Mengintip Keindahan Air Terjun Putri Malu di Way Kanan Lampung

Keindahan nan eksotis dan menarik hati

Air Terjun Putri Malu
Air Terjun Putri Malu, photo by sup_pahriza06

Way Kanan merupakan Kabupaten di Lampung yang dijuluki sebagai negeri 1001 air terjun atau biasa disebut curug. Keindahan curug-curug disana tak bisa dipungkiri lagi. Salah satu nya adalah Curug Putri Malu yang sangat eksotis dan menarik hati.

Curug Putri Malu berlokasi di kawasan hutan register 24, di Kampung Juku Batu, Kecamatan Banjit, Way Kanan, Lampung. Karena letaknya yang jauh dari perkampungan warga, membuat air terjun ini masih terjaga kealamian. Curug Putri Malu memiliki panorama yang menakjubkan, dikelilingi hutan belantara yang masih perawan menambah rasa tertarik yang mendalam bagi traveller yang ingin berlibur.

Air Terjun Putri Malu
Air Terjun Putri Malu, photo by toniwi_watanabe

Curug Putri Malu memiliki ketinggian sektar 80 meter ini, sangat menggugah Traveler untuk menikmati setiap percikan airnya. Suara deburan air  yang mengalir deras dari puncak tebing membuat kenyamanan yang mendalam. Apalagi mengingat air terjun ini berada di tengah hutan, benar-benar tempat yang paling nyaman untuk melebur  bersama alam dan meninggalkan sejenak hiruk-pikuk kota.

Air Terjun Putri Malu,Lampung
Air Terjun Putri Malu,Lampung, photo by rahmat_ronaldo

Untuk mencapai lokasi ini, jika Traveler tidak memiliki kendaraan pribadi, dapat menyewa ojek dari warga sekitar. Biasanya satu ojek dikenakan tarif Rp 100.000. Namun, jika Traveler memiliki kendaraan pribadi dan mampu memgendarai di medan yang sulit ini, tidak perlu menaiki ojek untuk sampai ke sana.

Air Terjun Putri Malu,Lampung
Air Terjun Putri Malu,Lampung, photo by ichsaan14

Beberapa meter sebelum sampai pada air terjun, Traveler akan melewati jalan setapak tanah. Jika hujan kondisi tanah akan menjadi sedikit licin. Sepanjang perjalanan pun, rimbun pepohonan hijau selalu menemani yang membuat suasana sangat menyegarkan dan sejuk. Kicau burung pun ramai menyemangati perjalanan ini. Dan, begitu sampai di air terjun, semua lelah terbayarkan dengan pemandangan dan percikan air langsung dari puncaknya. Panorama alam yang sangat menakjubkan. Kokohnya bebatuan besar dengan pepohonan yang mengelilingi air terjun akan membuat Traveler betah berlama-lama menikmati dan menyeburkan diri ke bawah debit air besar yang mengalir tersebut.

Air Terjun Putri Malu,Lampung
Air Terjun Putri Malu, photo by lampuung

Dari jarak 50 meter di depan air terjun, Traveller sudah dapat mengambil gambar dengan pemandangan air terjun secara keseluruhan yang sangat indah. Di sekitar Curug Putri Malu juga ada Curug Luang Gambir, serta di atasnya terdapat Curug Tambang.

Pasti Traveler sudah tidak sabar untuk menikmati Curug Putri Malu kan, untuk rehat sejenak dari riuhnya kota. (DM/IPG)