Kisah Sebuah Kue

Negeri Indonesia disamping memiliki keaneka-ragaman budaya, adat istiadat juga memiliki keaneka-ragaman kuliner salah satunya adalah kue atau panganan. Masayarakat di Kepulauan Seribu sendiri memiliki kue khas tersendiri. Dimana kue ini harus ada disetiap hari raya ataupun disaat ada pesta pernikahan. Penasaran dengan kue ini?

Kue K nama panganan ini, kami pun dibuat penasaran juga ketika rekan pemandu kami Mas Munawar memberikan keterangan tentang keberadaan kue yang selalu hadir disetiap hari raya atau pun perayaan pesta pernikahan. “dipulau ini hanya ada satu pembuat kuenya mas, nanti saya antarkan!,”ujar Munawar.

Rasa penasaran kami akhirnya perlahan terjawab ketika sore itu bertemu dengan Ibu Romlah, Bu Romlah adalah pembuat kue K generasi ketiga di Pulau Kelapa. Menurut wanita ini, pembuatan kue ini membutuhkan kesabaran dan ketelitian karena pembuatannya membutuhkan waktu sekitar 6 jam untuk satu loyangnya.

“Kue ini sudah ada sejak nenek moyang dan saya termasuk generasi ketiga sebagai pembuat,”tutur bu Romlah sambil mempersiapkan peralatan.

Beruntung kami dapat menyaksikan dan mengikuti prosesi pembuatan kue K, dengan cekatan tangan bu Romlah membuat adonan yang terdiri dari tepung terigu, gula, telur, dan blueband.  Perlahan demi perlahan bahan-bahan tersebut dicampur dengan santan sambil diaduk, setelah selesai adonan itu dimasukkan kedalam loyang bulat. Nah… disini uniknya pada proses pemagangan kue K, karena lain dari biasanya orang kebanyakan cara memanggang. Kenapa sampai membutuhkan waktu 6 jam untuk memanggangnya? Karena kue ini dipanggang dengan menggunakan posisi api diatas loyangnya bukan dari bawah, tahap demi tahap dengan penuh kesabaran bu Romlah memanggang kue K sampai proses terakhir kue itu matang.

“Menjelang hari raya Idul Fitri saya bisa mendapat order sampai 150 lo
yang kue K,”ujar wanita ini sambil sibuk terus memanggang. 6 jam sudah kami mengikuti prosesi pembuatan kue K, dan ternyata setelah kue itu matang bentuknya seperti kue lapis hanya cara memasaknya saja yang berbeda dan rasanya menurut kami sungguh nikmat. Anda tertarik untuk memesan?