Menikmati Pesona Air Terjun Penimbungan – Gunung Rinjani

Memiliki Ketinggian 100 Meter

Air Terjun Penimbungan
DIapit Tebing-Tebing Tinggi

Air Terjun Penimbungan merupakan air terjun yang sangat indah dan penuh pesona yang terletak di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat.  Air terjun ini tepatnya terletak di kaki Gunung Rinjani.  Jika Traveler mendaki Gunung Rinjani dan melewati jalur pendakian Torean, keindahan air terjun ini dapat dinikmati.

Ketinggian air terjun ini mencapai kurang lebih 100 meter. Penimbungan merupakan air terjun tertinggi di Lombok yang keindahannya hanya dapat dinikmati dari kejauhan. Yah, para pendaki bahkan disarankan untuk tidak mendekati langsung lokasi air terjun ini, karena medannya yang terjal dan licin.  Untuk dapat menikmati pemandangan langka yang indah ini, Traveler harus menempuh jalur dari Torean.  Ini merupakan jalur favorit para pendaki Gunung Rinjani.  Jalur Torean ini juga biasa dilewati para peziarah yang melakukan ritual kepercayaannya di Segara Anak maupun di sumber air panas.  Air Terjun Penimbungan ini dikenal juga dengan nama Air Terjun Penimbungan Torean yang berada di lereng utara Gunung Rinjani.

Air Terjun Penimbungan
Airnya Berasal dari Danau Segara Anak, Photo by Phinemo

Dengan memiliki ketinggian air yang cukup tinggi, membuat derasnya debit air yang menghantam kolam di bawahnya cukup kencang. Seringkali disekitar jatuhnya air menimbulkan kabut.  Uniknya, menikmati keindahan air terjun ini dapat disaksikan dari atas Lembah Sungai Putih.  Air di Air Terjun Penimbungan berasal dari Danau Segara Anak di Gunung Rinjani, sehingga tak mengherankan warna airnya sangat selaras. Air terjun ini diapit oleh tebing-tebing curam yang menjulang sehingga seringkali menimbulkan  suara gemuruh. Saat udara mulai dingin, kabut-kabut tipis biasanya menutupi dasar Air Terjun Penimbungan ini.

Air terjun ini menjadi salah satu pemandangan yang menghibur para pendaki, di tengah-tengah peristirahatan dari pendakian. Lokasinya dapat ditemukan di ketinggian 1.156 mdpl melalui 2 jam perjalanan dari Dusun Torean di kecamatan Sembalun.  Samar-samar dari kejauhan, pendaki dapat melihat dasar kolam dimana air terjun ini jatuh, yang berwarna kehijauan dengan efek kabut di sekitarnya. Lokasinya yang berada di tengah kepungan pegunungan yang kehijauan semakin menambah elok pemandangan.  Benar-benar menakjubkan dan sangat indah.  Traveler akan terkesima meski melihat dari kejauhan.

Air Terjun Penimbungan
Menikmatinya hanya dari kejauhan

Lokasi Air Terjun Penimbungan berada di Desa Sajang, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat.  Jalur Torean yang diambil dalam pendakian ke Gunung Rinjani sembari dapat menikmati keindahan air terjun ini, konon dianggap jalur non resmi yang memiliki medan paling terjal.  Sehingga untuk melakukan pendakian ke sana, para pendaki diharuskan mengantongi izin khusus dari pihak Taman Nasional Gunung Rinjani. Menjadi satu tantangan tersendiri, jika pendaki melewati jalur ini.  Apalagi, jalur ini benar-benar menawarkan hal yang sangat istimewa dan berkesan, yaitu pemandangan alam yang menakjubkan seperti Air Terjun Penimbungan ini.(Adhit)