Pesona Pulau Cinta di Tengah Danau Cipule Kabupaten Karawang

Udaranya Sejuk dan Panorama Alamnya Cantik

Danau Cipule
Menikmati Sunset di Danau Cipule, Photo by @adjie_photografhy

Berbicara soal destinasi wisata yang ada di Indonesia, tidak akan pernah ada habisnya. Mulai dari alam sampai sejarah dan budaya, tentu dapat ditemui dan tersebar di sepanjang pulau Indonesia.  Seperti di salah satu kota berikut ini tepatnya di Kabupaten Karawang, yang memiliki destinasi wisata yang membanggakan, yaitu Danau Cipule.

Danau Cipule atau yang biasa disebut Situ Cipule mengharumkan nama Karawang, pasalnya pada tahun 2011 silam, danau ini telah menjadi venue untuk kejuaraan lomba dayung sekelas SEA Game. Seperti apa sih keseruan danau ini ? Berikut informasi seputar Danau Cipule Kabupaten Karawang, yang wajib dikunjungi!

Danau Cipule
Senja nan Romantis, Photo by @why_ajie

Berlokasi di Jalan Demang Mulyasari, Kecamatan Ciampel, Kabupaten Karawang, Danau Cipule terbentuk dari bekas penambangan pasir dan memiliki luas sekitar 90 hektar dengan kedalaman 20 meter. Di danau ini juga terdapat Pulau Cinta yang berada di tengah-tengah danau. Pulau Cinta inilah yang menjadi ikonik dan dDaya tarik tersendiri.

Pulau yang mempunyai suasana romantis ini memiliki pemandangan cantik dengan pohon-pohon hijau di sekelilingnya. Ketika matahari terbenam, pulau ini akan terlihat lebih cantik. Sinar matahari yang mulai malu-malu, mengintip di cela-cela pohon, menciptakan siluet indah yang mengagumkan. Yah, sunset di Pulau Cinta sangat menakjubkan.  Untuk menyambangi Pulau Cinta ini,  Traveler dapat melakukan perjalanan hanya dalam waktu lima menit dari danau, dengan menggunakan jasa penyewaan perahu.

Danau Cipule
Sensasi Menikmati Danau Cipule, Photo by @galin_iman_nugroho

Pulau Cinta memiliki luas sekitar 2.000 meter persegi. Saat berada di sini, Traveler tidak harus khawatir dengan fasilitas yang ada. Di sini terdapat warung penjual makan dan minuman, juga ada saung-saung bambu beratap rumbia yang menghadap langsung ke danau, yang dapat dimanfaatkan untuk tempat berleha-leha, menikmati panorama sekitar. Bagi yang membaa keluarga dan anak-anak, di pulau ini juga telah menyediakan area bermain anak-anak.  Danau dengan udara sejuk dan segar ini buka dari pukul 08.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB. Danau Cipule sendiri juga memiliki fasilitas penunjang lainnya seperti penyewaan perahu rakit, perahu becak dan perahu bebek.  Fasilitas inilah yang menjadi penunjang bagi Traveler untuk menjelajahi danau ini.

Danau CIpule
Asyik Mendayung di Danau Cipule, Photo by@maudinannisa

Untuk menuju Danau Cipule, Traveler disarankan mengambil rute mulai dari saat keluar dari gerbang Tol Karawang Timur kawasan industri.  Setelah keluar dari gerbang tol, sekitar 200 meter kemudian akan menjumpai perempatan kawasan industri Suryacipta, lalu belok kiri. Kemudian lurus di Jalan Tarum Barat sejauh 5 kilometer, setelah itu belok ke kiri untuk sampai ke Danau Cipule. Sebelum masuk ke kawasan danau, Traveler terlebih dahulu membayar tiker masuk seharga Rp 5.000 per orang.

Nah, rutenya sangat mudah untuk ditelusuri.  Siap menyambangi Danau Cipule yah, dan ciptakan banyak photo dalam sosial media!(Nay/Niel)