Menikmati Panorama Alam Curug Cijalu

Berada diantara Hijaunya Pepohonan nan Rimbun

Menikmati Panorama Alam Curug Cijalu
Berdiri megah diantara hijaunya pepohonan

Curug Cijalu adalah air terjun yang indah yang berada di lereng Gunung Burangrang di Subang Selatan. Wisata air terjun ini berada dalam kawasan cagar alam Gunung Burangrang.  Tak heran, kawasan air terjun ini menyajikan suasana yang sejuk, tenang dengan panorama alam yang indah menawan. Tak hanya curug, bentang alam di sekitar curug juga tak kalah mempesona. Tempat ini bisa menjadi alternatif liburan keluarga untuk kembali ke alam, menyatu dan akrab bersama alam semesta.

Menikmati Panorama Alam Curug Cijalu
Ketinggian air mencapai 70 meter

Nama Air Terjun Cijalu, menurut warga sekitar diyakini berasal dari kedatangan pendekar yang kemudian menetap di sana. Ci atau ‘cai’ berarti air, dan ‘jalu’ berarti lelaki.  Untuk menuju lokasi curug ini, dari tempat parkir harus berjalan kaki sejauh 300 meter.  Trekking iiini dapat dibilang cukup mudah, meskipun perjalanannya dihiasi bebatuan dan berundag-undag.  Suguhan keindahan alam sekitarnya, menjadi semangat untuk tetap segera sampai ke lokasi air terjun.

Air Terjun Cijalu memiliki ketinggian curahan air terjun mencapai 70 meter, sehingga penampilan curug ini terkesan gagah dan mengesankan.  Tingginya air jatuh ke bawah, menciptakan percikan-percikan yang dapat terbawa angin dan bisa dirasakan meskipun dari jauh.  Yah, tumpahan air terjun ini mengalir cukup deras, membelah bukit di kawasan Gunung Burangrang.  Tumpahan air terjun ini jatuh ke kolam yang berada dibawah yaitu bagian dasar air terjun.

Menikmati Panorama Alam Curug Cijalu
Airnya dingin menyegarkan

Di kolam ini, Traveler dapat menikmati kesegaran air yang cukup dingin ini. Kegiatan ini dapat dijadikan relaksasi, menceburkan diri ke dalam kolam lalu merasakan sensasi yang menyegarkan menyatu dengan dinginnya air.  Melepaskan kepenatan sesaat.  Ditambah dengan kicauan burung-burung bernyanyi tiada henti, membuat suasana curug yang terletak di ketinggian 1.300 mdpl ini, sangat terasa sekali alaminya.  Dari ketinggian ini, ketika cuaca cerah, Traveler dapat melihat Kota Subang, Purwakarta dan Waduk Jatiluhur.

Menikmati Panorama Alam Curug Cijalu
Perjalanan menuju curug, Photo by @lamhotsagala70

Banyak mitos berkembang di kawasan Curug Cijalu ini, salah satunya adalah mandi di curug agar segera dapat jodoh. Meskipun penduduk setempat tidak dapat memastikan mitos ini, namun sebagian yang datang masih mempercayainya.  Sehingga tak heran, saat liburan kawasan ini ramai dikunjungi dan mereka pun selalu menyempatkan diri untuk mandi dibawah air terjun ini.

Wana wisata air terjun ini berada di Desa Cipancar, Kec. Serangpanjang, Kabupaten Subang, Jawa Barat.  Tepatnya terletak di perbatasan Purwakarta dan Subang Selatan. Curug ini berjarak sekitar 37 kilometer dari Kota Subang, atau 63 kilometer dari Bandung, sementara dari Purwakarta berjarak sekitar 40 kilometer.  Untuk mencapai lokasi Curug Cijalu, Traveler dapat menempuh jalan raya Wanayasa – Cagak, lalu memasuki gerbang Kawasan Wisata Cijalu. Setelah itu masih harus menyusuri jalan desa sekitar 3 km. Dalam perjalanan ini, Traveler akan dimanjakan dengan suasana pedesaan dan hamparan perkebunan teh yang selalu menyambut tamu yang datang ke wilayah ini.(Rafa)