Phong Nha Ke Bang, Wisata Alam Vietnam yang Menakjubkan!

Son Doong Cave, Goa Terbesar di Dunia

Phong Nha Ke Bang, Vietnam
Menikmati Keindahan Alam Lepas di Phong Nha Ke Bang, Photo by Viator

Phong Nha Ke Bang merupakan salah satu objek wisata di Vietnam yang menjadi situs warisan dunia Unesco.  Phong Nha Ke Bang merupakan sebuah taman yang memiliki satu rangkaian goa terpanjang di dunia.  Kawasan ini merupakan bentang alam yang sangat indah dan terbentuk sejak jutaan tahun yang lalu, tepatnya sekitar 460 juta tahun yang lalu.  Masuk dalam kategori kawasan karts, bentang alam ini memiliki panjang rangkaian goa  yang mencapai kira-kira 10 kilometer.

Pemandangan panorama yang tersaji, benar-benar membuat siapapun yang datang termanjakan.  Yah, pemandangannya sangat luar biasa indah.  Terdapat goa yang memiliki aliran air di dalamnya, dimana Traveler dapat menyusuri sungai bawah tanah dalam goa ini, juga keindahan stalagmit dan stalagtit yang begitu sempurna menyatu dalam eforia menakjubkan yang begitu dalam.

Phong Nha Ke Bang Vietnam
Goa-Goa Besar di Phong Nha Ke Bang

Taman Nasional Phong Nha Ke Bang memiliki luas sekitar 200 000 hektar. Taman Nasional Phong Nha Ke Bang adalah rumah bagi pegunungan karst tertua di Asia karena sudah berusia 400 juta tahun.   Menjalani berbagai petualangan yang seru yang dapat membangkitkan semangat bagi wisatawan pencinta penjelajah alam.  Mulai dari jalan santai hingga jalur pegunungan yang keras, menikmati hutan lebat serta terkesima dengan pemandangan panorama yang menakjubkan. Di taman nasional ini, Traveler dapat menjelajahi tepian Sungai Ben Hai, lalu menyeberangi Jembatan Hien Luong, kemudian masuk melalui terowongan yang sempit, berlayar di sepanjang Son River dengan kayak dan menaklukkan puncak bukit sambil merasakan kesejukan aliran udara pegunungan yang menyegarkan.   Jangan lupa menikmati santap siang yang lezat dikelilingi oleh keindahan alam yang menakjubkan.   Wouw, sederet petualangan yang benar-benar sangat menggairahkan dan mengasyikkan!

Phong Nha Ke Bang Vietnam
Stalakmitnya Besar-Besar di Goa Son Doong, Photo by EvivaTourVietnam

Keindahan Taman Nasional Phong Nha Ke Bang ini tercipta karena dimanjakan oleh alam dengan hadirnya barisan gunung batu kapur raksasa yang unik dan khas yang tidak ada di tempat lain.  Disebut juga memiliki kerajaan goa, karena lebih dari 300 goa baik yang besar mau pun goa-goa kecil mewarnai alam taman nasional ini.  Daya pesona stalakmit dan stalaktitnya, tercipta dengan tata warna yang indah serta bentuknya yang unik dan sangat mengesankan.  Tak heran, para eksplorasi goa dari berbagai negara senang mengunjungi goa-goa di Phong Nha Ke Bang ini.

Phong Nha Ke Bang Vietnam
Son Doong Cave, goa terbesar di dunia, Photo by Travelogy

Beragam goa terdapat di dalam taman ini, seperti goa yang memiliki sungai dibawah tanah, juga goa yang memiliki pintu goa yang tinggi dan luas, lapangan  pasir dan lapangan batu dibawah tanah yang indah, juga ada goa dengan danau dibawah tanah  yang indah, goa kering yang luas dan indah, goa dengan stalakmit dan stalaktik  yang misterius dan indah serta  goa berair yang paling panjang.   Yah, goa-goa di Phong Nha Ke Bang dikenal memiliki pemandangan ajaib nomor satu.

Son Doong adalah salah satu goa yang berada dalam kawasan taman ini yang terkenal sebagai goa terbesar di dunia, dengan stalagmitnya yang sangat besar dan tinggi serta unik.  Panjangnya mencapai sembilan kilometer, dengan kedalaman dari permukaan bumi mencapai 150 meter. Pada beberapa bagiannya memiliki tinggi langit-langit mencapai 180 meter, setara dengan gedung 40 tingkat. Goa ini juga merupakan salah satu situs warisan dunia UNESCO.

Phong Nha Ke Bang Vietnam
Pegunungan Karst Tertua di Asia

Selain goa-goa, Taman Nasional Phong Nha Ke Bang juga memiliki hutan nan indah dan lebat, yang menjadi tempat bernaungnya beragam flora dan fauna. Disini merupakan lingkungan  yang ideal bagi para ilmuwan untuk melakukan penelitian, karena tempat ini menjadi pusat penyebaran bermacam-macam spesies  flora dan fauna yang khas.

Terhimpunnya sistim-sistim ekologi yang beranekaragam, bersama dengan  pamandangan alam  yang  luar biasa indahnya ini, semua cagar sejarah dan nilai-nilai  budaya yang khas telah membuat Taman Nasional Phong Nha Ke Bang menjadi satu tempat wisata yang atraktif dengan bermacam-macam ragam wisata dan  produk wisata khas, yang menyerap kedatangan  puluhan ribu wisatawan domestik dan mancanegara setiap tahun.

Nah, siap menyambangi Phong Nha Ke Bang di Vietnam?(Niel)