Menikmati Keindahan Taman dan Pantai Prigi, Trenggalek

Ombak Pantainya Tenang

Pantai Prigi
Hamparan Pasir Pantainya yang Memikat

Pantai Prigi adalah pantai yang terletak di pesisir selatan tepatnya di tepi Samudera Indonesia.  Dari letak administratif, pantai ini masuk wilayah Desa Tasimadu, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, Indonesia. Dari pusat Kota Trenggalek berjarak sekitar 48 kilometer.  Di wilayah ini terdapat objek wisata pantai yang indah dan menarik perhatian para wisatawan lokal maupun asing, yaitu Pantai Prigi.  Pantai ini masih asri, dengan pepohonan yang tumbuh di tepiannya. Panorama pantai ini semakin memikat dengan ada perbukitan yang mengelilingi pantai ini, berwarna hijau kebiruan dari kejauhan. Tampak pohon kelapa  tumbuh tinggi menjulang di berbagai sudut. Keberadaannya benar-benar membuat suasana pantai menjadi semakin khas.

Rute yang harus di tempuh yaitu dari pusat kota menuju arah timur ke Jalan Dusun Tanggung, ikuti saja arus jalan menuju Jalan Raya Bandung – Prigi.  Nanti akan melewati Watoelimo, lalu tetap jalan lurus ke depan. Setelah itu Traveler akan melewati pos polisi Gemaharjo, tetap terus ikuti jalan menuju Jalan Raya Pantai Prigi.  Jika sudah sampai di Jalan Raya Pantai Prigi, berarti Traveler sudah sampai pada tujuan. Namun, dari Jalan Raya Pantai Prigi diperlukan waktu sekitar enam menit saja menggunakan kendaraan beroda dengan jarak tiga kilo meter.

Pantai Prigi
Air Lautnya yang Jernih dan Bergradasi

Luasnya hamparan pasir di Pantai Prigi, menciptakan suasana yang menenangkan ditambah lagi dengan udara sekitar yang menyegarkan, membuat wisatawan betah berlama-lama di pantai ini.  Hal ini juga yang menjadi daya tarik utama pantai ini.  Pantai dengan pasirnya berwarna cokelat, lembut dan bersih sejauh mata memandang, membawa ketenangan bagi siapapun yang berjalan di atasnya.   Tak sedikit pula pengunjung yang memilih berjalan santai atau bermain di atas pasir.

Pantai yang indah dengan ombak tenang menjadikan alasan utama untuk mengunjungi pantai ini. Air lautnya pun jernih, dengan gradasi warna biru membuat siapapun akan terlena. Ditambah irama alam nan merdu, deburan ombak-ombak kecil yang menjadi musik pengiring langkah menyusuri pantai. Benar-benar terasa segar menyejukkan. Traveler akan semakin terhibur karena kawasan pantai sudah ditata dengan sangat baik.

Selain menikmati keindahan pantai dan lautnya, Traveler dapat juga menikmati wahana perahu dengan biaya yang tidak mahal.  Dari tepi pantai, tampak perahu – perahu nelayan yang berlayar di lautan. Beberapa sudah bersandar di tepi pantai, yang juga siap membawa Traveler untuk menikmati lautan.  Yang membuat wisatawan berani ikut menikmati wahana perahu mengarungi lautan, atau bermain air dan berenang di pantai, karena ombak Pantai Prigi sangat bersahabat. Tidak terlalu tinggi, bahkan relatif tenang.  Meskipun relatif aman, namun Traveler tetap harus berhati – hati, dan selalu mentaati batas – batas aman pantai yang sudah ditetapkan oleh pengelola.

Pantai Prigi
Kapal-Kapal Perahu Siap Mengajak Keliling Laut, Photo by JohanSurya

Perahu – perahu ini unik, bercadik dan memiliki warna yang cerah. Akan tampak menyala saat dilihat dari kejauhan. Traveler dapat mendekati perbukitan yang ada di hadapan pantai. Dan tentunya, sekaligus meminta nelayan untuk mengambilkan foto dengan latar belakang bukit dan lautan.

Selepas mengarungi lautan, pengunjung dapat berbelanja ikan. Karena di sini termasuk tempat pelelangan ikan atau pelabuhan perikanan nusantara terbesar di Pulau Jawa. Serunya lagi, ikan-ikan yang dijual masih sangat segar. Bahkan, ada juga ikan dan aneka hidangan laut yang dijual matang dan dapat langsung dicicipi.

Taman dan Panggung 360 Derajat Di Pantai Prigi

Tersedotnya banyak wisatawan yang mengunjungi Pantai Prigi, membuat pengelola semakin ingin memanjakan wisatawan.  Selain pesona pantai ini yang menjadi daya tarik, di Pantai Prigi juga dibangun taman indah dengan panggung 360 derajat. Panggung ini berfungsi sebagai arena pementasan seni dan budaya sekaligus menghibur pengunjung.

Pantai Prigi dan Taman 360 Derajat
Jalur Trekking dan Joging yang asyik…

Tamannya keren, dibuat dengan konsep milenial yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung yang memudahkan wisatawan. Uniknya keberadaan gazebo-gazebo dari kayu jati serta bangku – bangku taman yang ditempatkan di beberapa sudut.  Hal ini meringankan dan memudahkan wisatawan untuk dapat beristirahat sejenak.

Juga ada jalan setapak yang dibuat dari paving, untuk trekking santai atau olahraga jogging.   Dengan tumbuhnya bunga-bunga serta rerumputan yang ditanam begitu rapi, juga hijaunya pohon-pohon nan rindang, menjadi kolaborasi utuh menciptakan keindahan alam nan cantik dan mempesona.  Sangat asri terlihat dan taman ini dapat menjadi alternatif pengunjung jika lelah bermain di pantai.(Niel)