Memanjakan Mata di Festival Bunga Keukenhof

The Garden of Europe

Keukenhof
The Garden of Europe, photo by Tiqets

Negara empat musim memang sanggup memberikan pesona di tiap musimnya, terutama bagi warga dari negara tropis. Dinginnya salju, gugurnya dedaunan, serta warna-warni saat bunga bermekaran, merupakan pengalaman unik saat belibur di negara empat musim.   Yah, bagi para pecinta bunga, musim semi merupakan waktu yang tepat untuk berlibur ke negara-negara empat musim. Menikmati Sakura atau Tulip yang bermekaran menjadi salah satu incaran para pemburu wisata musim semi.

Pernah ada satu era bernama Tulipomania, sekitar tahun tahun 1634-1637. Pada masa itu, tulip menjadi bunga yang benar-benar digandrungi oleh masyarakat Belanda. Hal itu membuat harga tulip melambung tinggi, hingga bisa ditukar dengan barang-barang berharga dengan nilai yang tinggi.

Keukenhof
Warna Warni Perpaduan yang Mengagumkan

Bunga cantik warna-warni ini memang memiliki daya tariknya sendiri. Jika ingin melihat kecantikan kota Holland sembari menikmati keindahan bunga ini, Traveler dapat menjadwalkan perjalanan ke Belanda bertepatan dengan penyelenggaraan Festival Keukenhof di Belanda.

Keukenhof adalah sebuah taman yang terletak di Lisse, Belanda. Dalam bahasa Belanda, Keukonhof berarti kebun dapur. Pada tahun 1949, Walikota Lisse membuat taman bunga ini. Ia lalu memiliki ide untuk memamerkan hasil bunga para petani Belanda dan Eropa ini. Dari situ lah, Festival Keukenhof mulai dikenal dan menjadi acara tahunan yang ditunggu-tunggu para wisatawan.

Keukenhof
Keindahan Bunga di Keukenhof

Festival Keukenhof biasanya diadakan sekitar bulan Maret hingga Mei setiap tahunnya dan diperkirakan didatangi hampir 800.000 pengunjung. Di lahan seluas 32 hektar ini akan muncul kurang lebih 7.000.000 kuntum bunga dari berbagai tulip, daffodil, liliy, mawar, dan lainnya. Bunga-bunga cantik ini merupakan hasil karya sekitar 40 tukang kebun yang menanam kurang lebih 7 juta bibit bunga di pertengahan bulan Desember.

Ada total 20 pertunjukan aneka bunga dari seluruh dunia yang bisa disaksikan di the most beautiful spring garden in the world ini. Traveler bisa menikmati bunga-bunga ini dengan berjalan kaki, naik sepeda, atau boat sambil menyusuri kanal.  Memandang ribuan buang terhampar indah dengan susunan warna warni yang memikat, sungguh sangat menakjubkan.

Keukenhof
Ajang Setiap Tahun yang Selalu Ramai

Taman bunga terbesar di dunia ini buka mulai pukul 08.00 hingga 19.30 waktu setempat. Untuk masuk ke Keukenhof, Traveler hanya perlu membayar tiket masuk sekitar 8 hingga 16 euro.  Dan setiap tahunnya, Keukenhof memberikan tema dan penataan yang berbeda. Jadi, pengunjung tidak akan bosan meski datang setiap tahun. Ayo, segera jadwalkan liburan di Belanda tepat saat Festival Keukenhof berlangsung.  Pastinya setelah pandemik Covit-19 ini berakhir, yah!(Nita)