Menjelajah Belanda di Madurodam

Terletak di distrik Scheveningen, Den Haag, Belanda, Madurodam selalu penuh dikunjungi turis terlebih di liburan musim panas.

Madurodam adalah sebuah taman rekreasi, dimana terdapat beragam miniatur yang menggambarkan bangunan dan karakteristik khas dari negeri kincir angin.

Terletak di distrik Scheveningen, Den Haag, Belanda, Madurodam selalu penuh dikunjungi turis terlebih di liburan musim panas. Jika tidak sempat berkeliling ke seluruh pelosok negeri Belanda, maka datanglah ke Madurodam. Anda akan melihat replika bangunan, rumah dan tempat-tempat menarik di Belanda dalam bentuk miniaturnya. Dengan tiket masuk kurang lebih 16,50 euro, maka Anda dapat menyusuri jalan -jalan kecil, menyusuri replika bangunan terkenal dan juga tempat menarik lainnya seperti panggung konser terbesar, melewati jembatan khas Belanda yang selalu ditemui dimana saja, maupun airport Schipol dan Taman Kekeunhof penuh tulip. Di musim liburan atau saat akhir minggu, biasanya terdapat pertunjukkan seni, seperti permainan musik traditional, tarian dan lain sebagainya.

Madurodam dibuka pertamakalinya di tahun 1952 dan sampai saat ini sudah lebih dari 10 juta pengunjung menikmati keindahan taman miniatur ini. Di tahun 2012 Madurodam tampil baru setelah mengalami sedikit perombakan ‘wajah’nya.
Nama Madurodam sendiri berasal dari nama pejuang Belanda George Maduro. Maduro yang berlatar belakang sekolah hukum, kemudian bergabung dengan kelompok pemberontak Belanda melawan pemerintah Nazi. Atas perjuangannya ia memperoleh mendali kelas empat dari Militaire Willem-Orde. Sebagai bentuk penghargaan, namanya diabadikan untuk taman rekreasi ini.

Taman rekreasi ini terbagi menjadi tiga tema. Yakni, water as a friend and an enemy, historical cities, dan The Netherland as an inspiration for the world. Masing-masing tema terdapat berbagai miniatur menarik yang memanjakan mata. Yang menariknya lagi, selepas berjalan-jalan Anda bisa mencoba berpotret bersama keluarga, atau berdua dengan kekasih hati atau beramai ramai bersama teman dengan menggunakan fasilitas Fantasitron. Yakni 3D Selfie booth dimana Anda bisa memperoleh model 3D sendiri yang dibuat oleh perangkat lunak dari foto Anda di booth tadi.

Letih berkeliling, Anda dapat duduk sejenak atau sekedar bersantai melihat isi toko cinderamata khas Madurodam atau sekedar membeli cokelat, permen, soda, kopi, atau kudapan penghilang rasa lelah. Namun disarankan membawa makanan dan minuman dari rumah agar lebih nyaman, karena harga yang ditawarkan di sekitar tempat rekreasi ini cukup mahal dibandingkan di tempat umum lainnya. Pada bulan Juli hingga Agustus, Madurodam buka hingga pukul sembilan malam. Sedangkan diluar itu Madurodam tutup hingga pukul lima sore. Untuk menuju ke sana, Anda dapat menggunakan tram atau bus dengan mudah.(Pody/Kuniel)