Melihat Pesona Gunung Fuji ala Indonesia dari Embung Kledung Temanggung

Pemandangannya Sangat Eksotis

Temanggung Embung Kledung
Latar bak Gunung Fuji, Photo by @wisata_embung_kledung

Embung Kledung terletak di Kecamatan Kledung, Temanggung, Jawa Tengah. Dengan luas mencapai 6.889 meter persegi, Kledung memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan.  Dari sana, Gunung Sindoro terlihat seperti Gunung Fuji di Jepang. Untuk itu, pemandangan yang eksotik ini menjadi salah satu daya tarik utama dari Embung Kledung.

Embung tersebut juga memiliki daya tarik lain yaitu kumpulan ikan mas yang memiliki warna beragam. Traveler bisa memberi makan atau hanya sekedar bermain air di dekat mereka. Embung Kledung sangat cocok bagi yang suka mengabadikan momen atau hobi fotografi.

Embung Kledung Temanggung
Udaranya pun sangat menyejukkan, Photo by @wisata_embung_kledung

Lokasi di sekitar embung masih alami dengan di kelilingi perkebunan hijau. Embung Kledung merupakan danau atau kolam besar buatan yang dibangun pada 2010. Di sekitar Embung, Traveler dapat menemukan berbagai tanaman, jenis bunga, buah dan sayuran.

Untuk menuju ke sana, bisa dibilang relatif aman karena jalannya sudah beraspal. Namun tetap harus mengecek kondisi kendaraan sebelum melakukan perjalanan.  Jika dari arah Magelang, ambil jalur Magelang Wonosobo via Secang. Ikuti jalur tersebut hingga sampai ke perbatasan Kledung perbatasan Wonosobo – Temanggung.

Embung Kledung Temanggung
Penyuka Selfi akan terpuaskan disini, Photo by @wisata_embung_kledung

Setelah sampai di perbatasan tersebut terdapat pom bensin dan kuburan, nah sebelum kuburan terdapat jalan setapak, posisinya di kanan jalan. Masuk ke jalan setapak tersebut menuju Embung Kledung. Kondisi jalanya masih bebatuan, sehingga Traveler harus sedikit berhati-hati ketika melewatinya.  Jarak dari gang masuk hingga lokasi Embung Kledung sekitar 500 meter.

Sebaiknya jika ingin ke Embung Kledung jangan di musim penghujan namun di musim panas. Kemudian datanglah saat pagi hari karena Traveler akan dimanjakan dengan view yang sangat mempesona.

Embung Kledung Temanggung
Lokasi Sekitar nan Alami dikelilingi Pepohonan, Photo by @wisata_embung_kledung

Jam operasional destinasi wisata ini dimulai sejak pukul 05.30 hingga pukul 18.00 WIB. Di sana juga sudah terdapat berbagai fasilitas seperti mushala dan toilet serta boleh mendirikan tenda untuk sekedar bersantai dan bertamasya.(Ipg)