Kilau Cahaya Malam di Pantai Mudhdhoo, Maldives

Kilaunya Cahaya Malam di Hamparan Pantainya

Pulau Mudhdhoo / Vadhoo
Bagaikan Bintang-Bintang Bertaburan di Pantai

Maldives memang dikenal dengan keindahan panorama laut dan pantainya.  Diantara sekian banyak pantainya, ada satu keunikan yang paling seru yaitu di Pantai Mudhdhoo.  Yah, Pantai Mudhdhoo yang menawan ini mampu mengejutkan wisatawan. Pantai ini luar biasa indah di siang hari, namun sesungguhnya rahasia utamanya yang paling indah akan terungkap di awal senja.

Pulau Mudhdhoo / Pulau Vaadhoo
Glowing in the Dark

Di perairan pesisir Mudhdhoo ini memang banyak terdapat fitoplankton jenis tertentu serta yang dapat melakukan proses fotosintesis.  Saat malam tiba, Pulau Mudhdhoo yang juga dikenal sebagai Pantai Vaadhoo, menampilkan hamparan luas gelombang biru mistis bercahaya.  Sungguh Traveler bakal melihatnya bak dalam cerita dongeng. Takjub dan bingung pun menjadi satu, namun penampilan ini sungguhg sangat keren.  Yah, ini adalah plankton bercahaya yang memancarkan cahaya biru terang karena aksi kimiawi alami yang terjadi ketika plankton terkena oksigen.

Peristiwa ini sering terjadi di Pantai Mudhdhoo.  Begitu mentari tenggelam, siang berganti malam, Pantai Mudhdhoo pun memancarkan kerlap kerlip keindahan pantainya.  Jutaan plankton hidup memancarkan sinarnya.  Dalam kegelapan mereka memancarkan kedipan biru. Mereka membuat pantai terlihat seperti langit malam, bak bertaburan bintang-bintang yang terang benderang. Traveler dapat menyaksikan misteri fantastis ini hingga fajar.

Pulau Mudhdhoo / Pantai Vaadhoo
Sensasi Berbeda Menikmati Pantai Malam hari, Photo by Facebook

Namun, fenomena ini tidak terjadi setiap malam. Tidak dapat diketahui dengan tepat kapan para plankton ini menampakkan cahayanya. Fitoplankton bercahaya memang tidak dapat diprediksi di Maladewa. Artinya, tidak ada tanggal atau jadwal tetap yang akan menjamin Traveler dapat melihatnya bersinar.  Salah satu penyebabnya karena ada faktor lain yang dapat mempengaruhi penampilan plankton. Diantaranya adalah arus air laut serta jumlah oksigen yang kaya yang dibawanya. Begitu juga dengan suhu air yang turut mengambil peranan penting dengan keberadaan plankton-plankton ini

Meski demikian, sejumlah wisatawan selalu merujuk pada Pulau Vaadhoo Maladewa, yang dikenal luas sebagai tempat terbaiknya untuk melihat para plankton beraksi memamerkan cahaya indahnya.  Karena di pulau ini sering kali terjadi berkali-kali, meskipun di beberapa pulau di Maldives lainnya juga ada yang disinggahi plankton-plankton tersebut, namun waktunya memang tidak sesering di Pantai Mudhdhoo.

Pantai Mudhdhoo / Pantai Vaadhoo
Bak di Negeri Dongeng!

Ada yang memperhatikan bahwa sajian aksi para plankton ini sering kali muncul di bulan Juni dan Oktober, meskipun ada beberapa yang pernah melihat antara bulan Juli dan Desember di mana tidak ada bulan pada malam tersebut.  Tak heran masyarakat setempat mengklaim bahwa plankton kerap muncul selama akhir musim panas hingga akhir tahun.(Niel)