Menelusuri 4 Pantai Unik di Dunia

Tanpa Pasir Tetap Menarik

Stiniva Beach
Kroasia, Stiniva Beach

Pantai, pada umumnya menyajikan keindahan pasirnya yang berwarna putih atau kecoklatan.  Hamparan pasir pantainya ini, selalu membuat Traveler betah berlama-lama di bibir pantai, menikmati panorama laut dan aktifitas asyik lainnya.  Namun, bagaimana dengan pantai yang tidak memiliki pasir pada hamparan pantainya?

Berikut ini, ada 4 pantai unik di dunia yang tidak memiliki pasir pantainya.  Apa saja? Yuk simak!

Pasir Glass Beach, Amerika Serikat

Pantai ini terdiri dari potongan kaca halus yang kalau dilihat dari jauh tampak berkilau-kilau.   Biarpun pantai bukan pasir, ternyata dengan banyaknya serpihan potongan kaca aneka warna ini, malah menjadi daya tarik pantai ini.  Tak jarang, banyak wisatawan datang sekedar untuk berfoto, menikmati pantai pecahan kaca ini.

Asal usul banyaknya potongan kaca di bibir pantai ini, ternyata dahulu disini merupakan tempat pembuangan sampah oleh masyarakat yang tinggal di Fort Bragg, California. Bukan sembarang sampah, melainkan sampah eletronik seperti televisi, kulkas, bahkan juga mobil yang sudah tidak terpakai. Karena banyak yang membuang sampah, lama kelamaan pantai ini menjadi timbunan sampah elektronik yang menggunung tinggi.

Pasir Glass Beach
Amerika, Pasir Glass Beach

Namun, sekitar tahun 1960-an akhirnya kebiasaan ini dilarang.  Lalu pada tahun 1990, pantai ini mulai di bersihkan. Karena cukup sulit untuk membersihkan sampah-sampah ini, terutama berbagai pecahan kaca yang berasal dari elektronik rumah tangga dan mobil, akhirnya pecahan kaca tersebut dibiarkan begitu saja. Apalagi tekanan ombak yang menabrak tumpukan sampah tersebut menyebabkan kaca-kaca pecah menjadi serpihan lebih kecil sehingga sulit untuk dibersihkan. Potongan-potongan kaca yang halus ini selintas seperti batu warna warni, yang pada akhirnya menutupi seluruh permjkaan pantai ini.  Unik dan sangat menarik!

Trá an Dóilín, Irlandia

Trá an Dóilín adalah pantai yang berada di Irlandia.  Pantai ini memiliki keunikan tersendiri, karena terkenal dengan tepi pantainya yang tertutupi oleh jutaan karang putih halus.  Namun demikian, indahnya laut di pantai ini, berwarna biru nan jernih, membuat Traveler betah berlama-lama di pantai ini.

Pantai itu sendiri terdiri dari karang dan kerang, yang kalau dipijak dengan kaki telanjang, akan terasa kurang nyaman. Karena pantainya dibilang cukup unik, banyak wisatawan yang sengaja bermain ke pantai ini. Pemerintah setempat pun berusaha merenovasi berbagai sudut di pantai ini dengan sebaik-baiknya dan menyiapkan fasilitas lainnya seperti toilet.

Trá an Dóilín
Irlandia, Trá an Dóilín

Stiniva Beach, Kroasia

Pantai Stiniva dengan hamparan pantainya yang dipenuhi oleh batu-batu kecil dan halus. Pantai ini terletak di pulau Vis di selatan Kroasia. Ini adalah pantai tersembunyi yang indah di bagian selatan pulau, yang dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi.  Pantai ini memiliki panjang sekitar 35 meter dengan kerikil kecil dan laut yang sangat jernih. Teluk yang mempesona ini dapat dicapai dengan perahu atau berjalan kaki. Untuk berjalan kaki dapat melalui jalan curam sempit yang berangkat dari dusun Žužeca. Diperlukan waktu sekitar 15 menit untuk mencapai teluk dan pantai. Atau dengan menyewa perahu di kota Vis dan mengunjungi pantai ini.

Pantai Kolbano
Indonesia, Pantai Kolbano

Pantai Kolbano, Indonesia

Pantai Kolbano mempunyai pasir-pasir yang ternyata berbeda dengan pantai pada umumnya. Pasir disini tidaklah halus melainkan sedikit kasar karena, pasir-pasir ini adalah bebatuan yang bergerombol menjadi sebuah pasir yang antik dan esoktis. Bebatuan-bebatuan ini seakan mampu menggantikan peran pasir sehingga, pantai ini terlihat lebih menggoda.  Sehingga dari jauh pantai ini memiliki hamparan pantai yang terbuat dari bebatuan warna-warni yang menawan. Bila dilihat dengan seksama, bebatuan yang ada di pinggir pantai ini mempunyai warna yang beragam. Tidak hanya putih saja. Tetapi ada juga yang peach, abu-abu kehijauan, yang jingga, coklat hingga warna pink. Pemandangan matahari terbenamnya pun membuat panoramanya kian cantik dengan kehadiran batu-batu berwarna ini.(Rafa)