terik mentari tidak terlalu menyengat. Suasana di sini sangat sejuk dan tenang. Keindahan pantai lebih terlihat eksotis pada saat matahari akan tenggelam. Selain itu traveler bisa mengunjungi konservasi penyu yang lokasinya tidak jauh dari Babah Dua. Biasanya anak-anak sangat antusias melihat penyu di sini. Anak-anak penyu yang terlihat lucu berada di kolam dan kalau dinilai sudah mampu bertahan di alam bebas, maka pihak pengelola akan melepasnya ke laut. Hal ini bisa menjadi edukasi untuk anak-anak tentang melestarikan lingkungan.

photo by ig_nusantara

Di Pantai Lampuuk juga terdapat warung-warung yang menawarkan berbagai makanan seafood yang bisa traveler coba. Makanan seafood tersebut diantaranya seperti ikan bakar, ikan kerapu, ikan rambe, udang, cumi, dan lainnya. Sedangkan untuk menghilangkan dahaga, traveler bisa memesan le U atau air kelapa muda. (AS/IPG)