Menengok Keindahan Alam Pantai Tanjung Pasir Tangerang

Serunya Berperahu Menuju Pulau Untung Jawa

Pantai Tanjung Pasir
Menikmati Panorama Pantai Tanjung Pasir, Photo by @oktavian_us

Ternyata Kabupaten Tangerang punya pantai yang sangat indah, loh! Namanya Pantai Tanjung Pasir cocok buat liburan di akhir pekan.  Untuk menuju ke tempat ini dari pusat kota akan memakan waktu kurang lebih satu jam perjalanan. Tempat ini menjadi salah satu pantai yang juga banyak dikunjungi. Lokasinya berada di Jalan Tanjung Pasir, Teluk Naga, Kabupaten Tangerang, Banten.

Letaknya yang cukup dekat dari Bandara Soekarno Hatta membuat akses ke pantai ini juga cukup mudah. Tak heran, saat akhir pekan dan musim liburan tiba, ramai didatangi para wisatawan.  Mereka tidak hanya berasal dari Banten saja tapi juga dari provinsi dan kota lainnya.

Pantai Tanjung Pasir
Hamparan Pasirnya yang Memanjakan

Traveler yang datang ke Pantai Tanjung Pasir ini akan dimanjakan dengan panorama alam pantai yang sangat menakjubkan. Pesona alam pantai ini sangat memukau dengan pasir dan pepohonannya yang menambah panorama sekitar. Dari bibir pantainya, Traveler dapat melihat barisan pulau-pulau yang sangat cantik dan eksotis.  Pantai ini memiliki garis pantai sepanjang 20 kilometer dengan pasir yang halus. Tah heran, hamparan pasirnya yang berwarna putih ini dapat terlihat dari daratan yang cukup jauh.

Di sekitar area pantai banyak terdapat pepohonan hijau yang tumbuh subur. Adanya pepohonan tersebut membuat suasana di sekitar pantai menjadi terasa tenang dan sejuk. Hal inilah yang menjadi salah satu daya tarik Pantai Tanjung Pasir.

Pantai Tanjung Pasir
Sunset yang selalu Menggoda, Photo by @yusufdjordan

Segudang aktifitas yang seru dan menyenangkan siap dirasakan para pengunjung.  Mulai dari bersantai bersama keluarga, bermain pasir dengan si kecil, bisa juga berenang untuk menikmati air yang jernih dan kegiatan seru lainnya.  Salah satu kegiatan yang asyik dan menyenangkan adalah menaiki perahu.  Kegiatan ini membawa Traveler mengarungi laut sekitar kawasan Pantai Tanjung Pasir.  Traveler akan diajak melewati beberapa daerah di pesisir pantai laut Provinsi Banten. Menikmati panorama bahari yang menawan dengan rute favorit adalah menuju Pulau Untung Jawa. Selama perjalanan di atas perahu, Traveler akan disuguhkan keindahan Kepulauan Seribu.

Atau keseruan lainnya yang sedikit memancing adrenalin dengan mencoba wahana watersport, salah satunya adalah wahana Banana Boat.  Traveler akan diajak berputar-putar di atas Banana Boat hingga ke tengah perairan. Serunya lagi, Traveler akan diceburkan ke dalam laut dengan tikungan-tikungan tajam. Don’t worry! Tak perlu takut tenggelam karena akan dibekali pelampung, sehingga aman untuk dimainkan.

Pantai Tanjung Pasir
Sudut-Sudut Pantai yang Instagramable, Photo by @project4d

Sunset merupakan momen yang ditunggu-tunggu para wisatasan saat menikmati Pantai Tanjung Pasir ini.  Traveler dapat duduk santai menghadap ke arah pantai, terkesima menikmati birunya langit yang berganti jingga. Sang surya pun turun perlahan di ufuk barat yang melurupkan lembayung senja.  Sungguh pemandangan yang sangat romantis dan meninggalkan kesan di hati yang begitu dalam.  Inilah keindahan sunset di Pantai Tanjung Pasir!

Jika lapar, kawasan ini banyak menyajikan wisata kuliner yang menggiurkan.  Yah, Traveler dapat dengan mudah menemui berbagai macam makanan dan minuman disini. Karena pantai ini banyak menyajikan warung dan restoran yang menyediakan aneka menu makanan ringan dan kuliner khas pantai.  Pastinya andalan menu laut seperti ikan bakar dan olahan laut lainnya, akan memanjakan lidah dan mendamaikan ‘perut’!  Selain itu ada juga toko souvenir bagi yang ingin berburu oleh-oleh khas Pantai Tanjung Pasir.

Pantai Tanjung Pasir
Suasana yang Selalu Dinanti, Photo by @felixindrawan

Pantai Tanjung Pasir yang menjadi andalan Kabupaten Tangerang ini dibuka setiap hari selama 24 jam. Memasuki pantai ini Traveler akan dikenai biaya parkir dengan harga Rp 10,000 untuk sepeda motor sementara mobil dikenai biaya Rp 20,000 dan biaya tiket masuk seharga Rp 15,000 per orang.

Saat ini Pantai Tanjung Pasir terus dipoles dengan tambahan berbagai wahana dan fasilitas. Karena itu saat liburan ke sana nantinya, Traveler dan keluarga dijamin akan lebih mendapatkan kesenangan dan kepuasan berwisata.(Nay/Niel)