Melihat Keindahan Tiga Taman Bawah Laut Buatan di Bali

Pemandangan Bawah Lautnya Sangat Cantik

Taman Bawah Laut Buatan di Bali
Taman Budaya Bawah Air Badung, Photo by @ionic_scubadiving

Bali memiliki surga yang menakjubkan dan pemandangan bawah laut yang menarik bagi para penyelam dan pecinta snorkeling. Perairan di sekitar Bali menawarkan banyak hal dalam hal keanekaragaman hayati laut alami, dengan penampakan beberapa makhluk laut paling aneh di dunia hingga hiu paus.

Beberapa dari tempat menyelam Bali yang luar biasa ini memiliki pahatan bawah air seukuran aslinya seperti kuil dan manusia. Dirancang dan dibangun dengan cermat di atas tanah kering menggunakan bahan yang memungkinkan pertumbuhan karang.

Setelah terendam di tempat-tempat tertentu, hasil taman yang tenggelam menyediakan ekosistem terumbu karang yang tumbuh subur yang penuh dengan kehidupan laut tropis yang berwarna-warni. Banyak dari patung bawah air ini juga menawarkan foto liburan luar biasa.

Teluk Jemeluk

Galeri bawah air Teluk Jemeluk menampilkan patung “laut hidup” karya seniman Indonesia seperti Wayan Winten dan Eddi Prabandono. Terletak di Amed, sebuah tempat menyelam yang terkenal dengan perairannya yang tenang dan keanekaragaman hayati yang menakjubkan yang tumbuh subur di sepanjang dinding karangnya.

Taman Bawah Laut Buatan di Bali
Keindahan Bawah laut di Teluk Jemeluk

Beberapa patung yang paling menonjol termasuk kepala bayi raksasa, apsara cantik (bidadari air Hindu), putri duyung, peti harta karun, dan barong. Fitur bawah air yang sudah lama ada di galeri bawah air Teluk Jemeluk adalah kotak suratnya yang berfungsi.  Serunya, Traveler dapat membeli kartu pos tahan air dari toko-toko lokal, kemudian menyelami kotak ini dan memasangnya.

Karang Lestari Bio-Rock Reef

Proyek Bio-Rock Reef oleh Yayasan Karang Lestari adalah salah satu upaya restorasi terumbu paling sukses di dunia. Terumbu buatan ini berada di lepas pantai Teluk Pemuteran di barat laut Bali, yang merupakan rumah bagi terumbu karang dangkal seluas 20.000 meter persegi.

Taman Bawah Laut Buatan di Bali
Karang Lestari Bio Rock Reef, Photo by @orijingin

Kawasan perlindungan laut ini memiliki lebih dari selusin pembibitan karang di atas struktur logam yang tenggelam, yang dialiri arus listrik rendah yang membantu merangsang pertumbuhan karang. Beberapa patung yang dapat ditemukan saat menyelam termasuk kubah raksasa, teratai yang sedang mekar, sepeda, dan patung Buddha dan dewa Hindu.

Traveler juga dapat mensponsori karang bayi dengan menanam pecahan karang kecil di sebelah nama Treveler (dibuat menggunakan kawat besi) yang berada di dalam lokasi. Tempat ini tepatnya berlokasi di Biorock Center, Banjar Loka Segara, Desa Pemuteran, Buleleng, Bali.

Taman Budaya Bawah Air Badung

Taman Budaya Bawah Air Badung terletak sekitar 500 meter dari tepi Pantai Samuh, tepat di utara pulau semenanjung Nusa Dua. Didirikan oleh Nusa Dua Reef Foundation pada tahun 2012, taman bawah laut ini memiliki 26 patung terumbu karang buatan bertema Bali di kedalaman sekitar 11 meter.

Taman Bawah Laut Buatan di Bali
Taman Budaya Bawah Air Badung, Photo by @ionic_scubadiving

Traveler akan melihat penari kecak (api) seukuran aslinya dan tokoh-tokoh dari epik Hindu Ramayana, yang semuanya ditutupi karang berwarna-warni. Meskipun agak dalam bagi perenang snorkel, mereka dapat dengan mudah melihat Taman Budaya Bawah Air Badung dari permukaan pada hari yang cerah. Lokasinya berada di Pantai Samuh, Benoa, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali.(Ipg)