Atas Nama Jembatan Cinta

Jika kebanyakan tempat wisata di Jakarta identik dengan dunia modern, maka Jembatan Cinta di Pulau Tidung menawarkan keceriaan liburan dengan latar belakang keindahan alam pantai yang menakjubkan. Melompat dari atas Jembatan Cinta menuju laut bebas tentu bukan kegiatan yang pernah Anda bayangkan sebelumnya. Rasakan sensasi pengalaman menarik ini hanya di Jembatan Cinta.

 Tepat jam 5 sore kapal yang akan mengangkut kami menuju Pulau Tidung sudah bersandar di dermaga Pulau Kelapa, beberapa mahasiswa sudah ada yang masuk ke dalam kapal tapi Herman fotografer kami masih saja sibuk mengabadikan momen-momen terakhir meninggalkan pulau ini. Dengan perlahan kapal mulai meninggalkan dermaga untuk mengarungi lautan selama 2 jam ke Pulau Tidung dengan kondisi cuaca menurut kami cukup ekstrem dikarenakan hujan turun disertai suara gemuruh petir membuat para penumpang menjadi khawatir. akhirnya tak terasa perjalanan yang cukup menegangkan berakhir ketika kapal merapat ke dermaga Pulau Tidung.

Bagian paling menarik dari tempat wisata Pulau Tidung adalah keberadaan Jembatan Cinta. Entah bagaimana asal mula pemberian nama jembatan tersebut, Jembatan Cinta saat ini makin dikenal oleh wisatawan sebagai obyek wisata di Kepulauan Seribu yang populer. Jembatan Cinta berfungsi menghubungkan Pulau Tidung Besar dan Tidung Kecil. Aktifitas masyarakat setempat banyak terbantu oleh keberadaan Jembatan Cinta. Warga dan wisatawan hilir mudik dari Pulau Tidung Besar ke Tidung Kecil melalui Jembatan Cinta. Atas nama Jembatan Cinta itu lah banyak wisatawan berkunjung ke Pulau Tidung.

Pulau Tidung memiliki sejumlah fasilitas publik, misalnya sekolah SMU, kantor polisi, tempat penginapan, dan warung tradisional. Salah satu kelebihan tempat wisata pantai di Pulau Jawa ini memiliki suasana relatif sepi dan tenang, sangat tepat untuk dijadikan relaksasi karena kepenatan hidup sehari-hari. Liburan bulan madu juga sangat tepat dilakukan di pulau ini. Wisatawan dapat melakukan kegiatan penyelaman dan menikmati keindahan terumbu karang Pulau Tidung.

Ada satu hal unik yang bisa wisatawan temukan di Pulau Tidung, terutama terkait fungsi Jembatan Cinta. Jembatan Cinta dibangun memiliki ketinggian cukup tinggi. Jembatan ini melewati sebuah cekungan yang cukup dalam dibanding kawasan pantai di sekitarnya. Anak-anak warga setempat biasa menggunakan Jembatan Cinta sebagai tempat bermain loncat indah. Wisatawan yang berkunjung ke Pulau Tidung dapat membaur dengan anak-anak tersebut untuk mendapatkan kegembiraan yang sama.

Di Jembatan Cinta banyak aktifitas yang dapat Anda lakukan seperti Snorkeling, banana boad, ber-kano, dan lain-lain. Pulau Tidung saat ini menjadi salah satu tujuan favorit pariwisata warga Jakarta dan sekitarnya. Pesona Pulau Tidung menjadi alternatif liburan selain pantai-pantai indah di Pulau Bali, Pulau Lombok, maupun Sumatera. Keindahan alam Nusantara merupakan anugerah Tuhan yang tidak terkira harganya. Sudah seharusnya kita melestarikan alam Indonesia supaya bisa bermanfaat bagi masyarakat dan dapat dinikmati anak cucu kita.