Tersihir Akan Keindahan Pantai Tanjung Silar

Sensasi Melompat dan Meluncur Bebas ke Permukaan Laut

Pantai Tanjung Silar
Manado, Keindahan Pantai Tanjung Silar

Mencoba mengeksplore pantai-pantai di Sulawesi Utara, memang sangat mengasyikkan.  Semua pantai yang ditemui, selalu memiliki ke khasan dan keunikannya masing-masing.  Terpesona dan siap tersihir akan keindahannya, akan kerap ditemui pada setiap Traveler yang menyambanginya. Termasuk ke Pantai Tanjung Silar, pantai yang letaknya terpencil namun tersohor keindahannya.

Pantai Tanjung Silar memiliki garis pantai yang tidak terlalu panjang, diapit dua buah tebing sehingga membentuk sudut seperti teluk kecil.  Namun, justru hal ini keunikan dan keindahan yang tercipta.  Pasir putihnya yang memancarkan kemilau terutama ketika pantulan sinar matahari jatuh, menambah panorama sekitar tambah memikat.

Pantai Tanjung Silar
Manado, Pantai Tanjung Silar nan Menakjubkan

Traveler yang memiliki kegemaran dengan aktivitas yang memicu adrenalin dapat menyalurkan hasratnya ini di Tanjung Silar. Melalui salah satu tebing yang ketinggiannya mencapai 5-10 meter, Traveler dapat menikmati sensasi melompat dan meluncur bebas ke permukaan laut. Wouw, amazing!

Selain itu, seru juga menikmati pantai ini sambil berleha-leha, sangat rileks. Cuma hanya ingin menikmati indahnya laut lepas di depan pandangan mata, ditemani angin sepoi-sepoi yang turut menghipnotis suasana.  Saat seperti ini paling seru jika menjelang matahari terbenam. Semburat sinar merah yang menghantar masuknya sang surya ke peraduan bumi, tenggelam dalam lautan lepas, sungguh menjadi pemandangan yang sangat menawan, indahnya tak terlupakan.

Pantai Tanjung Silar
Pantai Tanjung Silar

Pantai ini terletak di kawasan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur dan suka  disebut juga dengan istilah Boltim.  Dengan air lautnya yang begitu jernih dan gradasi warnanya yang begitu sempurna, membuat tempat ini sangat nyaman untuk bermain air atau berendam.  Selain itu, lingkungan sekitarnya pun masih terasa alami. Cocok bagi Traveler yang sedang mencari tempat tenang untuk refreshing, maka Tanjung Silar Manado bisa menjadi pilihan yang tepat.  Juga keindahan bawah lautnya yang begitu menakjubkan, untuk itu jangan sampai melewatkan untuk snorkeling dan melihat langsung surga bawah laut di Tanjung Silar Manado ini.

Hal yang cukup unik yang bisa ditemukan di tempat ini adalah, pada di salah satu sudutnya yang memiliki bentuk runcing menyerupai teluk. Titik ini diapit 2 tebing dinding batu karang yang besar dan bahkan ketinggiannya ada yang mencapai 20 meter.  Selain spot ini banyak antrian untuk dijadikan pijakan lompatan terjun ke laut lepas, area ini juga sangat tepat dan asyik untuk berswafoto.  Hasil photo pun sangat menakjubkan.

Pantai Tanjung Silar
Area Lompat ke Laut Lepas

Untuk mencapai lokasi wisata Tanjung Silar ini, memang penuh perjuangan. Dari pusat kota Manado, Traveler harus menempuh perjalanan kurang lebih 3 jam dengan menggunakan transportasi bermotor.  Lalu masih harus melanjutkan perjalanan ke desa Jiko yang memakan waktu sekitar 30 menit.  Dari desa Jiko, dengan menyewa perahu nelayan setempat, perjalanan dilanjutkan kembali menuju lokasi Tanjung Silar.  Sungguh, meskipun perjalanannya cukup panjang, namun hasil yang didapat sangat memuaskan.  Perjalanan ini akan terbayarkan saat Traveler sampai di Tanjung Silar dan terpukau takjub menimati keindahan yang didapat.  Tak ada kata menyesal sedikit pun begitu pijakan kaki menyentuh pasir putihnya dan pandangan mata terhipnotis dengan pesona sekelilingnya.

Pantai Tanjung Silar pun juga makin viral karena keindahan dan penampakannya dikait-kaitkan dengan salah satu lokasi drama Korea, Descendant of the Sun. Pantai ini memang sangat mirip dengan salah satu lokasi pantai di film itu.  Yah, pantai ini dianggap hampir sama dengan Pantai Navagio yang ada di Yunani, yang dijadikan lokasi syuting drama korea tersebut.

Pantai Tanjung Silar yang berjarak sekitar 150 kilometer dari Kota Manado atau atau 41 km dari Kotamobagu ini, diberi nama tersebut, karena menurut warga lokal, di semenanjung ini banyak tumbuh pohon Silar. Keindahannya yang instagrammable, menjadi buruan para petualang yang ingin mengabadikan momen mereka di sana, dan dibagikan di salah satu platform sosial medianya. Traveler dapat melihat hamparan pasir pantainya yang sangat putih begitu menghipnotis.  Juga keindahan tebing di Pantai Tanjung Silar yang memukau.

Tanjung Silar memiliki air yang begitu jernih. Gradasi warnanya juga begitu sempurna, hingga sanggup menggoda siapapun untuk segera menceburkan diri dan menikmati kesegarannya. Apalagi suasana yang ada di sekitar sini memang masih sangat terasa alami.

Pantai Tanjung Silar
Keindahannya Tiada Tara

Pantai ini memiliki keindahan yang luar biasa dengan daya tarik tersendiri yang berbeda dengan pantai-pantai kebanyakan lainnya.  Tak sabar ingin segera kesana? Yuuuuk, masukkan dalam list next destination!(Niel)