Menengok Sawarna, Salah Satu Pantai Terindah di Provinsi Banten

Bentang alam yang indah juga diselimuti mitos "Nyi Roro Kidul", Ratu Laut Selatan. Wilayahnya menghadap Samudra Hindia yang luas, menampilkan air biru jernih dan hamparan pantai berpasir putih yang dinaungi oleh deretan pohon kelapa nan indah.

Photo By sejalur_id
Photo By sejalur_id

Desa wisata Sawarna merupakan pintu masuk ke keajaiban alam di Pantai Selatan Pulau Jawa. Saat memasuki desa, pemandangan langsung disambut sawah hijau nan subur, serta suasana desa yang tenang, dan angin sepoi-sepoi menyegarkan.

Pantai Sawarna terletak di Gendol, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, di Provinsi Banten, tetangga Jakarta di sebelah barat ibu kota. Pantai ini menawarkan sejumlah keajaiban alam seperti sungai deras, hutan yang rimbun, bukit berbatu, gua, dan banyak lagi.

Photo By sejalur_id
Photo By sejalur_id

Bentang alam yang indah juga diselimuti mitos “Nyi Roro Kidul”, Ratu Laut Selatan. Wilayahnya menghadap Samudra Hindia yang luas, menampilkan air biru jernih dan hamparan pantai berpasir putih yang dinaungi oleh deretan pohon kelapa nan indah.

Pantai Sawarna adalah salah satu pantai terindah di Provinsi Banten. Keindahan pantai Sawarna sungguh menawan. Bagi traveler yang menikmati berselancar, akan menemukan ombak yang cukup menantang. Gelombangnya telah berhasil menarik peselancar dari seluruh dunia termasuk dari Amerika Serikat, Australia, Jepang, dan Korea. Tidak saja gelombang lautnya yang mencuri perhatian, di bawah permukaan pun, keindahan bawah laut Sawarna juga menjadikannya tempat yang sempurna untuk snorkeling.

Disini dapat ditemukan terumbu karang yang paling berwarna serta berbagai spesies ikan tropis. Selain Pantai Sawarna, beberapa tempat terbaik untuk snorkeling adalah di Pantai Ciantir, Pantai Tanjung Layar, Pantai Karang Bokor, Pantai Karang Seupang, Pantai Karang Traraje, dan Teluk Legon Pari.

Selain pantainya yang menakjubkan, Sawarna juga menawarkan peluang petualangan yang menakjubkan di beberapa gua spektakulernya, seperti Gua Lalay, Gua Sikadir, Gua Cimaul, Gua Singalong, dan Gua Pasir Tangkil. Gua-gua di Sawarna adalah gua yang terbentuk selama periode Miosen awal.

Photo By dyan.wiyoto27
Photo By dyan.wiyoto27

Untuk mencapai Pantai Sawarna, traveler dapat mengambil rute dari Serang ke Pandeglang-Malimping-Bayah-Sawarna, atau alternatifnya Rangkasbitung-Cileles-Gunung Kencana-Malimping-Bayah-Sawarna. Dari ibu kota Jakarta traveler dapat mengambil jalan tol dari Tomang ke Serang.

Kemudian dari Serang, dapat menuju ke Saketi, di Pandeglang. Alternatif lain adalah naik bus umum dari Jakarta ke Pelabuhan Ratu di Sukabumi. Dari Pelabuhan Ratu, ada minibus yang dapat membawa traveler langsung ke Sawarna dengan biaya sekitar Rp35.000.

Minibus ini mengikuti rute Pelabuhan Ratu-Cikuray-Cibeber-Bayah. Dari kota Bogor di Jawa Barat, juga dapat mencapai Sawarna melalui Cilograng ke Pelabuhan Ratu yang berjarak sekitar 145 kilometer. Ini adalah rute yang digunakan oleh bus umum dari Bogor.

Photo By ionacarina
Photo By ionacarina

Dari Pelabuhan Ratu traveler dapat naik bus lain ke Terminal Bayah. Dari Bayah ada jip yang dapat membawa ke Sawarna melalui sedikit jalan yang relatif kasar. Ingat jip ini hanya beroperasi hingga pukul 17.00 WIB, jadi traveler harus berada di sana sebelumnya. (IPG)