Pantai Rajegwesi, Permata Indah di Ujung Paling Timur Pulau Jawa

Pantai Rajegwesi, Permata Indah di Ujung Paling Timur Pulau Jawa
Ombak tenang memberi kenyaman dan aman, Photo by@mshellypa

Pantai Rajegwesi bagaikan permata indah yang tersimpan di ujung paling timur pualu Jawa.  Terletak dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri, Pantai Rajegwesi memiliki panorama pantai yang sangat indah. Pasir pantainya berwarna coklat, akibat endapan lumpur yang dibawa sungai yang bermuara di pantai ini saat banjir.  Alam sekelingnya begitu cantik dan menimbulkan aura nan sejuk karena pantai ini dikelilingi hutan tropis hijau yang masih asri.

Pantai Rajegwesi, Permata Indah di Ujung Paling Timur Pulau Jawa
Pantai yang dikelilingi hutan tropis hijau, Photo by@yoiki.banyuwangi

Menikmati alam di Pantai Rajegwesi akan menjadi kegiatan yang menyenangkan dan mengasyikkan.  Traveler siap dimanja dengan pemandangan panorama pantai yang sangat cantik dan mempesona.  Sajian hamparan pasir yang bersih yang berkolaborasi pada sebuah tebing bebatuan yang terletak pada sisi kanannya. Tebing bebatuan ini mengandung besi.  Hal ini dapat dilihat dari pantulan warna kemerahan yang menyelimuti batuan-batuan karang ini, yang merupakan sebuah karat. Proses karat terjadi akibat adanya proses kerosi dari hantaman air laut selama bertahun-tahun.

Meskipun berhadapan dengan Samudera Hindia, namun Traveler dapat melakukan kegiatan berenang atau snorkeling di pantai ini dengan aman. Adanya bebatuan karang yang cukup tinggi yang menyerupai tembok raksasa berdiri gagah siap menghadang deburan ombak besar sehingga ombak yang sampai ke pantai ini tenang.  Uniknya, bebatuan di sekitar pantai ini memiliki kandungan besi yang lumayan besar, tak heran jelas terlihat struktur bebatuannya terlihat seperti besi.

Pantai Rajegwesi, Permata Indah di Ujung Paling Timur Pulau Jawa
Perahu nelayan dapat disewa untuk susur laut, Photo by@alen_fanindra

Pantai Rajegwesi juga menjadi tempat nyaman bagi habitat penyu.  Disini juga ada tempat penangkaran penyu.  Traveler dapat melihat langsung proses penyu sedang bertelur, seperti penyu belimbing, penyu sisik, penyu hijau dan penyu slengkrah yang semuanya masuk dalam kategori hewan langka.  Yang lebih seru dan menyentuh adalah melihat proses bagaimana bayi-bayi penyu ini dihantar untuk mandiri dan dilepaskan ke arah pantai, siap berbaur dalam lautan luas.

Ombaknya yang cukup ramah, lebih kecil dibanding pantai laut selatan pada umumnya, membuat warga sekitar yang menjadi nelayan dapat melaut dengan tenang.  Tak heran, di beberapa bagian bibir pantai, tampak jajaran perahu turut mewarnai keindahan pemandangan Pantai Rajegwesi ini.  Yah, cukup ramainya para nelayan yang berlabuh di pantai ini, terutama di pagi hari, lalu lalang sebagian bibir Pantai Rajegwesi tampak sibuk dengan keramaian pelelangan ikan.  Dan banyak Traveler yang berswaphoto mengambil latar frame kesibukan ini, sangat instagenik. Selain itu, perahu-perahu nelayan ini juga dapat dijadikan sebagi perahu wisata, jika Traveler ingin menyewa perahu dan beraktifitas menyusuri lautan lebih jauh lagi.

Pantai Rajegwesi, Permata Indah di Ujung Paling Timur Pulau Jawa
Jalan menuju Pantai Rajegwesi

Pantai Rajegwesi terletak di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur.  Tidak sulit untuk menemukan keberadaan pantai ini.  Traveler dapat berangkat dari Jember maupun dari Banyuwangi lalu melanjutkan perjalanan ke Jajag yang selanjutnya menuju ke Pesanggaran, lanjut terus sampai ke Sarongan dan berakhir di Rajegwesi.  Perjalanan dari Jember menuju Jajag dengan berkendaraan memakan waktu tempuh sekitar 2 jam dengan jarak sekitar 84 kilometer.  Sementara perjalanan dari Banyuwangi menuju Jajak jaraknya hanya sekitar 65 kilometer dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 1 jam.  Perjalanan dari Jajag menuju Rajegwesi, Traveler akan menghabiskan waktu kurang lebih sekitar 2 jam.(Simple Destination)