Wisata Kuliner Khas Belitung yang Terkenal dan Lezat

Terkenal dengan cita rasanya yang menggugah selera

Belitung, Suto Belitung Mak Janah

Selain memiliki sejuta keindahan alamnya, Belitung juga kaya dengan berbagai kelezatan kulinernya. Makanan khas Belitung cukup terkenal dengan cita rasanya yang menggugah selera. Ada banyak makanan khas Belitung yang bisa ditemukan, mulai dari Mie Belitung, Kepiting Isi, Suto Belitung, dan lainnya.

Berikut ini nama-nama makanan khas Belitung yang berhasil Indonesiatraveler.id rangkum, yang bisa direkomendasikan untuk melengkapi wisata ke Belitung nanti!

Suto Belitung Mak Janah

Suto Belitung adalah makanan yang menyerupai ketupat sayur, tapi rasanya sangat berbeda. Suto Belitung disajikan dengan irisan lontong, daging, bihun, kentang dan kerupuk emping. Lalu disiram dengan kuah dari rebusan iga sapi yang dicampur santan kelapa.  Ditambahkan sedikit sambalnya yang mantap membuat seporsi Suto Belitung menjadi lebih membangkitkan nafsu makannya.

Suto Belitung yang terkenal yaitu Suto Belitung Mak Janah yang berlokasi di Parit, Tanjung Pandan, Belitung Regency. Suto Belitung Mak Janah ini memang legendaris dan sangat terkenal kelezatannya sehingga masyarakat setempat pun rela mengantri demi menikmati sepiring Suto Belitung ini.

Belitung, Mie Belitung Atep
Belitung, Mie Belitung Atep

Mie Belitung Atep

Mie Belitung di tempat ini terkenal dan sangat enak. Mie Atep atau dikenal juga Mie Belitong atau Mie Belitung adalah kuliner yang wajib Traveler cicipi saat liburan ke Belitung. Rasa Mie Belitung berbeda dengan makanan serupa yang ada di sejumlah daerah di Indonesia. Sebab, Mie Belitung ini berbahan dasar udang laut yang dihaluskan. Kuahnya saja terbuat dari kuah udang yang gurihnya luar biasa enak! Mie Belitung Atep terasa makin nikmat karena ditaburi bakwan udang serta aneka rupa topping lainnya seperti irisan mentimun, udang rebus, toge, emping melinjo, hingga kentang rebus.

Kedai atau warung Mie Atep Belitung dikelola oleh Nyonya Atep langsung, yang saat ini usianya sudah lebih dari 65 tahun. Ia mengaku telah 40 tahun lebih berjualan mie belitung dengan racikan bumbunya sendiri. Alamat Mie Belitung Atep ini di Jalan Sriwijaya No.27, Parit, Tj. Pandan, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

Belitung, Fega Resto

Fega Seafood Restaurant

Rumah Makan Fega merupakan sebuah resto yang terletak di bibir danau, didesign seolah olah restaurant tersebut berada di sebuah kapal. Tempat makannya sendiri ada yang di dalam bangunan yang ujungnya berbentuk kapal, juga ada yang berupa saung-saung yang terletak di pinggir danau dan terlihat seperti mengapung. Rumah Makan Fega terkenal seantero Belitung.

Menu utama yang ditawarkan adalah seafood tapi ada juga menu non seafood. Menu andalan yang cukup terkenal dan laris dipesan adalah Gangan Ikan. Kuahnya kuning, kaya rasa dari campuran beberapa bumbu. Di dalamnya ada potongan ikan tenggiri. Gulai ini ternyata punya sensasi rasa segar, asam, gurih, dan rasa pedas yang menggigit. Sungguh sangat lezat.

Rumah Makan Fega berlokasi di Jalan Jend. Sudirman, Baru, Manggar, Kabupaten Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung.

RM Batu Garuda

Belitung dikenal sebagai salah satu pusat kuliner seafood. Ingin menikmati kelezatan seafood Belitung sekaligus menikmati keindahan alam pantainya? Datang saja ke RM Batu Garuda yang berada di Jalan Tanjung Kelayang, Sijuk Kabupaten Belitung. Restoran ini menyediakan makanan hidangan laut, dengan pemandangan pantai yang sangat menawan.

Terdapat berbagai menu seperti kepiting, udang, talas terasi, sayur genjer, sayur kecipir dan menu favorit banyak orang yaitu gangan, ikan ilak yang dimasak tim, dan ikan panggang yang semuanya dimasak dari bahan-bahan yang sangat segar.

Belitung, Ketam Isi Adena

Ketam Isi Adena

Ketam Isi Adena adalah makanan khas Pulau Belitung yang memiliki cita rasa unik dan enak. Ketam isi terbuat dari daging kepiting rajungan yang diolah dengan bumbu khusus, sehingga menghasilkan kuliner yang nikmat. Salah satu tempat yang bisa didatangi untuk menikmati kepiting isi ini ada di Jalan Sriwijaya, Paal Satu, Tj. Pandan.

Ketam isi adena sudah menggunakan standar operasional dan quality control produk yang baik, serta telah mendapatkan izin produk halal dari MUI. Merupakan makanan halal yang tanpa bahan pengawet dan pemanis buatan.

Belitung, Bakso Ikan Pak Long

Bakso Ikan Pak Long

Ingin menikmati bakso ikan yang rasanya lezat dan tidak berbau amis? Berkunjunglah ke Bakso Ikan Pak Long yang ada di Jalan Air Ketekok No. 22 Tanjung Pandan. Selain bakso ikan, disini juga tersedia kuliner khas Belitung lainnya seperti pempek dan tekwan.

Dengan bahan dasar ikan tenggiri, bakso atau yang suka disebut pentol atau ondel-ondel bakso ikan ini berwarna putih. Tentu berbeda dengan warna dan tekstur bakso daging sapi, namun dalam penyajiannya sama seperti makan bakso pada umumnya. Mie kuning dan bihun tentu ikut serta disajikan bersama pentol ini. Tak lupa, potongan seledri, daun sawi, dan taburan bawang goreng menyempurnakan citarasa dari bakso ikan ini. Warung Bakso Ikan Pak Long merupakan spesialis bakso ikan karena memang tak menyediakan bakso daging sapi. Yang menarik, di sini tersedia beberapa pilihan varian bakso ikan.

Belitung, Warung Kopi Kong Djie
Belitung, Warung Kopi Kong Djie

Warung Kopi Kong Djie

Merupakan warung kopi tertua di Belitung yang kerap dijadikan sebagai salah satu itinerary wisata Belitung oleh penyedia paket wisata. Pemilik kedai kopi Kong Djie adalah seorang warga asli Belitung keturunan Tionghoa. Dibangun sejak tahun 1943, Kedai Kopi Kong Djie yang berada di persimpangan Siburik jalan Gegedek ini selalu laris manis pengunjung. Bahkan sekarang sudah dijadikan salah satu destinasi tujuan wisata.

Soal rasa, segelas kopi Kong Djie sangat istimewa. Pahit, asam, dan aroma kopinya begitu kuat. Saat ini, usaha kedai kopi ini terus berkembang dan telah bermitra dengan beberapa pihak, mengadopsi sistem franchise (waralaba), sehingga Kong Djie Coffee bisa dikatakan Starbucksnya Belitung. (Nil/ Berbagai Sumber)