Lezat dan Unik, Tengkleng Legendaris Bu Edi Solo

Cara penyajian warung ini cukup unik dan masih menjadi ciri khas yaitu menggunakan ‘pincukan’ atau menggunakan daun pisang.

photo by gotravelly.com

Salah satu kuliner Solo yang cukup digemari dan termasuk legendaris sejak tahun 1971 yaitu Warung Tengkleng Bu Edi. Terletak di Pasar Klewer, tepatnya di Jalan Radjiman, Kauman, Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Warung Tengkleng Bu Edi dulunya berjualan dibawah Gapura Pasar Klewer sebelum adanya peraturan untuk tidak berjualan dibawah gapura itu lagi. Kini, warung ini pindah di Pendopo Taman Parkir Pasar Klewer. Traveler dapat menjumpai Warung Tengkleng Bu Edi dengan banner merah besar yang dipajang.

Cara penyajian warung ini cukup unik dan masih menjadi ciri khas yaitu menggunakan ‘pincukan’ atau menggunakan daun pisang. Masakan tengkleng sendiri menggunakan bahan utama kambing kemudian dimasak seperti gulai tapi kuahnya lebih encer dari gulai biasanya. Nah, di Warung Tengkleng u Edi ini, Traveler akan menikmati tengkleng dengan kuahnya langsung dari daun pisang.

photo by tripzilla.id

Rasa yang ditawarkan oleh warung ini memiliki ciri khas dan kelezatan luar biasa. Rasa yang dihasilkan dari racikan bumbu rempah-rempahnya ini meresap ke dalam isian tengkleng ini. Rasa kuahnya pun cukup gurih dan pedas karena dimasak menggunakan cabai.

Menu lain yang disajikan di warung ini yaitu isian tulang kambing mulai dari lidah, telinga, mata, otak, sumsum, kaki, iga, sate daging, sate jeroan, sate usus, sate lidah hingga sate babat. Menu khas di Tengkleng Bu Edi ini merupakan lidah dan sumsum, Satu porsi nasi tengkleng disajikan dengan harga mulai dari Rp30.000 hingga Rp50.000.

Cita rasa lezatnya ini membuat warung selalu ramai pengunjung. Buka mulai pukul 12:30 hingga 16:00, pastikan traveler datang lebih awal karena biasanya Tengkleng sudah habis dengan waktu 2 hingga 3 jam saja. Jadi, jika ingin mencoba Tengkleng Bu Edi ini, Traveler harus rela mengantre! (DT)