Kuliner Berbagai Daerah dari ‘Kambing’, Daging Khas Idul Adha

Sajian Masakan 'Kambing' Memiliki Sensasi Yang Berbeda

Sate Kambing Balanga
Sate Kambing Balanga dari Gorontalo

Selamat Hari Raya Idul Adha,…

Idul Adha atau yang familiar disebut sebagai Lebaran Haji ini, memiliki keunikan tersendiri, karena identik dengan daging kambing.  Hampir bisa dikatakan setiap rumah memiliki daging kambing. Ingin mencoba menu lain selain sop dan gule kambing? Berikut ini Indonesiatraveler.id menyajikan beragam menu khas dari berbagai daerah dengan bahan utama kambing.  Siap mencobanya? Yuuuk…..!

Sate Kambing Balanga, Gorontalo

Balanga merupakan makanan khas Gorontalo yang menyajikan kambing muda.  Meski bernama sate, namun sama sekali tidak menggunakan panggangan sate dalam membuat menu Sate Kambing Balanga. Balanga itu sendiri merupakan sebuah wadah masak yang terbuat dari tanah liat. Kalau tidak ada balanga dapat menggunakan wajan / penggorengan sebagai gantinya.

Sate Kambing Balanga menggunakan banyak rempah-rempah seperti jintan, ketumbar, lada, cengkeh, pala, kaya manis, kapulaga, jahe, bawang putih, bawang merah dan lain.  Semua bumbu dan daging ditumis dalam balanga, masak hingga daging empuk.

Tengkleng, Jawa Tengah

Menu Masakan tengkleng sudah terkenal. Sajian khas Jawa Tengah ini hampir menggunakan seluruh bagian kambing, mulai dari daging, tulang, hingga jeroan. Tengkleng merupakan rebusan daging kambing dan jeroan, dengan racikan bumbu-bumbu khas Indonesia seperti bawang putih, bawang merah, cabe, kemiri, ketumbar, kunyit, kayu manis dan lainnya ini, ditambah santan encer.

Tengkleng
Masakan Tengkleng dari Jawa Tengah, photo by NgopibarengDotId

Sajian tengkleng ini sering membuat orang ketagihan karena rasanya yang lezat dan gurih.  Santannya yang encer justru membuat tengkleng ini jadi terasa segarnya. Dengan banyak bumbu yang disatukan, menciptakan aroma yang menusuk harum melezatkan.

Krengseng, Jawa Timur

Krengseng merupakan masakan khas Jawa Timur dengan memiliki aroma yang khas yang dihasilkan dari salah satu bumbu yang digunakan, yaitu petis. Warna sajian menu ini coklat pekat dari penggunaan kecap manis. Dari rasa keseluruhan, krengseng memiliki cita rasa yang menonjol yaitu cita rasa asam.  Rasa asam yang berasal dari tomat yang di cincang dan saat proses pemasakan tomat tersebut mengeluarkan banyak air. Namun, selain rasa asam terdapat juga rasa gurih dan sedikit pedas bercampur dengan rasa manis yang dihasilkan dari kecap.

Krengseng
Masakan Krengseng dari Jawa Timur

Kagape kambing, Jepara

Kagape merupakan sajian kuliner khas dari Kota Jepara. Masakan kagape kambing sangat familiar dan salah satu kuliner khas Jepara yang sangat nikmat disantap, terutama pada saat Idul Adha. Selintas memang menu masakan ini mirip soto atau kari.  Namun, begitu dicicipi, rasanya sangat berbeda karena hidangan ini menggunakan air asam jawa dan santan kental. Kagape juga termasuk salah satu hidangan yang kaya rempah-rempah sehingga citarasanya begitu sedap. Penggunaan daging kambing ini membuat makanan khas Jepara ini jadi semakin lezat.

Kagape Kambing
Masakan Kagape Kambing dari Jepara

Korma Kambing, Aceh

Korma kambing merupakan menu masakan khas dari Aceh, meskipun namanya korma/kurma tetapi bahan nya sama sekali tidak memakai buah kurma.  Bahan utama yang digunakan adalah daging kambing, namun daging kambing yang dimasak harus  merupakan daging kambing yang masih memiliki tulang yang kemudian dipotong-potong.  Rasa Korma Aceh sangat gurih dan melezatkan.  Dengan bumbu campuran yang digunakan terdiri dari aneka rempah seperti ketumbar, jahe, kunyit, adas, kayu manis dan lainnya.  Semua bumbu rempah ini akan menciptakan keharuman khas sehingga dapat menghilangkan aroma kambingnya.   Hasilnya, rasanya gurih, sedikit pedas dan menghangatkan. Dimakan dengan roti cane juga lezat, lho!

Sate Kambing

Hampir semua daerah memiliki menu Sate Kambing.  Pada saat Idul Adha, menu ini menjadi menu favorit karena hampir semua pemilik ‘daging kambing kurban’, mengolah dagingnya dengan cara menyate. Selain karena rasanya yang lezat, cara membuat sate pun cukup mudah dan cepat. Bahkan siapapun bisa dengan mudah memasak sate kambing ini.

Sate Kambing
Sate Kambing terkenal dimana-mana

Bumbunya juga sederhana, daging cukup di baluri bawang putih yang sudah dihaluskan bersama garam terlebih dahulu, kemudian dibaluri kecap lalu ditusuk dengan menggunakan lidi lalu di bakar.  Sebagai menu pendampingnya, siapkan irisan bawang merah, tomat, cabe rawit lalu kecap manis.  Cocol sate yang sudah masak dengan bumbu sambel kecap ini. Sate kambing juga sedap disantap dengan bumbu kacang.(Niel)