Pesona Alam Danau Semayang di Kalimantan Timur

Danau Semayang juga terdapat Desa wisata Pela, dengan jalanan kayu yang panjang dan memiliki pemandangan yang indah juga.

photo by nativeindonesia

Pemandangan indah dan menyejukkan mata, benar-benar tak bisa dilepaskan dari sebuah destinasi wisata Danau Semayang. Selain menikmati keindahan pemandangan, Traveler juga bisa melihat pesut Mahakam di tempat ini. Mamalia air tawar ini biasanya hilir mudik di antara danau Semayang dan sungai Mahakam pada waktu pagi dan sore.

Di sepanjang pinggiran Danau Semayang terdapat deretan rumah apung atau keramba ikan milik warga desa Pela. Dari tempat tersebut, traveler bisa mengabadikan rombongan kecil pesut Mahakam yang berkeliaran. Pesut Mahakam bisa dilihat saat sedang bernafas di permukaan, dengan kemunculan sirip punggung, kepala dan ekornya. Namun, mereka tidak bisa melompat keluar dari air laut seperti lumba-lumba.

photo by gedubar.com

Di dekat Danau Semayang juga terdapat Desa wisata Pela, dengan jalanan kayu yang panjang dan memiliki pemandangan yang indah juga. Di tempat tersebut, wisatawan bisa mengunjungi sentra pembuatan ikan asin, museum nelayan Pela atau berfoto di jembatan warna warni. Selain itu, ada juga spot Tanjung Tamannoh yang biasanya menjadi lokasi perkemahan bagi wisatawan. Tempat ini menjadi spot paling bagus, saat menikmati momen matahari tenggelam di danau Semayang

Untuk bisa sampai ke danau Semayang, traveler bisa berangkat dari Kota Samarinda melalui jalur darat dan dilanjutkan dengan jalur sungai menggunakan kapal.(DT)