Nikmatnya Bersantai di Pantai Suak Ribee

Mempunyai pasir hitam yang lembut serta air yang tenang.

Pantai Suak Ribee, photo by Hendrisulistiawan94

Di Kabupaten Aceh Barat terdapat sebuah pantai yang mampu memberikan kenyamanan yang luar biasa. Pantai itu adalah Pantai Suak Ribee. Pantai Suak Ribe terletak di  Jalan Iskandar Muda, Suak Ribee, Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Aceh. Dari pusat kota Meulaboh berjarak 5 km dan memakan waktu tempuh 30 menit perjalanan.

Pantai Suak Ribee
Pantai Suak Ribee, photo by Arieasyari

Pantai ini merupakan tempat wisata favorit masyarakat sekitar. Saat musim liburan tiba, Pantai Suak Ribee banyak dikunjungi dari berbagai kalangan usia, muda, remaja, dan dewasa. Dulunya di sekitar pantai terdapat banyak pohon kelapa dan pohon cemara yang tumbuh subur sebelum tragedi tsunami. Namun, akibat dari tsunami tersebut garis pantai ini bergeser 50 m, hanya beberapa pohon yang masih tersisa dan tumbuh.

Pantai Suak Ribee
Pantai Suak Ribee, photo by rockstartiket

Pantai Suak Ribee mempunyai pasir hitam yang lembut serta air yang tenang. Di sini traveler bisa bermain pasir, berenang, atau sekadar bersantai-santai di tepian pantai. Pada saat sore hari sampai malam hari, pantai ini sangat ramai karena panorama sunsetnya sangat mempesona. Traveler bisa menikmati keindahan tersebut, ditemani semilir angin sembari duduk santai bersama secangkir kopi.

Pantai Suak Ribee
Pantai Suak Ribee, photo by zit_muttaqin

Traveler tidak sendirian menikmati sunset di pantai ini, karena masyarakat setempat juga sudah terbiasa menikmati keindahan Pantai Suak Ribee. Ada yang beramain bola, voli, atau berselancar.

Bagi penyukai kopi, di Pantai Suak Ribee ini tersedia Kopi Tubruk yang sudah melegenda dan hanya bisa  ditemukan di pantai ini saja. Kopi Tubruk adalah kopi yang disajikan dengan gelas terbalik beralaskan piring kecil. Dan untuk meminumnya menggunakan sedotan atau pipet. Tentunya kopi yang dibuat adalah kopi khas Aceh. Penyajian tradisional tersebut sangat unik dan sulit ditemukan di warung-warung kopi pada umumnya. Hanya dengan Rp 5 ribu saja traveler bisa menikmati Kopi Tubruk tersebut. (AS/IPG)