Membidik Keindahan Punthuk Setumbu, Magelang

Keseruan Berburu Sunrise

Punthuk Setumbu
Sunrise di Punthuk Setumbu yang Menakjubkan, Photo by @punthuksetumbu

Pemandangan matahari terbit di Punthuk Setumbu, merupakan salah satu spot yang paling diburu banyak wisatawan.  Datang menikmati keindahan panorama matahari terbit ini, tidak semata hanya duduk melihat saja, namun keelokan alam ini direkam dalam jepretan kamera.  Yah, banyak wisatawan terutama penggemar photography datang ke Punthuk Setumbu pagi-pagi buta untuk mengambil foto. Berburu sinar mentari pagi ini menjadi momen bahagia yang jangan sampai terlewatkan.

Punthuk Setumbu, merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat indah di Magelang.  Tepatnya berada di Kurahan Karangrejo, Magelang Jawa Tengah.  Punthuk Setumbu berada di gugusan Bukit Menoreh yang memiliki ketinggian sekitar 1.300 meter di atas permukaan laut.  Karena tinggi inilah, tak heran tempat ini pun selalu menjadi spot terbaik untuk berfoto dengan matahari terbit.

Punthuk Setumbu
Panorama Alam dari Ketinggian Sangat Memikat, Photo by @nonamutii

Dan bagi masyarakat Magelang dan sekitarnya, kawasan Punthuk Setumbu merupakan salah satu obyek wisata yang sangat dipuja yang menjadi andalan mereka.  Selain wisatawan dapat puas menikmati keindahan alamnya, juga merupakan lanscape Candi Borobudur yang sangat sempurna.

Sebelum Punthuk Setumbu dikenal sebagai salah satu objek wisata favorit di Magelang ini, kawasan ini merupakan persawahan dan perkebunan warga.  Kawasan ini pun mulai dikenal ketika seseorang tanpa sengaja mengupload photo sunrise yang menaungi landscape Candi Borobudur, dimana photo ini diambil dari bukit Punthuk Setumbu.  Sontak, lokasi keindahan ini pun langsung diburu para pembidik kamera.

Yah, dari perbukitan yang ada di Punthuk Setumbu inilah, membidik landscape Candi Borobudur dengan latar mentari terbit, langsung viral. Setelah foto bidikan ini di-upload ke media sosial, para netizen pun takjub dan mulai beramai-ramai mengunjungi Punthuk Setumbu.

Punthuk Setumbu
Kabut menjadi Daya Tarik Tersendiri, Photo by @tarinaminusta

Punthuk Setumbu memiliki puncak tertinggi sekitar 1.300 mdpl. Memang tidak terlalu tinggi, namun karena perjalanan yang dilalui sampai puncak cukup sulit, Traveler pun harus benar-benar mempersiapkan fisik sebaik mungkin.  Tersedia pula jalan setapak dengan anak tangga sejauh kurang lebih 300 meter dari area parkir menuju puncak.  Hati-hati jika musim hujan, karena lintasan ini kerap menjadi licin dan sedikit berlumpur.

Punthuk Setumbu identik dengan keindahan sunrisenya.  Karena banyak wisatawan yang berburu sunrise di perbukitan puncak Punthuk Setumbu ini, tak heran kalau mereka sudah berada disana sejak malam.  Kemping disini memang mengasyikkan.  Di area yang biasa digunakan sebagai titik lokasi menyaksikan sunrise ini, kontur kawasannya datar dan cukup luas untuk menampung beberapa tenda.

Punthuk Setumbu
Keindahan Lanscape Borobudur yang Menakjubkan

Lama waktu matahari mulai keluar dari peraduan hingga terang cukup singkat. Hanya sekitar 30 menit saja.  Nah, dengan Traveler kemping disini, tidak akan kehilangan momen bermulanya matahari mengintip ke bumi ini.

Sungguh, keindahan yang tercipta tidak semata kepada terbitnya sang surya.  Spot photo juga dapat diarahkan untuk melihat kegagahan Candi Borobudur saat mentari pagi mulai menyapa.  Sinarnya yang tampak menyelinap dari celah-celah bangunan candi, akan menampilkan pemandangan yang sangat menakjubkan.  Aksen kabut yang masih menyelimuti bangunan candi, menambah daya tarik hasil akhir jepretan kamera. Sungguh sangat eksotis dan menjadi pemandangan yang sulit dilupakan.

Banyak orang yang makin penasaran dengan Punthuk Setumbu ini, apalagi ketika tempat ini masuk dalam pembuatan film Ada Apa Dengan Cinta (AADC) 2.  Rasa penasaran ingin mengunjungi tempat ini pun semakin besar.

Punthuk Setumbu
Berburu Sunrise di Punthuk Setumbu, Photo by @punthuksetumbu

Tidak sulit untuk menemukan lokasi Punthuk Setumbu.  Rute menuju tempat ini sama dengan ketika Traveler akan pergi ke Candi Borobudur.  Yah, lokasi wisata alam ini berada di Jalan Borobudur Ngadiharjo KM.4, Kurahan, Karangrejo, Borobudur, Magelang.  Begitu sampai di sekitar candi, Traveler harus melanjutkan perjalanan ke Bukit Menoreh, karena disanalah letak obyek wisata ini berada.

Hingga saat ini belum ada kendaraan atau angkutan umum yang dapat melayani perjalanan langsung ke Punthuk Setumbu. Disarankan agar Traveler menggunakan kendaraan pribadi dengan patokan ah tujuan awal ke Candi Borobudur.(Raditya)