Sensasi Semburan Air Laut di Smoke Beach, Bali

Fenomena Keindahan Deburan Ombak Menghantam Karang

Smoke Beach
Semburan Ombak Menghantam Tebing, Photo by @ain_amush

Smoke Beach dengan fenomena semburan air lautnya, sangat unik, tidak seperti pantai kebanyakan yang dominan menawarkan keindahan pantai dengan pasir putihnya.  Smoke Beach yang juga dikenal dengan nama Pasih Andus atau Pantai Andus ini, lebih menyuguhkan kedahsyatan hempasan atau deburan ombak besar yang menghantam bebatuan karang.  Deburan ombaknya sangat besar. Pecahan ombak yang membentuk jadi semburan air ini, bisa mencapai setinggi 15 meter. Terkadang, setelah menghantam tebing dan naik ke atas lalu menyerupai asap, sehingga pantai ini pun disebut dengan nama Smoke Beach.

Smoke Beach
Frame Seru Berlatar Semburan Ombak, Photo by @ariooseno

Keindahan semburan air ini memang mengundang banyak wisatawan untuk mengabadikannya.  Dengan berlatarbelakang semburan ombak yang tinggi, terciptalah satu frame yang menakjubkan.  Namun yang perlu diperhatikan adalah, tetap ekstra hati-hati saat mengabadikan momen bersama semburan ombak di pantai ini, karena ombak yang datang cukup besar.

Smoke Beach merupakan salah satu pantai di Bali yang memanjakan pengunjungnya dengan pemandangan yang eksotis.  Pantai ini terletak di Banjar Sumpang, Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali.  Berada di kawasan Nusa Penida Bali, pulau kecil ini dikenal dengan batas kawasan laut.  Dan fenomena semburan air dari gelombang ombak yang membentur tebing karang inilah, yang membuat keberadaan pantai ini semakin dicari orang.  Karena deburan ombak yang kuat, membuat masyarakat sekitar menyebutnya dengan nama Pasih Andus, dalam bahasa Bali hal tersebut berarti pantai yang airnya menyembur.  Sangat indah dan penuh takjub menyaksikan pemandangan di Smoke Beach Nusa Penida ini.  Dari sini Traveler juga dapat mengintip keberadaan Pulau Nusa Ceningan yang posisinya berada di sebelah timur Pantai Smoke ini.

Smoke Beach
Sunset di Smoke Beach, Photo by @triwyd

Bagi Traveler penyuka tantangan dan ingin menguji adrenalin, dapat mencoba kegiatan tracking tebing.  Dari kegiatan ini, Traveler dapat menikmati puas keindahan seluruh kawasan Smoke Beach, bahkan lebih luas lagi yaitu melihat Samudra Hindia.

Keasyikkan lainnya di sini yaitu menikmati cantiknya panorama bawah laut, namun terlebih dahulu  lihat kondisi keadaan lautnya.  Jika ombak tidak besar, Traveler dapat snorkeling dan mengintip bagian bawah laut yang tersimpan keindahan terumbu karang serta ikan-ikan nan cantik.  Bahkan jika beruntung, Traveler akan menyaksikan ikan pari dan ikan mola-mola yang berenang bebas.

Untuk mencapai lokasi Smoke Beach Nusa Penida, ada beberapa jenis transportasi yang dapat dipilih.  Traveler dapat memilih naik perahu tradisional, speed boat, atau kapal feri.  Traveler pun dapat memilih satu dari empat dermaga untuk berlabuh, seperti Dermaga Sebelanga, Dermaga Banjar Nyuh, Pelabuhan Toya Pakeh, dan Dermaga Sepalan.

Smoke Beach
Pecahan Ombaknya Bagaikan Asap, Photo by @l0verene

Menikmati keindahan Smoke Beach dan juga menyaksikan segala keunikannya, tak afdol rasanya kalau tidak diabadikan dalam frame photo. Apalagi Smoke Beach merupakan spot foto terkeren yang dapat menambah koleksi foto instagramable. Beberapa latar belakang terbaik seperti ombak menyembur ke atas, tebing menjulang tinggi, hamparan pasir yang mengasyikkan, serta keindahan sunsetnya nan romantis, semuanya asyik untuk diwujudkan saat berada di Smoke Beach ini!(Adhit)