Menyusuri Pesona Alam Danau Gunung Tujuh

Danau tertinggi di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara.

Danau Gunung Tujuh
Photo by pjk_penjelajahkerinci

Mendaki gunung lalu menikmati hanya sunrise, mungkin sudah biasa. Tapi apa rasanya jika mendaki gunung untuk menikmati double kasyikkan, yaitu ketenangan air danau serta sunrise ? Hmmm, luar biasa menyenangkan. Hal tersebut bisa traveler dapatkan di Danau Gunung Tujuh.

Danau Gunung Tujuh terletak di Desa Pelompek, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Jambi. Dari bandar udara Depati Parbo Kerinci memakan waktu 2 jam perjalanan menuju pos Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) Desa Pelompek. Setelah sampai, Traveler tinggal mendaki di pos penjagaan, treknya jalan setapak nan menanjak yang menempuh waktu selama 4 jam. Biaya pendaftaran surat izin masuk konservasi sebesar Rp7 ribu pada hari libur, sedangkan pada hari biasa Rp5 ribu.

Danau Gunung Tujuh
photo by Taman Nasional Kerinci Seblat

Sesuai dengan namanya, Danau Gunung Tujuh dikelilingi oleh 7 gunung, diantaranya adalah Gunung Madura Besi, Gunung Jar Panggang, Gunung Hulu Tebo, Gunung Hulu Sangir, Gunung Lumut, Gunung Selasih dan Gunung Tujuh dengan puncak paling tinggi 2753 mdpl.  Danau tersebut mempunyai air yang menyegarkan. Apalagi pada saat pagi hari, suasana sejuk serta dinginnya air danau akan traveler rasakan.

Berlibur di danau tersebut tak lengkap jika tidak bermalam. Traveler bisa mendirikan tenda di pinggiran danau dan pada pagi hari melihat matahari terbit di antara kabut-kabut tipis. Selain itu dapat menikmati air terjun yang berada di sekitar danau atau menyewa perahu warga setempat untuk berlayar ke hamparan pasir putih di dekat Gunung Tujuh. Menikmati pemandangan yang menakjubkan ini akan semakin sempurna sambil streaming, mendengarkan lagu-lagu favorit. Jangan lupa gunakan XL atau Axis yang jaringan internetnya stabil. Dengan jaringan internet XL Axiata yang telah terfiberisasi, streaming pun tidak lola. Click disini untuk memastikan jaringan daerahmu sudah terjangkau XL Axiata 4.5G.

Danau Gunung Tujuh terbentuk karena letusan gunung pada masa lalu. Dengan luas 960 hektare, panjang 5 km dan lebar 3 km menjadikan Danau Gunung Tujuh disebut sebagai danau tertinggi di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara. Danau ini juga memiliki kekayaan akan keragaman flora dan fauna terbesar di pulau Sumatra. Dan menurut situs Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), Danau Gunung Tujuh Kerinci  ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO.

Jika traveler berkunjung ke sini, sangat disarankan untuk membawa segala peralatan dan kebutuhan, seperti makanan, minuman, dan tenda bila ingin bermalam. #JaringanInternetStabil #Fiberisasi (AS/IPG)