Menikmati Keindahan Pantai Sari Ringgung, Lampung

Pantai Sari Ringgung pun menyajikan panorama yang mengesankan serta fasilitas yang sangat mengasyikkan.

Photo by Indonesiatraveler.idPhoto by Indonesiatraveler.id
Photo by Indonesiatraveler.id

Menghabiskan waktu ke Pantai Sari Ringgung memang seru. Lokasinya tidak terlalu jauh dari kota Bandar Lampung kurang lebih 14 km, menempuh perjalanan dari kota Bandar Lampung hampir 40 menit. Pantai Sari Ringgung pun menyajikan panorama yang mengesankan serta fasilitas yang sangat mengasyikkan. Lokasi yang menarik seperti Puncak Indah, Pasir Timbul serta rekreasi wahana air lainnya.

Spot yang paling sangat favorit yaitu Pasir Timbul, merupakan pasir yang terbentuk secara alami berada di tengah lautan. Objek wisata bahari Pasir Timbul demikian orang menyebutnya. Untuk mencapai tempat ini, hanya membutuhkan waktu sekitar 15-25 menit dengan menggunakan perahu kecil. Nelayan setempat yang beralih profesi menyewakan perahunya, dengan kapasitas 10-15 orang, siap mengantar ke tempat tujuan. Traveler bisa sepuasnya menikmati wahana pasir timbul di sini tanpa adanya keterikatan waktu. Dan di pinggir Pasir Timbul terdapat dermaga yang digunakan sebagai lokasi Cafe D’Apung, keren banget buat spot pemotretan.

Photo by Indonesiatraveler.id
Photo by Indonesiatraveler.id

Pantai sari Ringgung yang menyajikan keindahan pantainya, dengan hamparan pasir putih yang sangat luas serta intensitas ombak pantai yang relatif kecil, menjadi lokasi bermain anak-anak dan keluarga. Pantai ini juga menyediakan fasilitas lapangan Futsal pantai yang bisa digunakan untuk berolahraga. Untuk sarana permainan keluarga lainnya, tersedia failitas yang sangat menarik pengunjung dengan pemandangan yang menyejukkan mata, yaitu adanya bukit-bukit hijau. Nah, dipantai ini juga banyak arena permainan air, salah satunya bermain Tong Air Tumpah yang aman untuk keluarga. Selain itu, berbagai wahana permainan air seperti kano, banana boat, sped boat, sampai jet ski terdapat di pantai ini.

Jangan lupa untuk singgah ke Mesjid yang ada di Pantai Sari Ringgung ini, Mesjid Terapung Al Aminah. Keunikan mesjid ini adalah, sesuai dengan namanya, mesjid ini benar-benar terapung di lautan. Diantara deretan keramba yang tersebar di kawasan Pantai Ringgung, tersembul sebuah masjid yang juga terapung disana. Masjid Terapung Al Aminah menggunakan sistem keramba. Sewaktu-waktu masjid ini bisa saja bergerak mengikuti gelombang. Masjid ini terbuat dari kayu papan yang dibentuk dengan sangat unik dan sederhana.

Photo by Indonesiatraveler.id
Photo by Indonesiatraveler.id

Spot keindahan lainnya lagi yang disajikan di Pantai Sari Ringgung ini adalah, bermain di Pulau Tegal. Bagi warga yang tinggal di sekitar kawasan objek wisata pantai, keseruan menghabiskan waktu di Pulau Tegal jadi salah satu destinasi favorit juga. Pulaunya kecil, agar bisa sampai ke pulau yang masih alami ini, harus menyewa jukung ( perahu ) yang ada di dermaga Ringgung. Perjalanan ditempuh kurang lebih 25 menit dari dermaga Ringgung agar bisa sampai di pulau tanpa sekolah ini. Perahu bisa menampung penumpang maksimal 20 orang sekali jalan. Sesampainya di Pulau Tegal sudah langsung dapat menikmati keindahan pulau ini. Pemilik perahu akan menjemput pada sore harinya. Jadi, traveler bebas bermain sepuasnya.

Lokasi Pantai Sari Ringgung yang terletak di desa Sidodadi kecamatan Padang Cermin Kabupaten Lampung ini, sangat mudah ditempuh karena perjalanannya yang mulus. Dari Bandar Lampung, Traveler menuju ke daerah Padang Cermin, Pesawaran. Melewati banyak pantai di sana, juga rambu petunjuk jalan. Ketika sampai di pantai Mutun, masih akan membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk menemukan plang bertuliskan, “Selamat Datang di Pantai Sari Ringgung”.

Jika ingin menaiki angkutan umum, pilih bus travel seperti bus Damri, ojek, ataupun angkutan pedesaan lainnya. Khusus bus Damri, biasanya bus ini berangkat jam 6 pagi, jadi jangan sampai ketinggalan yah!

Photo by Indonesiatraveler.id
Photo by Indonesiatraveler.id

Pantai Sari Ringgunng buka pukul 06.00 hingga pukul 17.00 sore. Dengan demikian pengunjung dapat berlama-lama menikmati keindahan pantai ini. Tiket yang dibandrol pun cukup terjangkau untuk semua kalangan!(Nil)