Sensasi Menginap di Penginapan Terapung

Keindahan Alamnya Merupakan Keajaiban yang Mempesona

Sensasi Menginap di Penginapan Terapung
Papua Paradise Eco Resort, Photo by @papuaparadisecoresort

Menikmati liburan tidak harus berjalan-jalan mengelilingi objek wisata yang dituju.  Adakalanya, liburan santai di hotel sambil menikmati panorama sekitarnya, juga menjadi keasyikkan tersendiri yang tak kalah serunya.  Apalagi menginap di atas laut dengan sajian keindahan alamnya yang begitu mempesona.  Tidak harus keluar negeri, di Indonesia pun hal itu banyak ditemui.  Yah, menikmati penginapan terapung dengan suasana bak surga duniawi, menjadi pilihan dalam mendapatkan sensasi liburan yang berbeda.

Berikut ini, www.indonesiatraveler.id merangkum 5 penginapan terapung yang asyik dan seru untuk dicoba keseruannya!

Papua Paradise Eco Resort, Raja Ampat

Papua Paradise Eco Resort terletak di Raja Ampat.  Resort yang didesain oleh arsitek lokal ini memiliki beranda yang sangat luas yang menghadap langsung ke Samudera Pasifik.  Traveler yang mengidamkan liburan yang tenang serta terjaga privasinya, sangat pas untuk menempati resort ini.  Apalagi disekelilingi pemandangan alam yang sangat indah dan menakjubkan sekaligus keindahan alam bawah lautnya yang memukau.

Sensasi Menginap di Penginapan Terapung
Menikmati Sunset di Papua Paradise Eco Resort

Papua Paradise Eco Resort merupakan penginapan yang menawarkan sensasi menginap di kamar yang terapung. Sebuah surga bagi Traveler penyuka menyelam atau cuma sekedar berlibur mencari ketenangan dan kedamaian.   Terletak di Pulau baranta Raja Ampat dan dikelilingi batu karang. Untuk menikmati sunset, Traveler cukup keluar kamar sesaat, berjemur bersama matahari sore hingga langit berganti warna.

Cubadak Resort, Sumatera Barat

Lokasi Pulau Cubadak terlindung oleh teluk. Posisi ini yang membuat kawasan Cubadak Resort aman dari arus angin kencang dan kuatnya arus Samudera Hindia. Karena itulah perairan pulau ini sangat tenang dan pengunjung dapat aman dan nyaman menikmati keindahan pantainya. Secara geologi, dahulu Pulau Cubadak ini adalah kawasan kawah, sehingga kekayaan bawah laut sekitar pulau begitu melimpah. Aneka jenis terumbu karang dan biota laut sangat mudah ditemukan.  Keindahan alam bawah lautnya ini merupakan surga bagi para penyelam, baik penyelam lokal maupun mancanegara.

Sensasi Menginap di Penginapan Terapung
Cubadak Resort, photo by @sri_ratnasari_dewi

Pulau Cubadak yang merupakan pulau dengan keindahan alami di lepas pantai Padang ini,  sangat sesuai bagi Traveler yang mendambakan liburan tenang penuh suasana damai.  Pulau ini terletak di kecamatan Kotosi Tarusan yang berlokasi di sebelah barat Kampung Mandeh ini, memiliki panorama alam yang sangat indah dengan pasir putihnya yang bersih. Selain itu, pulau ini juga memiliki beberapa teluk, batu dan tanjung disekitarnya.  Keistimewaan ini membuat pulau ini dijuluki The Paradise of the South oleh wisatawan Eropa.

Wisma Apung, Karimun Jawa

Wisma Apung Karimun Jawa merupakan penginapan yang menawarkan sensasi menginap di atas laut.  Yah, bagi Traveler yang mendambakan wisata eksotis bernuansa laut, Karimun Jawa yang merupakan sebuah kepulauan yang berada di Laut Jawa dan masih termasuk dalam wilayah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah ini, siap menyajikan keseruan liburan yang mengasyikkan.

Sensasi Menginap di Penginapan Terapung
Wisma Apung di Karimun Jawa

Dengan menginap di Wisma Apung Karimun Jawa ini, selain sudah dilengkapi fasilitas kamar yang memadai seperti AC, ranjang yang nyaman, serta kamar mandi, di Wisma Apung juga sudah disediakan restoran dengan menu-menu masakan laut alias seafood. Di sana juga ada kolam penangkaran hiu jinak yang bebas dikunjungi oleh para pengunjung. Nah, bagi Traveler yang ingin menguji nyali pun bisa menjajal berenang bersama dengan hiu-hiu jinak yang ada di sana.

Maratua Paradise Resort, Berau

Menikmati keindahan di Kepulauan Derawan, menjadi satu moment yang sangat menakjubkan.  Betapa tidak, kepulauan ini merupakan salah satu surganya Indonesia yang berlokasi di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Keindahannya telah diakui terutama adalah wisata bawah laut yang menjadi tujuan utama para turis lokal maupun mancanegara. Nah, agar liburan semakin seru, cobalah menginap di Maratua Paradise Resort, dengan keunikan yang khas yaitu laiknya rumah adat khas Kalimantan yang terapung di atas laut.

Sensasi Menginap di Penginapan Terapung
Akomodasi mewah di Maratua Paradise Resort, Berau, Photo by @maratuaDotCom

Maratua Paradise Resort merupakan akomodasi mewah yang dibangun di Pulau Maratua, salah satu pulau terluar di Kepulauan Derawan.  Resort ini pun telah menjadi salah satu ikon pariwisata populer di Kepulauan Derawan. Akses menuju Maratua Paradise Resort dapat ditempuh dengan speedboad dalam waktu satu jam dari Derawan.

Traveler akan mendapatkan pengalaman yang berbeda dan mengesankan, apalagi saat mendengar suara deburan ombak yang menenangkan. Dari jendela kamar tampak pemandangan laut luas yang berwarna biru indah. Resort ini terdapat dua jenis villa, dibedakan berdasarkan letaknya di wilayah daratan atau di atas laut.  Pastinya, yang paling seru diatas laut.  Penginapan terapung yang menciptakan sensasi berlibur yang begitu mengesankan!

Private Island Resort, Riau

Private Island Resort merupakan penginapan yang berkonsep rumah panggung pedesaan, yang terletak di Pantai Telunas yang dekat dengan perbatasan Singapura. Tepatnya terletak di Pulau Sugi yang bersebelahan dengan Pulau Batam, yang masuk dalam Kecalatan Moro, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau.

Setiap vila dirancang khusus untuk memberi kenyamanan maksimal bagi para tamu.  Area ruang duduk sengaja dilengkapi dengan jendela-jendela lebar agar Traveler dapat menikmati pemandangan sekitar Kepulauan Sugi. Eksotis dan sangat klasik.

Sensasi Menginap di Penginapan Terapung
Mencari ketenangan di Private Island Resort Pangtau Telunas, Photo by @telunas_resort

Disini, Traveler akan mendapatkan ketenangan dan kenyaman karena pulau ini terpencil dan sepi pengunjung. Alamnya begitu memanjakan dengan pasir pantainya yang begitu putih nan halus, serta laut biru yang sangat bening bak kristal.  Traveler juga dapat melakukan kegiatan berselancar, snorkeling atau menyusuri hutan bakau dan kembali menginap di rumah panggung di atas laut. Sunset dan sunrise nya juga sangat menakjubkan!

Untuk berkunjung ke Pantai Telunas ini, Traveler harus menggunakan kapal umum yang berangkat dari Karimun hingga Kemoro yang memakan waktu sekitar 40 menit. Bisa juga menggunakan speed boat yang hanya membutuhkan waktu sekitar 25 menit.(Raditya)