Mengintip Keindahan Pulau Lengkuas

Sangat terkenal akan keindahannya

Belitung, Pulau Lengkuas photo by Paket Tour Belitung

Pulau Belitung banyak memiliki ratusan pulau, namun yang berpenghuni hanya sekitar 50an pulau saja. Salah satu diantaranya adalah Pulau Lengkuas yang sangat terkenal keindahannya. Suasana pantainya yang bersih serta memiliki keunikan tersendiri. Pulau yang luasnya kurang lebih satu hektar ini menyedia berbagai macam fasilitas yang dapat dinikmati oleh wisatawan. Pulau Lengkuas memiliki pantai yang landai dan ombaknya tidak begitu besar sehingga sangat aman bagi yang ingin berenang di laut.

Belitung, Pulau Lengkuas photo by Data Wisata

Berbagai kegiatan menarik dan asyik dilakukan seperti santai di pantai pasir putihnya sambil memandang debur ombak serta sepoian angin laut yang meninabobokan, berenang di bibir pantai, snorkling dan diving untuk menikmati  keindahan terumbu karang dan ikan-ikan.

Untuk bisa sampai di Pulau ini, Traveler harus menyewa perahu dari Tanjung Kelayang (Tanjung Tinggi) atau lewat Tanjung Binga. Lama perjalanan menggunakan perahu hingga sampai di pulau yang indah ini kurang lebih 25-40 menit.

Belitung, Pulau Lengkuas
Belitung, Pulau Lengkuas photo by Data Wisata

Sesampai di Pulau Lengkuas, hal utama yang menjadi sorotan adalah Mercusuar Pulau Lengkuas. Ini merupakan salah satu spot terbaik untuk menikmati keindahan alam Pulau Lengkuas. Dengan menaik ke menara mercusuar, merupakan opsi terbaik yang akan memberikan sensasi dan pengalaman wisata yang tak akan terlupakan. Namun sayangnya, sejak tahun 2017, pengunjung sudah tidak diperbolehkan lagi menaiki menara mercusuar ini dengan alasan karena para pengunjung sering meningggalkan sampah disana.

Mercusuar ini merupakan peninggalan Belanda yang dibangun tahun 1882 dan jadi ikon wisata Belitung. Tak heran mercusuar ini selalu menjadi sasaran utama para Traveler menjadi objek photo. Sampai saat ini, mercusuar ini masih berfungsi sebagai penuntun lalu lintas kapal laut yang lewat maupun keluar masuk Pulau Belitung. Dengan begitu, mercusuar ini merupakan sebuah bangunan vital yang sangat bersejarah.

Belitung, Pulau Lengkuas

Selain memiliki keindahan pantainya yang berpasir putih dan mercusuar yang indah menjulang tinggi, Pantai Lengkuas juga memiliki spot keunikan yang sangat eksotis yaitu pantai berbatu yang terdiri dari batu-batu granit berukuran raksasa. Struktur batu-batu granitnya juga unik dan berbeda dari tempat lain dengan kombinasi pantai yang berpasir putih dan pepohonan. Pantai Batu Pulau Lengkuas ini kerap dijadikan sebagai salah satu spot foto karena keunikan dan pemandangannya sangat instagramable. Di sini juga terdapat sebuah kolam yang dijuluki kolam Bidadari. Kolam ini terbentuk secara alami dan menampung air laut sehingga terlihat seperti sebuah kolam kecil yang bisa dijadikan sebagai tempat mandi atau bermain air. Kolam ini airnya sangat bening dan di jamin Traveler akan betah berendam di sini.

Masih di sekitar Pantai Lengkuas, Traveler bisa melakukan kegiatan snorkling. Menikmati jernihnya air laut sehingga bisa melihat ikan-ikan yang cantik hilir mudik. Berbagai macam biota laut hingga terumbu karang yang berwarna-warni, menjadi pemandangan yang menakjubkan. Dari pantai, lokasi untuk menyelam tidak begitu jauh, hanya beberapa menit saja dan yang mengasyikan adalah lokasinya tidak begitu dalam sehingga bagi yang tidak bisa berenang tetap daoat menikmati pemandangan bawah laut yang sangat indah ini.

Secara spesifik, lokasi dari Pulau Lengkuas ini berada di sebelah utara Pantai Tanjung Kelayang, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung. Keindahan panoramanya banyak dihiasi dengan batu granit yang unik, hamparan pasir putih serta air laut yang jernih. Pulau kecil yang bisa dikelilingi dalam waktu 20 menit ini, bisa didatangi dengan perahu sewaan dari Tanjung Binga maupun Tanjung Kelayang.

Fasilitas yang ada di Pulau Lengkuas terhitung lengkap. Ada hotel dengan harga murah, warung makan hingga toilet umum yang tersedia. Dan, waktu yang paling tepat untuk mengunjungi Pulau Lengkuas adalah bulan Maret – November. Selama masa ini ombak laut cendrung lebih tenang, sehingga bisa menikmati perjalanan dengan perahu. Selama masa Desember – Januari, ombak mungkin lebih besar dari biasanya, dan kadangkala hujan sepanjang hari.(Nil/Berbagai Sumber)