Mengintip Keindahan Pantai Karangpayung, Wonogiri

Kolaborasi Tebing Karang, Hamparan Pasir Putih dan Ombak Laut

Pantai Karangpayung
Antara tebing, hamparan pasir dan laut, photo by @suryomulyo6

Merupakan surga tersembunyi di balik karang, inilah salah satu tempat cantik di Wonogiri, Pantai Karangpayung.  Sebuah pantai yang memiliki panorama memukau dan sangat menakjubkan.  Bisa dikatakan pantai ini masih jarang dikunjungi wisatawan, karena pengunjung yang ada pun bisa dihitung.  Tak heran, pantai yang kerap dianggap pantai perawan ini masih sangat bersih dengan pasir putih nan lembut yang terhampar luas.

Keindahan Pantai Karangpayung semakin memikat dengan kehadiran salah satu spot menarik, tebing karang yang menjulang tinggi tegak lurus laksana sebuah benteng.  Tebing yang tegak lurus itu diperkirakan setinggi 30-40 meter.  Bagian bawahnya sedikit berongga, sehingga bisa digunakan untuk berteduh. Oleh karena itu, warga setempat menyebutnya Pantai Karangpayung karena tebingnya bisa berfungsi seperti payung untuk berteduh.

Pantai Karangpayung
Spot Foto yang Menkjubkan, Photo by @piknikyukindonesia

Suguhan tebing serta karang yang eksotis ini membuat pengunjung yang datang ke Pantai Karangpayung ini terpuaskan menciptakan frame demi frame photo diri. Yah, perpaduan karang, pasir pantai, dan ombak lautnya menjadi pemandangan pantai terlihat lebih eksotis.

Pantai Karangpayung berada di Desa Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Pantai ini merupakan pantai tersembunyi di Wonogiri dengan keindahannya yang sangat mempesona. Pantai Karangpayung merupakan pantai yang masih steril dari manusia, mungkin karena untuk mencapai lokasi bibir pantai ini dibutuhkan sedikit tenaga ektra. Pasalnya, pantai ini letaknya tersembunyi di antara perbukitan karst dan Traveler harus terlebih dahulu menuruni tebing.

Pantai Karangpayung
Deru Ombaknya Memanjakan Pandangan Mata

Karena letaknya tersembunyi, akses menuju pantai masih berupa jalan setapak sekitar setengah kilometer dari tempat parkir kendaraan. Traveler akan memarkirkan mobil atau sepeda motor di sekitar Pantai Waru yang masih berada di wilayah Desa Dringo, Desa Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, tak jauh dari Pantai Karangpayung.

Dari tempat parkir kendaraan, Traveler harus berjalan kaki menyusuri jalan setapak ke arah barat sekitar setengah kilometer.  Saat mendekati lokasi Pantai Karangpayung, Traveler akan melihat sebuah tebing karang tegak menjulang di sisi barat pantai.  Setelah terlebih dahulu menuruni tebing,  rasa lelah langsung terbayar begitu kaki menapakan di hamparan butir-butir pasir pantai yang putih dan bersih.  Kolaborasi yang sempurna, memandang takjub akan keindahan tebing yang menjulang tegak lurus dan pantai dengan hamparan pasir putihnya, menjadi penawar dari rasa lelah atas perjalanan tadi. Pantai yang masih bersih dan sejuk ini membuat siapa saja betah berlama-lama menikmati indahnya laut. Seru juga bisa bermain air di pinggir pantai.  Asyik juga mencari kerang-kerang cantik yang menyatu dengan pasir.   Sesekali, Traveler akan menjumpai sebuah mata air tawar yang suka muncul dari dalam tanah ketika timbunan pasir terkikis ombak.  Konon, air tawar ini dapat diminum.

Pantai Karangpayung
Menikmati Pantai Dari Atas Bukit, Photo @jalan-jalanwonogiri

Nah, objek wisata Pantai Karangpayung ini siap-siap akan masuk dalam daftar perjalanan wisata berikutnya, begitu pandemik ini berakhir.  Sungguh, panorama yang dijanjikannya benar-benar luar biasa cantik dan mengagumkan!(Niel)