Melihat Pesona 5 Wisata Unggulan di Kepulauan Derawan

kepulauan yang terletak di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur ini menawarkan kekayaan objek wisata bahari yang masih terjaga keasliannya. Kepulauan Derawan bahkan menjadi salah satu spot menyelam paling favorit di Indonesia.

Anda yang hobi traveling menikmati indahnya pantai dan melihat biota laut, Kepulauan Derawan adalah salah satu destinasi wisata yang wajib ada dalam bucket list anda.

Yup, kepulauan yang terletak di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur ini menawarkan kekayaan objek wisata bahari yang masih terjaga keasliannya. Kepulauan Derawan bahkan menjadi salah satu spot menyelam paling favorit di Indonesia.

Penasaran nggak sih untuk datang dan merasakan sendiri pesona kepulauan yang banyak diminati wisatawan mancanegara ini? Karena selain pantai, Kepulauan Derawan menyimpan banyak tempat wisata yang menarik lainnya, lho.

5 Objek Wisata Bahari di Kepulauan Derawan

Surga tersembunyi di Laut Sulawesi ini juga ditetapkan sebagai calon situs warisan dunia oleh UNESCO di tahun 2005. Nah, untuk anda yang mau pergi ke sana, simak dulu 5 wisata unggulan di Kepulauan Derawan berikut ini, ya!

Gua Ikan, Laguna Kehe Daing

Tidak jauh dari Pulau Maratua, anda akan menemukan laguna cantik dengan air berwarna hijau toska dan putih. Kehe Daing yang artinya lubang ikan ini berlokasi di bagian belakang Pulau Kakaban. Tempat ini dijamin bikin foto di feed Instagram anda makin ciamik!

Selain berenang di lagunanya, anda juga harus menelusuri gua karst dengan panjang kurang lebih 7 meter dan snorkeling di depan gua. Ada banyak ikan warna-warni serta telur ikan di lubang ikan tersebut, jadi jangan sampai anda melewati kesempatan ini ya.

Konservasi Penyu

Mumpung anda berada dekat dengan Pulau Sangalaki, nggak ada salahnya untuk melipir sebentar ke darat sambil melihat konservasi penyu, kan? Pulau ini memang menjadi lokasi penangkaran penyu hijau dan penyu sisik untuk bertelur.

Di Sangalaki, ada rumah bagi para relawan peduli penyu yang bekerja memeriksa sarang untuk menyelamatkan anak-anak penyu supaya tidak mati karena naiknya air laut atau karena ulah manusia. Selain itu ada juga beberapa hewan lainnya sepeti burung, kadal, dan biawak.

Nah, pada waktu tertentu juga anda bisa melihat kegiatan pelepasan tukik atau penyu kecil ke lautan. Pelepasan ini biasanya dilakukan sore hari untuk menghindari predator lain yang akan memangsa tukik-tukik kecil tersebut.

Danau Labuan Cermin

Objek wisata ini memang berada cukup jauh dari Pulau Derawan, anda perlu menempuh sekitar 3 jam dengan speedboat. Tapi dijamin anda nggak akan menyesal saat sampai ke danau ini, apalagi saat turun untuk berenang.

Sesuai namanya, Danau Labuan Cermin terkenal karena kejernihan airnya yang seperti cermin, bahkan anda bisa melihat ke dasar danau yang berupa pasir laut. Masih punya alasan untuk nggak datang ke sini?

Labuan Cermin juga dikenal sebagai Danau Dua Rasa, karena rasa asin di permukaan danau dan rasa tawar di dasar danau. Hal ini juga menyebabkan ikan-ikan berenang secara terpisah, jadi anda bisa dengan mudah membedakan jenis ikan air tawar dan ikan air laut.

Pulau Maratua

Pulau Maratua adalah pulau terbesar di Kepulauan Derawan dengan penduduk lebih sedikit daripada Pulau Derawan. Selain terkenal dengan resort dan villa di atas air, Pulau Maratua juga memiliki keelokan alam dan bawah laut yang menakjubkan.

Di sini anda akan menemukan banyak wisatawan asing yang datang untuk diving. Bahkan karena keindahannya, pulau ini juga disebut sebagai Maldivesnya Indonesia, lho. Jangan heran karena banyak spot diving yang bisa anda datangi di sini, surganya para penyelam banget!

Sementara itu untuk anda para pecinta fotografi, pulau dengan pasir putih dan laut berwarna toska ini cocok menjadi tempat untuk berburu foto Instagrammable. Jadi, jangan lupa untuk membawa kamera terbaikmu untuk mengabadikan momen liburan di sini, ya.

Gusung Sanggalau

Walaupun namanya Gusung Sanggalau, tempat ini dijamin nggak akan bikin anda galau! Pulau kecil berpasir putih di Kepulauan Derawan ini adalah gundukan pasir yang muncul jika air laut sedang surut. Sedangkan saat pasang, maka pulau ini akan hilang tertutup air. Penasaran?

Lokasinya cukup dekat dari Pulau Derawan, hanya beberapa menit dengan speedboat. Tempat ini cocok banget untuk menikmati indahnya sunset di pinggir pantai. Jadi, sebaiknya anda datang sore hari ya.