Mencicipi Segelas Anggur Terbaik Dunia di Saint-émilion, Perancis

Saint-émilion terletak di distrik Gironde department di propinsi Nouvelle Aquitance, bagian selatan-barat Perancis. Tepatnya di persimpangan antara Bordeaux, Saintonge, Périgord.

Bagi penggemar wine, kawasan Saint-émilion sangat terkenal bahkan termasuk salah satu daerah bergengsi bagi mereka yang ingin mencicipi wine terbaik di dunia.

Saint-émilion terletak di distrik Gironde department di propinsi Nouvelle Aquitance, bagian selatan-barat Perancis. Tepatnya di persimpangan antara Bordeaux, Saintonge, Périgord. Saint-émilion merupakan wujud sebuah peradaban klasik, dimana terdapat pula bukit perkebunan anggur di mana-mana. Sejarah Saint-émilion berawal dari jaman prasejarah. Tidak heran daerah ini masuk menjadi salah satu Unesco world heritage dengan peninggalan bangunan prasejarahnya. Seperti adanya gereja dengan gaya arsitektur Romanesque dan ruins.

Saint-émilion adalah salah satu tempat terbaik penghasil red wine di propinsi Bordeaux, selain Médoc, Graves dan Pomerol, dan kawasannya lebih kecil dibandingkan Médoc dan Pomerol. Di bawah pengawasan pemerintah Perancis dan memiliki legalisasi penghasil jenis anggur terbaik, perkebunan anggur Saint-émilion hanya menghasilkan jenis anggur Merlot dan Cabernet Franc serta sedikit jenis Carbenet Sauvignon. Merlot adalah jenis anggur berwarna biru gelap. Cabernet Franc adalah jenis anggur berwarna hitam yang penggunaanya dicampur dengan Merlot dan Cabernet Sauvignon dalam tradisi pembuatan wine Bordeaux. Sedangkan Cabernet Sauvignon adalah jenis anggur yang sangat popular yang juga digunakan di berbagai negara penghasil red wine di dunia. Seperti Canada, Amerika, Australia dan lainnya.

Menuju kawasan penghasil red wine di Saint-émilion, Anda akan melihat hamparan luas perkebunan anggur di sepanjang jalan yang dilalui. Begitu indah dan cantik. Apalagi di musim panas, di saat anggur siap dipanen, maka hamparan warna anggur yang menawan menambah keasyikan tersendiri dalam perjalanan wisata ini. Aroma lembut khas anggur yang diproses pun membuat sensasi berbeda.

Sepanjang jalan akan terlihat banyak kastil cantik dengan arsitektur menawan atau yang disebut dengan Chateu. Bangunan ini merupakan tempat produksi anggur menjadi red wine dan tempat ini merupakan tempat tinggal produsen minuman tersebut.

Anda dapat singgah ke salah satu chateu tersebut untuk melihat bagaimana proses red wine dibuat. Ada waktu tertentu dimana para produsen wine ini membuka pintunya untuk para turis, bahkan sekaligus mereka menyajikan hasil red wine mereka untuk dicicipi para tamu. Jika Anda tertarik maka Anda dapat membeli langsung beberapa botol red wine dan harga yang ditawarkan sangat murah dibandingkan Anda membeli di toko khusus menjual wine, atau pun jika Anda membeli di restaurant ternama.

Jika ingin sekedar menikmati pemandangan dan suasana peradaban pra sejarah , Anda dapat menuju ke pusat Saint-émilion. Selain berjejer toko yang menjual wine dengan berbagai merk dari berbagai jenis anggur, terdapat juga kafe dan restaurant yang tentu saja bisa Anda singahi untuk menyantap hidangan khas Perancis. Jangan lupa juga masuk ke dalam toko yang menjual ragam keju yang sangat pas sebagai teman minum wine.

Bingung harus kemana? Jangan khawatir karena terdapat agen travel yang menawarkan aktifitas selama Anda berada di Saint-émilion. Ingin bersepeda menyusuri perkebunan anggur pun tersedia, atau hanya berkeliling melihat bangunan prasejarah, juga bisa Anda lakukan. Penginapan pun tidak sulit. Anda dapat memesan hotel, hostel, atau pun menikmati sensasi berbeda dengan menginap bersama penduduk setempat.

Yang pasti tidak akan menyesal berkunjung ke daerah ini , khususnya bagi Anda pencinta keindahan alam sambil menikmati segalas anggur terbaik dunia. Sekali seumur hidup, harus ke tempat ini. Yakinlah, it’s worth it!(Pody/Kuniel)