Tiga Curug di Kuningan yang Jarang Diketahui Traveler

Pesonanya Sangat Memikat

Tiga Curug Keren di Kuningan
Curug Landung Yang Seru, Photo by @muhamadrizkipauji

Kuningan merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Barat.  Kuningan terletak di sisi timur Jawa Barat, tepatnya di sebelah selatan Cirebon. Suasana kota yang tenang, masyarakat yang ramah, serta alam yang indah, menjadikan kota dilirik untuk disambangi.  Berbagai lokasi wisata menarik yang asyik dan seru, siap didatangi, seperti tiga curug berikut ini, yang penuh sensasi.

Curug Kimaung

Curug Kimaung berada di Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan. Curug yang dibuka atas inisiatif warga setempat ini awalnya adalah tempat mencuci pakaian warga setempat saat kemarau melanda.   Namun saat ini, Curug Kimaung telah menjadi tempat wisata baru hasil dari musyawarah warga setempat, keputusan itu diambil karena melihat peluang dari banyaknya pengunjung yang datang ke sini.

Tiga Curug Keren di Kuningan
Curug Kimaung Yang Unik, Photo by @andik_setiyo

Suasana di Curug Kimaung dijamin asri dan sejuk. Traveler akan disuguhi air terjun dengan nuansa asri dan unik karena banyaknya bebatuan kali besar yang dijatuhi oleh air terjun.

Dahulu, curug ini pernah dijadikan tempat pembangkit listrik tenaga air yang menggunakan kincir angin besar, sebagai alat untuk penerangan rumah warga pada tahun ‘90an. Sekarang Curug Kimaung sendiri sudah banyak dikunjungi wisatawan.

Curug Landung

Curug Landung atau yang lebih dikenal dengan sebutan Jurang Landung, memiliki panorama air terjun yang mempesona. Curug yang baru dibuka untuk umum sejak tahun 2016 silam, menyajikan sajian air terjung yang tingginya 30 meter. Saat berada di tempat ini, traveler akan merasakan udara segar apalagi jelang matahari terbenam.  Sajian panorama sunsetnya sangat indah.

Tiga Cuereg Keren Kuningan
Curug Landung Yang Menakjubkan, Photo by @ocietatmaza

Curug Landung terletak di Jalan Pejambon-Sagara Hiang, Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan. Rute menuju curug ini juga sama seperti keberadaan curug-curug yang lain. Traveler akan menemui jalan yang berkelok-kelok dengan bebatuan. Tiket masuk ke Curug Landung ini traveler hanya cukup dengan membayar Rp 10.000.

Curug Payung

Tidak kalah menarik dari curug-curug lain yang ada di Kuningan,  Curug Payung memiliki panorama yang menakjubkan.  Keberadaan curug ini cukup tersembunyi namun memiliki panorama sangat indah serta udaranya pun sejuk menyegarkan.  Curung Payung ini berada di Gunung Manik, Ciniru, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Panorama curug ini sangat indah dan menyejukkan mata.  Dikelilingi oleh bukit-bukit dan pepohonan hijau, membuat Curug Payung menjadi sangat memikat hati.  Kucuran air nya yang deras mengundang siapa pun yang datang kesana untuk ingin menikmati airnya yang sejuk menyegarkan ini.

Tiga Curug Keren Kuningan
Curug Payung Yang Seru Abis, Photo by @happysiregar

Jika Traveler mengendarai sepeda motor, perjalanan sejauh 24 kilometer ini akan menghabiskan waktu sekitar satu setengah jam.  Rute menuju Curug Payung, dimulai dari Kota Kuningan, kendaraan diarahkan menuju kawasan Gunung Manik.  Setelah sampai di Kawasan Gunung Manik, Traveler masih harus menempuh jarak sejauh 450 meter dengan waktu 35 menit. Setelah itu, Traveler masih harus menyusuri jalan setapak, barulah surga tersembunyi ini dapat dinikmati.(Nay/Niel)