Misteri dan Keseruan di Air Terjun Dolo, Kediri

Undakan-Undakan jadi Ciri Khasnya

Misteri dan Keseruan di Air Terjun Dolo, Kediri
Air Terjun yang mengalir cukup tinggi

Sensasi dan misteri Air Terjun Dolo  tidak  membuat wisatawan untuk tidak berkunjung ke air terjun ini.  Justru malah banyak orang yang penasaran ingin melihat dan menikmati keindahan air terjun yang terletak di Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur ini.  Sensasi yang ditawarkan benar-benar membuat pengunjung asyik menikmati kemegahan air terjun ini.  Air terjun yang  berada di bagian timur lereng Gunung Wilis pada ketinggian 1.800 meter di atas permukaan laut ini, menyimpan banyak misteri.

Warga sekitar pun masih mempercayai dan mempraktekkan ritual saat mandi di Air Terjun Dolo.  Selain itu, masyarakat setempat juga mempercayai cerita bahwa pada zaman kewalian, di kawasan Air Terjun Dolo, tepatnya di sebelah kanan air terjun ada sebuah pohon besar dan di atasnya tergantung sebuah benda yang sangat misterius.  Namun, tidak semua orang setiap saat bisa melihat benda itu, terkadang terlihat terkadang tidak.  Cerita ini yang membuat nama air terjun ini disebut ‘Dolo’, yang artinya adalah sesuatu yang tergantung (gemandul).  Namun, sebagian warga juga menyebutkan bahwa pemberian nama Air Terjun Dolo berasal dari kata ‘Gundul Tola Tolo’.

Misteri dan Keseruan di Air Terjun Dolo, Kediri
Airnya jernih dan dingin menyegarkan

Dari kisah itu maka muncul kata Dolo untuk air terjun tersebut, yang mempunyai arti sesuatu yang tergantung (gemandul). Namun ada juga penduduk setempat mengatakan nama air terjun Dolo berasal dari kata “Gundul Tola Tolo”.

Hal lainnya yang harus diperhatikan jika berkunjung ke objek wisata ini adalah, Traveler  tidak boleh bersiul, tidak boleh bertepuk tangan dan juga tidak boleh bercanda yang berlebihan. Begitu juga larangan untuk tidak boleh mengambil hasil alam berlebihan seperti memetik tumbuhan di sekitar air terjun.

Bagi Traveler yang ingin kemping di kawasan ini, diminta agar semua benda tajam yang dibawa ditancapkan ke dalam tanah.  Karena menurut kepercayaan warga setempat, hal tersebut dilakukan dengan maksud supaya tamu-tamu yang sedang kemping ini terhindar dari gangguan makhluk-makhluk gaib di kawasan tersebut.

Misteri dan Keseruan di Air Terjun Dolo, Kediri
Tangga-tangga yang harus dilalui

Lepas dari misteri dan kepercayaan warganya, keindahan dan kemegahan Air Terjun Dolo sangat sayang dilewatkan begitu saja.  Air terjun yang memiliki tinggi sekitar 125 meter ini, mempunyai karakter jatuhnya air bertingkat, dengan air terjun utama berada di bagian atas lalu jatuh dua tingkat di bawah, terlihat berundak-undak. Pada bagian bawahnya terdapat beberapa tingkatan sehingga bila dilihat dari dasar, air terjun ini akan tampak berasap. Airnya sangat jernih dan dingin.

Undakan-undakan inilah yang menjadi ciri khas dan juga spot kecantikan Air Terjun Dolo, yang membuat daya tarik pengunjung. Banyak yang berfoto di undakan-undakan ini. Lokasi undakan inilah yang banyak di cari para pemburu foto instagramable.  Karena dari situlah spot foto yang sangat bagus untuk mengambil foto yang cantik.

Selain undakan yang menjadi spot center pemotretan dan daya tarik, rimbunnya pepohonan di sekitar air terjun, menciptakan udara juga sangat segar.  Apalagi letak air terjun ini berada pada dasar lembah yang diapit oleh hutan alami lereng Wilis. Sehingga kondisi air terjun ini masih sangat alami.  Saat cuaca cerah, Traveler akan terkesima dengan pemandangan yang eksotis, satu frame lukisan hidup nan mempesona dari Sang Pencipta. Menggemanya suara gemuruh air jatuh dengan aliran yang cukup deras, ditemani suasana hijau pantulan dari pohon-pohon yang menjulang tinggi disekitar air terjun, membuat siapapun yang datang ke tempat ini menjadi kerasan.

Misteri dan Keseruan di Air Terjun Dolo, Kediri
Perjalanan menuju lokasi air terjun

Untuk menuju air terjun yang berada di dasar lembah, Traveler ditantang untuk menuruni ratusan anak tangga. Anak tangga ini cukup aman untuk dilalui, karena kondisinya cukup lebar dan telah dilengkapi dengan pegangan serta pagar pelindung. Meskipun alurnya berkelok-kelok dengan keterjalan yang sangat bervariasi, tapi perjalanan menuju air terjun ini sangat menyenangkan.

Beberapa kegiatan dan fasilitas yang dapat dinikmati di kawasan air terjun ini adalah, adanya area jogging, hiking, wisata petik buah juga area kemping. Dan bagi anak-anak pun juga siap dimanjakan dengan disiapkannya taman bermain atau disebut fasilitas playground yang bisa mendukung pengunjung anak mengisi kegiatan menyenangkan bagi mereka.(Puteri)