Menyusuri Keindahan Pulau Panjang, Jepara

Suasananya Asri dan Menyejukkan

Menyusuri Keindahan Pulau Panjang, Jepara
Menikmati Hamparan Pantai Pasir Putih, Photo by @vindrimardias

Pulau cantik ini merupakan sebuah pulau yang terletak di Jepara yang memiliki luas sekitar 19 hektar.  Objek wisata ini berlokasi di Ujungbatu, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Untuk mencapai pulau ini, aksesnya sangat mudah, Traveler hanya perlu menyeberang dari Pantai Kartini atau Pantai Bandengan dengan memakan waktu perjalanan sekitar 25 menit.

Unik dan khasnya pulau ini yaitu memiliki pantai yang berwarna sangat putih, hal ini sangat kontras sekali dan berbeda dengan pantai-pantai lainnya di sekitar pulau ini yang cenderung memiliki pantai berwarna agak hitam.  Yah, selain keindahan pantai putihnya serta terbuai dengan deburan ombaknya, tempat ini seringkali dijadikan tempat berkemah.  Alamnya yang begitu indah, dipenuhi dengan pepohonan hijau nan asri berdamai dengan lautan biru nan jernih, membuat siapa pun yang datang ke tempat ini betah berlama-lama disini.  Panorama alam inilah yang menjadi daya tarik utama wisatawan mengunjungi Pulau Panjang ini.

Menyusuri Keindahan Pulau Panjang, Jepara
Jalan setapak dengan keteduhan di bawah pohon, Photo by @eka_astuti16

Pulau Panjang bukanlah pulau berpenghuni, disana hanya ada para penjaja makanan dan aksesoris yang menghuninya. Meski demikian, harga tiket masuk ke pulau ini terbilang tidak terlalu mahal.  Traveler dikenai biaya masuk pulau serta tarif penyeberangan dengan perahu yang cukup terjangkau.  Namun, jika Traveler berniat menginap atau kemping di Pulau Panjang ini, tarif perahu yang dikenakan menjadi dua kali lipat, karena operator perahu akan bolak balik datang untuk menjemput kembali.

Saat menyeberang menuju Pulau Panjang, deburan ombak cukup tenang menghantar perjalanan ini.  Begitu semakin mendekati pulau unik ini, tampak warna air laut semakin biru dan sangat jernih.  Tak heran, dari atas perahu, Traveler dapat menyaksikan keindahan alam bawah laut yang begitu mempesona, beragam model batuan karang serta indahnya warna warni aneka ikan hias yang hilir mudik di dalam perairan ini.  Jernihnya air laut ini juga dapat dinikmati dari atas dermaga Pulau Panjang.

Menyusuri Keindahan Pulau Panjang, Jepara
Kecantikan alam bawah lautnya, Photo by @yudhi_tugubeton

Begitu sampai di pulau, suasana asri yang cukup menyejukkan menyambut para wisatawan. Pulau kecil ini memang tidak berpenghuni, namun disini banyak berdiri warung-warung yang menjual makanan dan minuman, juga ada toko souvenir, yang menjual khusus buah tangan dari pulau ini.  Objek wisata ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap, selain banyaknya warung jajanan dan toko souvenir, musholla dan toilet sudah tersedia disini.

Indahnya alam bawah laut serta ombak di sekitar Pulau Panjang tidak terlalu besar, menjadikan tempat ini aman untuk melakukan kegiatan snorkeling. Dari perairan yang dangkal di tepi pantai, Traveler sudah dapat menyaksikan keindahan bawah lautnya, dengan terumbu karang dan bebatuan bawah laut serta banyak ikan-ikan cantik yang berkeliaran kesana kemari.

Menyusuri Keindahan Pulau Panjang, Jepara
Gerbang Masuk ke Pulau Panjang

Pulau Panjang memiliki luas yang tidak terlalu lebar, sehingga Traveler dapat mengeliling pulau ini dengan tidak memakan waktu banyak.  Yah, kurang lebih memakan waktu satu jam, panorama keindahan sekeliling pulau ini sudah dapat dinikmati.  Apalagi, sudah tersedia fasilitas jalan setapak dari paving.  Meskipun jalan setapak, tapi jalan ini cukup lebar dan bisa digunakan berjalan untuk dua sampai tiga orang beriringan.  Disini juga ada penyewaan sepeda, sehingga jika enggan berjalan kaki, Traveler dapat mengelilingi Pulau Panjang sambil bersepeda.  Objek wisata ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap, selain banyaknya warung jajanan dan toko souvenir serta jalan setapak, musholla dan toilet juga sudah tersedia disini.(Raditya)