Menengok Surga Hewan Purba di Galapagos

Surga yang Penuh Sajian Hewan Langka dan Pemandangan nan Eksotis

Galapagos
Kura-Kura Raksasa, photo by WheelchairExperts

Salah satu kepulauan yang terkenal di Ekuador dengan keindahan wisata alamnya yaitu Kepulauan Galapagos yang menghadirkan berbagai hewan endemik yang langka ditemukan di tempat lain.  Ratusan jenis binatang hidup di sini, di antaranya kura-kura raksasa, burung pecuk yang tidak bisa terbang, iguana laut penyelam dan lainnya.  Pulau ini merupakan pulau yang terisolir dan hanya orang-orang tertentu saja yang bisa datang.  Deretan pulau-pulau Galapagos yang merupakan surga bagi hewan-hewan purba ini juga sudah diakui sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO.

Galapagos
Kepulauan Galapagos Yang Menakjubkan

Jumlah pulau yang masuk dalam kepulauan Galapagos ada 13 pulau yang merupakan pulau berapi dan bebatuan.  Galapagos terletak di Samudra Pasifik sekitar 1.000 kilometer sebelah barat pesisir Amerika Selatan.  Secara politis, Galapagos merupakan bagian dari Ekuador. Pulau tertuanya berusia sekitar 4 juta tahun dan yang termuda masih sedang dalam proses pembentukan. Galapagos memang merupakan salah satu daerah gunung berapi yang paling aktif di dunia yang terkenal dengan jumlah spesies endemisnya yang besar, berkat dari penelitian Charles Darwin, yang membawanya menemukan teori seleksi alam.

Selain menjadi selter bagi hewan-hewan endemik, kepulauan Galapagos yang juga memiliki keindahan alamnya yang menakjubkan.  Terbentuk dari adanya aktivitas vulkanik membuat Kepulauan Galapagos menyimpan spot wisata alam yang memukau dan menarik untuk dikunjungi.

Galapagos
Iguana warna warni

Lagune El Junco

Lagauna El Junco merupakan danau kawah yang terletak di Pulau San Cristobal. Danau ini merupakan sumber air bersih satu-satunya di Kepulauan Galapagos ini.  Keindahan alam danau ini masih sangat alami dengan pemandangan dataran tinggi Pulau San Cristobal.

The Wall of Tears

The Wall of Tears terletak di Pulau Isabela, tepatnya 5 km sebelah Kota Puerto Villamil. Situs bersejarah ini dibangun antara tahun 1945 hingga 1949 oleh para tahanan di pulau tersebut.  Ini merupakan tembok dengan panjang sekitar 25 meter, yang dibuat dari batu-batuan sisa peninggalan markas tentara AS pada masa Perang Dunia II. Di julukan ‘Wall of Tears’, karena seakan terdapat energi yang membuat orang ingin menangis ketika berkunjung ke tempat ini, akibat banyaknya korban tewas dalam pembangunan tembok ini.

Galapagos
Pulau Galapagos nan eksotis

Tuneles de Lava

Tuneles de Lava merupakan goa yang menjadi salah satu tempat wisata alam yang terdapat di Pulau Santa Cruz, bagian dari  Kepulauan Galapagos juga.  Goa alam ini terbentuk dari proses vulkanik yang terdapat di pulau ini, membuat rongga besar akibat dari adanya udara yang keluar dari lava.  Memasuki goa ini memang agak sedikit ekstrim karena ruangannya sangat sempit. Namun,  goa ini kaya akan relief yang unik serta menyajikan keindahan alam yang menakjubkan.

Las Grietas

Laas Grietas terletak juga di Pulau Santa Cruz.  Merupakan kolam air alam yang berada di tengah tebing tinggi yang sangat indah.   Tempat wisata ini cukup populer di Kepulauan Galapagos dengan air asinnya yang jernih berbalut pemandangan tebingnya yang sangat menakjubkan.  Nama Las Grietas memiliki arti retakan, dikarenakan menyerupai retakan yang diisi oleh air laut.

Los Tuneles

Tak kalah kerennya dengan spot-spot wisata di semua pulau di Kepulauan Galapagos ini, Los Tuneles juga menarik perhatian untuk dikunjungi.  Spot wisata alam menarik yang terletak di Pulau Isabela ini menyajikan formasi batuan yang terbentuk dari aliran lava, yang membuat berbagai macam unik lengkungan goa di atas air.  Selain itu terdapat berbagai macam hewan-hewan menarik di tempat ini, seperti Iguana Laut, Albatros, Penyu, iguana raksasa yang berwarna-warni, burung booby berkaki biru, fregat bersarang, pelikan swooping dan bahkan penguin super imut serta beragam binatang laut lainnya. Penguin Galapagos termasuk dalam spesies penguin terkecil di dunia.  Selain itu, tempat ini juga menjadi incaran wisatawan untuk dijadikan salah satu spot scuba-diving yang populer di Kepulauan Galapagos.

Galapagos
Salah satu teluk dengan air laut nan jernih

Sebagai destinasi yang benar-benar menakjubkan, reputasi Galapagos tidak diragukan lagi. Keindahan alam, fauna dan flora berkumpul dalam kepulauan ini. Ada hiu dan singa laut berenang melalui laut yang jernih, iguana laut yang mengesankan, kura-kura raksasa dengan lembut  berjalan melalui ladang hijau serta ada burung-burung jantan berkaki biru yang meluncur melalui langit yang jernih.

Juga spot-spot snorkeling di seluruh Kepulauan Galapagos yang mengesankan dengan keamanan pemandu ahli.  Traveler dapat berenang dan snorkeling bebas untuk dapat mengungkap semua keindahan yang ditawarkan laut.  Menemui singa laut lucu yang sedang merangkak melalui air di sekitar kita, memandang takjub kura-kura raksasa dengan anggun meluncur, bercengkerama dengan banyak ikan-ikan indah yang mungkin jarang ditemui di laut manapun.  Yah, Galapagos merupakan surga yang penuh sajian hewan langka dan pemandangan nan eksotis!  Siapa pun yang singgah ke sini, akan terhipnotis dengan semua sajian ini!(Niel)