Melihat Keindahan 4 Destinasi Wisata Alam di Pemalang

Pesona Alam Pemalang

Photo By visitpemalangid
Photo By visitpemalangid

Selintas memang kota Pemalang tidak terdengar memiliki tempat wisata yang keren. Padahal, banyak yang belum tahu bahwa kota yang dianggap ‘nyempil’ diantara kota Tegal, kota Pekalongan, kota Purwokerto dan Purbalingga serta berbatasan dengan Laut Jawa ini, memiliki destinasi wisata yang cantik, tak kalah dengan kota-kota lainnya.

Yah, destinasi wisata yang dimiliki Pemalang sangat sayang untuk dilewatkan. Berikut beberapa destinasi wisata yang ada di Pemalang!

Pantai Widuri

Photo By galerisenja97
Photo By galerisenja97

Pantai Widuri terletak di Jalan Laksada Yos Sudarso, Widuri, Pemalang, Jawa Tengah. Pantai ini juga menjadi ikon dari Kota Pemalang. Letaknya strategis dan mudah dijangkau, dari alun-alun kota memakan waktu sekitar 7 menit. Harga tiket masuknya pun sangat murah.

Pantai ini menawarkan nuansa alam yang indah dengan keasrian dan ketenangannya. Terdapat juga fasilitas bagi penikmat alam dan spot bagi traveler yang ingin menghibur diri. Panorama pantai ini begitu mengesankan. Di sepanjang pantai, terdapat pepohonan hijau yang menambah kesejukan. Traveler akan menikmati keindahan alamnya dengan deburan ombak yang menggelora.

Pada waktu pagi dan sore hari adalah momen istimewa karena dapat menyaksikan sunrise dan sunset. Pasir pantainya lembut, bisa untuk bermain seperti rumah-rumahan, istana pasir, dan lainnya. Selain itu, tersedia berbagai fasilitas seperti wisata air yang berada di Widuri Water Park, yaitu arena bermain air. Bagi traveler yang menyukai otomotif, bisa juga mencoba sirkuit balap motor yang sering digunakan untuk berbagai kejuaraan roadcase dari tingkat daerah hingga nasional. Terdapat juga panggung pagelaran musik.

Telaga Jendul

Photo By fahmy_casper
Photo By fahmy_casper

Telaga Jendul terletak di Desa Bodas, Watukumpul, Pemalang. Jaraknya sekitar 52 kilometer dari pusat kota. Di sepanjang jalan menuju Telaga Jendul, traveler akan melihat pemandangan alam yang masih asri dan alami. Pepohonan hijau dan rindang menjuntai membuat perjalanan semakin menyenangkan.

Destinasi wisata ini menawarkan pemandangan yang indah. Air telaganya yang tenang dan dikelilingi rimbun pepohonan. Suasana sekitar telaga yang tenang dan udara sejuk menjadi tempat favorit traveler untuk melepas penat dari kegiatan sehari-hari. Disini bisa mendirikan tenda di pinggir telaga, supaya lebih lama dan nyaman menikmati telaga yang airnya bening serta berwarna hijau ini.

Menurut cerita setempat, sebelumnya telaga ini adalah tanah lapang yang biasa digunakan anak-anak untuk bermain sepak bola. Karena areanya dikelilingi pohon-pohon besar, semakin lama tanahnya berlumpur dan berair. Kemudian warga membangun bendungan, yang pada akhirnya tanah lapang ini membentuk telaga dengan kedalaman 3 meter.

Bukit Kukusan

Photo By pergipedia
Photo By pergipedia

Bukit Kukusan menawarkan panorama khas daerah perbukitan, udara yang sejuk dan asri. Terdapat rumah pohon yang wajib traveler singgahi. Dari atas rumah akan terlihat hamparan lembah hijau dan gagahnya Gunung Slamet. Tidak hanya siang hari, pada malam hari pun panorama di sini sangat indah. Suasanya yang begitu hening dengan bintang-bintang dan kerlap-kerlip lampu kota dapat traveler lihat.

Hampir di setiap pekan bukit ini selalu ramai dikunjungi, baik anak-anak, muda-mudi, atau pun orang dewasa.

Sadar akan potensi Bukit Kukusan, pengelola tempat ini menyediakan berbagai fasilitas. Misalnya spot-spot yang sangat instagramable, seperti gardu pandang, rumah pohon, dan masih banyak yang lainnya.

Goa Gunung Wangi

Photo By kabarpemalang
Photo By kabarpemalang

Goa Gunung Wangi terletak di Desa Glandang, Kecamatan Bantarbolang, Pemalang. Letak Desa Glandang berada di barat daya Kota Pemalang, dengan jarak sekitar 26 kilometer. Pada dasarnya goa ini merupakan gugusan goa, terdiri dari Goa Buyung, Goa Pengantin, Goa Laren, Goa Bandung, dan Goa Siluman.

Akses jalan menuju Goa Gunung penuh dengan semak belukar yang membuatnya jarang dikunjungi, bahkan oleh warga setempat. Namun, goa ini sangat cocok bagi traveler yang menyukai petualangan, perjalanan ke goa ini pun menjadi tantangan tersendiri.

Meskipun belum dikelola layaknya tempat wisata pada umumnya, keindahan Goa Gunung Wangi ini tampak nyata dan indah. Di dalam goa terdapat stalaktit stalamit yang mempesona dan sangat indah. Di beberapa area goa ini merasa kental dengan mistisnya dan hal itu pun menjadikan sensasi tersendiri bagi para traveler. (AS/IPG)