Melihat Pesona Pantai Kura-Kura di Singkawang

Spot Terasik Menikmati Keindahan Pantai dari Atas Bukit

Pantai Kura-Kura
Tingkat Kebersihan Pantainya Sangat Terjaga, Photo by @riskyputraanndaaa

Pantai kura-kura merupakan pantai yang terletak di Singkawang yang juga dikenal dengan nama Dan Khew Jong, di Kepulauan Borneo, Kalimantan Barat. Pantai ini memiliki keindahan alam dengan kebersihannya yang masih terjaga.  Sesuai dengan namanya, pantai ini dulunya terdapat banyak kura-kura yang naik ke permukaan.  Sayangnya saat ini kura-kura tersebut sangat jarang terlihat.

Pantai ini memiliki pemandangan yang sangat mempesona, yang di kelilingi oleh bukit-bukit. Dari atas bukit inilah, yang merupakan salah satu spot untuk menikmati keindahan Pantai Kura-Kura ini. Disini juga merupakan tempat yang asyik dan pas untuk memotret keindahan pantai.  Dari atas bukit ini, Traveler akan puas menikmati sunset dengan jelas. Saat cuaca cerah, Traveler akan melihat pulau yang ada di seberang.

Pantai Kura-Kura
Siluet Matahari Menjadi Spot Instagramable, Photo by @nike_grande

Jika Traveler datang pada pagi hari, biasanya banyak kelompok ubur-ubur memamerkan dirinya, naik ke permukaan di sepanjang pesisir. Parade ubur-ubur ini menambah daya tarik dan keindahan pantai ini. Pantai Kura-Kura memiliki hamparan pantainya yang berpasir putih serta ombak yang tenang, sehingga pantai ini cocok untuk melakukan aktivitas berjemur dan berenang.

Sayangnya, pantai ini masih belum sepenuhnya terjangkau aliran listrik, sehingga jika Traveler ingin bermalam di pantai, akan merasakan gelap pekat, kecuali jika Traveler membawa lampu minyak sebagai sumber cahaya pada malam hari.

Pantai Kura-kura terletak di Dusun Tanjung Gundul, Desa Karimunting, Kecamatan Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang. Pantai ini termasuk dalam kategori wisata Bengkayang, karena posisinya yang berdekatan dengan kota Singkawang.  Jarak dari Kota Pontianak sekitar 110 kilometer dengan menghabiskan waktu kurang lebih 3 jam perjalanan berkendaraan.   Dari Pontianak, Traveler masuh harus melanjutkan perjalanan hingga ke Tanjung Gundul. Begitu sampai di Tanjung Gundul, masih akan menikmati perjalanan setapak dengan berpatokan Camp Militer SECATA B yang akan membawa Traveler sampai ke pantai Singkawang.

Pantai Kura-Kura
Hamparan Pasir Putihnya yang Nyaman, Photo by @dewi_anjarsri

Di pantai ini terdapat gazebo yang dapat dimanfaatkan untuk bersantai.  Untuk keperluan isi perut, disini terdapat banyak warung-warung yang menjual makanan dan minuman. Untuk tiket masuk, Traveler akan dikenai biaya sebesar Rp10.000 per orang.(Nay/Niel)