Menyusuri Keindahan Taman Maya Datar Purwakarta

Terciptanya Keindahan dan Kesejukan di Tengah Keramaian Kota

Taman Maya Datar
Taman Maya Datar di Purwakarta, Photo by @habib_farindra

Di Purwakarta ada taman yang cukup klasik suasananya serta menarik untuk didatangi.  Namanya Taman Maya Datar, taman yang cukup unik dan asyik, apalagi lokasinya di tengah Kota Purwakarta, sehingga mudah untuk disambangi.  Yah, Taman Maya Datar berada persis di kawasan kantor pemda Purwakarta.  Tepatnya berlokasi di Komplek Pemda Purwakarta, di dekat alun-alun Kota Purwakarta, dekat dengan Masjid Agung dan Situ Buleud.

Taman Maya Datar
Menikmati Kesejukan dan Keindahan Dalam Taman, Photo by @stilly.angel90

Taman Maya Datar ini memiliki daya tariknya sendiri, karena terdapat replika rumah adat, dan kolam ikan.   Selain itu, taman ini juga memadukan suasana klasik dan keindahan dedaunan serta bunga-bunga cantik yang terhampar di sini. Dengan berlatar air mancur menambah cantik pemandangan sebagai latar untuk berswafoto.

Taman ini juga menjadi objek wisata yang ramah bagi anak-anak. Area untuk menikmati taman benar-benar diciptakan sehingga siapapun yang datang dan menikmati suasana taman ini aka terpuaskan.  Di sini anak-anak bisa bermain sepatu roda, bersepeda, maupun jalan-jalan sore bersama orang tua.

Taman Maya Datar
Bermain sepatu roda atau berlari-larian akan terpuaskan, Photo by @deniuban

Dengan penataan tanaman yang diatur sedemikian rupa, Taman Maya Datar menawarkan keindahan dan kesejukan di tengah keramaian kota yang banyak dilalui hilir mudik kendaraan. Nah, jika Traveler sedang berada di Kota Purwakarta, tidak ada salahnya mampir dan menikmati keindahan dan kesejukan yang diciptakan Taman Maya Datar ini.  Namun disarankan, sebaiknya berkunjung saat sore hari setelah jam 3.  Karena selain udaranya lebih menyejukkan, lokasi taman ini dalam lingkungan kantor pemerintahan yang biasanya karyawan meninggalkan kantor diatas jam 3.

Taman Maya Datar Purwakarta dibangun pada saat periode kepemimpinan Bupati Dedi Mulyadi. Taman ini sendiri memiliki filosofi yang menarik.  Nama Maya Datar diartikan sebagai tempat pertemuan antara warga dengan pemimpin daerah maupun pemerintah secara sejajar. Dengan hadirnya Taman Maya Datar, pemerintah daerah Kabupaten Purwakarta mengubah konsep area pemerintahan ini menjadi area ruang terbuka untuk masyarakat.

Taman Maya Datar
Simbolis Kota Purwakarta pada Taman Maya Datar, Photo by @saena_photography

Tak jauh dari sini, juga terdapat Taman Panca Warna yang terletak di area Bale Paseban, atau Pendopo Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta.  Bagi Traveler luar kota yang ingin mengunjungi taman ini, dapat melacak lokasi taman dengan mencari lokasi Obyek Wisata Pendopo Taman Maya Datar di Purwakarta.(Ipg/Niel)