Pesona Pantai Sundak Gunung Kidul

Hijaunya pepohonan di sekitar pantai, menambah keasrian dan suasana alami yang kental.

photo by refiand

Menginjakkan kaki di Yogyakarta dan menemukan liburan indahnya, bukan hanya di Malioboro saja. Di kota ini Traveler bisa berkunjung ke tempat wisata alam lainnya, salah satunya yaitu Pantai Sundak. Pantai Sundak terletak di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Berjarak 70 km dari pusat kota, dan memakan waktu perjalanan selama 2 jam. Untuk mencapai ke lokasi ini cukup mudah. Jalan yang akan dilalui traveler kondisinya bagus, meskipun ada beberapa tikungan. Selama perjalanan tersebut, ladang hijau milik warga dan tebing-tebing akan menjadi pemandangan yang mempesona, yang menemani perjalanan ini.

photo by mahendraa.id

Sesampainya di tempat parkir, masih harus berjalan kaki kurang lebih 50 m untuk mencapai bibir pantai dan membayar tiket masuk sebesar Rp. 10 ribu. Pantai Sundak menawarkan pasir putih yang lembut serta jernihnya air berwarna kebiruan. Karena kejernihan airnya, hal ini memudahkan untuk bisa melihat keanekaragaman terumbu karang dan biota lautnya. Sungguh menjadi pemandangan luar biasa indahnya. Selain menikmati keindahan pemandangan isi lautnya, di sini traveler asyik juga untuk bermain pasir, berenang, atau sekadar duduk-duduk santai di pinggir pantai.

Hijaunya pepohonan di sekitar pantai, menambah keasrian dan suasana alami yang kental. Sungguh sangat nyaman. Terdapat juga gubuk-gubuk dari bambu. Di sini Traveler bisa berteduh atau beristirahat menikmati semilir angin, deburan ombak, serta cahaya mentari sembari mencoba es kelapa muda yang segar. Juga terdapat warung-warung yang menawarkan aneka makanan laut. Traveler bisa mencicipi aneka olahan ikan, kepiting, serta udang dengan harga yang terjangkau.

photo by dhimasquinn

Selain itu, di Pantai Sundak juga terdapat batu karang berukuran besar. Namun, letaknya jauh dari bibir pantai, sehingga traveler sulit untuk bisa menaikinya.

Layaknya pantai-pantai yang berbatasan dengan Samudera Hindia dan Pantai Selatan, pantai ini juga mempunyai ombak yang besar. Jadi traveler harus berhati-hati ketika bermain air.

photo by agus2x

Banyak fotografer yang mengabadikan momen keindahan Pantai Sundak. Bebatuan karang, ombak besar, serta hamparan pasir putih bisa menjadi latar belakang yang indah untuk foto traveler. Bagi yang bingung mencari tempat penginapan, di pantai ini traveler bisa mendirikan tenda dan bermalam di sini bersama teman-teman. Melewati sunyinya malam, melihat bintang-bintang di langit gelap, serta kehangatan api unggun akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.(AS/IPG)