Pantai Tanjung Papuma, Eksotismenya Begitu Dalam

Memiliki batu karang yang menyerupai pulau kecil

Pantai Tanjung Papuma, Eksotismenya Begitu Dalam
Bukit yang menjadi ikonik di Pantai Tanjung Papuma

Yuk, berwisata ke kota Jember, dan jangan lupa mampir untuk menikmati keindahan Pantai Tanjung Papuma-nya.  Yah, kehadiran Pantai Tanjung Papuma membuat wisatawan yang datang kesini sulit melupakannya.  Eksotis dan penuh daya pikat, pantai yang letaknya agak menjorok ke laut ini begitu unik.  Keberadaan karang-karang dan ombak besarnya, menjadi pemikat tersendiri yang begitu menakjubkan.  Pantai ini juga memiliki pasir putih yang cantik dan menawan.  Udara disekitarnya pun begitu menyejukkan, berasal dari perbukitan disekeliling pantai.

Pantai Tanjung Papuma, Eksotismenya Begitu Dalam
Menikmati pasir putih pantai nan bersih, Photo by @ziporasetyati

Pantai Tanjung Papuma memiliki tujuh batu karang yang menyerupai sebuah pulau kecil. Dan enam diantaranya memiliki nama, hanya satu batu karang yang tak bernama. Yah, batuan karang memang menjadi ciri khas dari Pantai Tanjung Papuma ini, apalagi ketika laut surut, karang-karang akan tampak semakin jelas, menonjolkan sisi eksotis yang siap dipuji!  Pantai ini pun memiliki banyak nama, antara lain Pulau Narada, Pulau Batara Guru, Pulau Kajang, Pulau Kresna, serta Pulau Nusa Barong.  Juga satu pulau terluar yang sangat unik bentuknya, yaitu Pulau Kodok yang memang dari bentuknya seperti kodok raksasa bertengger di tengah laut.

Sungguh, begitu nikmat sekali berjalan-jalan sepanjang Pantai Tanjung Papuma ini, menikmati keindahan dataran karangnya, sembari sesekali bercanda dengan sapuan ombak laut selatan.  Tak lupa mengabadikan moment-moment keseruan ini yang dapat menghasilkan gambar menakjubkan.

Pantai Tanjung Papuma, Eksotismenya Begitu Dalam
Ombaknya tidak ramah untuk berenang

Nama Pantai Papuma merupakan akronim dari pasir putih malikan.  Hati-hati terhadap ombak-ombak besar disini.  Karena seringkali memakan korban jiwa.  Memang, sebaiknya ombak-ombak di Pantai Tanjung Papua ini cukup dinikmati melalui pandangan mata atau memfotonya sebagai kenang-kenangan. Sangat tidak dianjurkan untuk berenang di kawasan Pantai Papuma ini.

Inilah Pantai Papuma, pantai yang cantik yang memiliki hamparan pasir putih yang mengkilat saat terkena cahaya mentari.  Di pantai ini juga Traveler akan terpukau saat menikmati sunsetnya. Ketika keindahan alam terpancar pada saat langit-langit mulai menguning, terkena pantulan mentari yang mulai malu-malu mendekati peraduannya. Selain itu, Pantai Papuma ini juga terkenal dengan tanjung-tanjungnya yang eksois dan menjadi daya tarik bagi para pengujung, baik domestik maupun internasional.   Terutama bagi pemburu photo alam.  Jangan lupa, saat berkunjung ke Pantai Papuma ini, cobalah untuk menaiki Siti Inggil, yaitu salah satu tempat berbentuk bukit yang didesain khusus untuk para pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam Pantai Papuma lebih luas lagi. Tempat ini juga menjadi salah satu inceran untuk dijadikan center dalam pemotretan.

Pantai Tanjung Papuma, Eksotismenya Begitu Dalam
Eksotisme sunset di Pantai Tanjung Papuma

Pantai Papuma beralamatkan di Jalan Tanjung Papuma, Area Kebun, Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember, Jawa Timur.  Untuk sampai ke lokasi ini, Traveler akan menempuh jarak sekitar 40 kilometer dari Stasiun Jember, dengan memakan waktu kurang lebih 1 jam 15 menit dengan menggunakan kendaraan mobil atau motor.(Adhit)