Menikmati Buka Puasa ala Menu Nusantara

(Part 1)

Menu Buka Puasa, Kolak

Senangnya tinggal di Indonesia, selain banyak memiliki destinasi wisata alam dan wisata sejarah, wisata kulinernya pun tak kalah banyaknya. Begitu banyak pilihan, terutama saat bulan puasa seperti sekarang ini. Menu buka puasa berbagai daerah sangat beragam, dengan cita rasa masing-masing yang kelezatannya tak diragukan lagi.

Indonesiatraveler.id merangkum berbagai menu khas buka puasa dari berbagai daerah. Menu favorit yang selalu diincar banyak orang ketika Ramadhan tiba. Yuk, simak!

Kolak

Kolak jadi menu favorit sejuta umat! Inilah takjil favorit masyarakat Indonesia. Hampir semua daerah selalu menyajikan kolak. Rasanya manis dan legit dengan isian yang beragam.  Ada kolak pisang, ubi, labu, kolang kaling, biji salak (yang terbuat dari campuran ubi jalar dan tepung), pacar cina dan lainnya, dengan kuah santan kelapa. Semangkuk kolak sebagai pembatal puasa dapat mengembalikan energi yang terkuras setelah seharian berpuasa.

Bubur Kampiun

Berbuka puasa diawali dengan menu bubur kampiun, jadi pilihan yang tepat. Makanan khas asal Bukittinggi, Sumatra Barat ini, terbuat dari campuran beberapa bubur, seperti sumsum, kacang hijau, candil, kolak pisang atau ubi, kolang kaling dan ketan. Campuran ini lalu disiram kuah santan yang dicampur gula merah cair. Bubue Kampiun memiliki rasa yang sangat khas, lezat dan gurih!

Menu Buka Puasa, Ketan Bintul

Ketan Bintul

Kentan Bintul merupakan menu makanan khas asli dari Serang, Banten. Setiap mulai memasuki bulan puasa, sajian khas Ketan Bintul ini jadi salah satu takjil favorit. Makanan berbahan baku nasi ketan yang ditumbuk dan disajikan dengan taburan serundeng dan kuah rendang daging sapi ini sangat lezat dan gurih rasanya. Konon, Ketan Bintul dahulu kala merupakan makanan kesukaan raja-raja Banten.

Menu Buka Puasa, Kicak/sajiansedap

Kicak

Setiap kali memasuki bulan Ramadhan, warga Yogyakarta selalu menantikan menu masakan Kicak, kudapan yang hanya dijual saat Ramadhan, yang bisa diburu di pasar sore Ramadhan Kampung Kauman. Kicak terbuat dari nasi ketan yang ditumbuk halus, kemudian dicampur dengan gula, parutan kelapa, santan, daun pandan, serta potongan buah nangka sebagai pelengkap. Rasanya manis dan gurih tentu saja sangat lezat dan pas untuk menu buka puasa.

Bongko Kopyor

Bongko Kopyor merupakan makanan khas warga Gresik, terutama untuk menu buka puasa. Makanan yang hanya bisa ditemukan selama bulan Ramadan ini, merupakan campuran dari tepung terigu, potongan roti tawar, serutan kelapa muda, santan, pisang, nangka, dan bubur mutiara. Bahan-bahan tersebut kemudian dibungkus daun pisang dan dikukus hingga matang.

Menu Buka Puasa, Jongkong

Jongkong

Jongkong adalah makanan khas Lampung yang tidak pernah absen ketika Ramadhan tiba. Hampir mirip dengan bubur sumsum, Jongkong memiliki rasa yang manis, gurih, campuran antara rasa santan dengan cairan gula merah. Bubur jongkong ini juga kuliner warisan Tionghoa yang selalu diincar selama bulan puasa.(Nil)