Menikmati Keindahan Air Terjun Jeongbang Jeju Island

Satu-Satunya Air Terjun yang Airnya Jatuh Langsung ke Laut

Menikmati Keindahan Air Terjun Jeongbang Jeju Island
Pemandangan Keseluruhan Air Terjun Jeongbang dari Atas

Air Terjun Jeongbang adalah air terjun yang terkenal di Pulau Jeju, merupakan salah satu dari 3 air terjun terbaik di Pulau Jejudo.  Masih ada dua air terjun lagi di kawasan ini yaitu Air Terjun Cheonjiyeon dan Air Terjun Cheonjeyeon, namun, Air Terjun Jeongbang merupakan satu-satunya air terjun yang airnya jatuh langsung ke laut.  Sehingga kondisi ini menciptakan keunikan tersendiri yang seru untuk dinikmati.

Menikmati Keindahan Air Terjun Jeongbang Jeju Island
Air Keluar dari Dua Aliran Utama

Air Terjun Jeongbang memiliki tinggi kira-kira 23 meter dengan 2 aliran air terjun, yang keduanya keluar dari tebing hitam.  Suasana ini menciptakan suara yang mendebarkan serta pemandangan yang indah dan menakjubkan.  Air yang mengalir deras keluar dari tebing yang sangat tinggi ini, jatuh ke bebatuan yang ada dibawahnya, dimana batu-batuan ini terletak di pinggir pantai yang kemudian air tersebut mengalir bebas ke laut.  Posisi air terjun ini memang menempel ke laut.  Sehingga proses jatuhnya air lalu masuk ke laut dalam hitungan detik.  Saat tingkat curah hujan tinggi, debit air terjun ini pun juga besar, bahkan lebar air terjun bisa mencapai 8 meter.  Sehingga suara gemuruh air jatuh begitu membahana.

Menikmati Keindahan Air Terjun Jeongbang Jeju Island
SIsi Lain Menikmati Panorama Alam Sekitar Air Terjun

Air Terjun Jeongbang bersumber dari aliran Donghong-chun.  Lokasi air terjun ini terletak di dekat Seogwipo.  Objek wisata ini merupakan tempat yang cukup populer di Korea Selatan, terutama di Jeju Island ini.  Air terjun ini beralamat di 278 Donghong-dong Seogwipo, Jeju, Korea, sangat mudah diakses dari kota, hanya membutuhkan waktu sekitar satu jam perjalanan dengan mobil.  Jika ingin menggunakan transportasi umum, Traveler dapat memilih kendaraan Bus Antar Kota dengan nomor 780 atau 730 menuju Seogwipo, lalu turun di Dongmun Rotary.

Setelah membeli tiket masuk, Traveler tinggal mengikuti jalan yang memang sudah tersedia disana, berupa jalan setapak menuju air terjun.  Yah, dari pintu loket, akan banyak anak tangga yang harus dilewati dengan kondisi perjalanannya menurun.  Tangganya mulus dan aman, apalagi di sepanjang tangga terdapat pagar pembatas kanan dan kiri sehingga memudahkan Traveler dalam menuruni anak tangga ini.  Namun tetap harus hati-hati, karena tangga yang menuju ke air terjun ini jadi licin saat basah, jadi kenakan sepatu bersol karet yang bagus untuk keselamatan dan selalu perhatikan langkah kaki.

Menikmati Keindahan Air Terjun Jeongbang Jeju Island
Kucuran Airnya Sangat Deras Menghasilkan Suara Keras

Keindahan Air Terjun Jeonbang juga bisa dinikmati dari ketinggian ini, yakni sebelum Traveler menuruni anak-anak tangga.  Dari posisi atas ini, Traveler sudah dapat melihat pemandangan indah di depan mata.  Birunya lautan Jeju lengkap dengan putihnya buih ombak.  Serta yang sangat menakjubkan yaitu panorama air terjun dimana air mengalir meluncur deras dari atas tebing menuju kolam kecil di bawahnya, sebelum kemudian mengalir melalui bebatuan menuju laut.   Sungguh keindahan yang tiada tara!   Traveler dapat mengambil pemandangan ini dalam beberapa frame secara utuh.

Dengan suasana lingkungan yang menyenangkan, sangat asri  karena masih banyak pepohonan di pinggir tangga, menjadi perjalanan ini terasa begitu mengasyikkan.  Terutama ketika berlibur saat musim panas, perjalanan ini menjadi teduh karena dilindungi oleh pohon-pohon sekelilingnya.  Juga ada beberapa kursi yang dimanfaatkan untuk istirahat sejenak ketika lelah berjalan.

Setelah sampai di dasar anak tangga buatan, untuk mendapatkan bidikan yang bagus di depan air terjun, Traveler harus berjalan dengan hati-hati di bebatuan yang mengarah ke kolam di dasar air terjun.   Bebatuan ini agak licin.  Karena posisi yang dituju cukup bagus untuk mengabadikan keindahan air terjun ini, sehingga banyak orang mengincar ke area ini untuk berfoto.  Akan banyak antrian untuk bisa berfoto disini.

Menikmati Keindahan Air Terjun Jeongbang Jeju Island
Saat Musin Hujan, Lebar Air Terjun Mencapai 8 meter

Air Terjun Jeongbang  buka dari pagi hingga sore hari. Tiket masuknya pun cukup terjangkau.  Aktifitas berenang tidak disarankan di area kolam air terjun ini, tetapi untuk tetap bisa menikmati segarnya air, Traveler dapat menyeberang menikmati aliran air, atau bermain-main air di pinggir kolam jatuhnya air.

Nah, siap ke Jeju Island menikmasti sensasi lain di Korea Selatan?  Destinasi wisata Air Terjun Jeongbang bisa jadi pilihan!(Niel)