Sederet Wisata Pekanbaru yang Memukau

Berbagai peninggalan sejarah Kerajaan Siak ada di sana.

foto infopku_instagram

Pekanbaru memiliki dialek bahasa, pakaian, adat istiadat, maupun arsitektur bangunannya begitu luar biasa. Selain itu, wilayah yang kental dengan nuansa melayu ini ini juga memiliki destinasi wisata yang cukup beragam. Yah, Pekanbaru memiliki banyak destinasi wisata yang pasti akan membuat penasaran untuk dikunjungi. Berikut lokasi-lokasi wisata apa saja yang wajib dikunjungi saat berada di Pekanbaru.

Istana Siak Sri Indrapura
Istana Siak Sri Indrapura terletak di Jalan Sultan Syarif Kasim, Kampung Dalam, Siak, Riau. Istana Siak disebut juga sebagai Istana Asherayah Al Hasyimiyah. Istana ini dibangun oleh Sultan Syarif Hasyim Abdul Jalil Syaifuddin pada tahun 1889. Arsitektur yang digunakan merupakan percampuran antara arsitektur Melayu, Eropa, dan Arab.
Di istana ini, ada berbagai peninggalan sejarah Kerajaan Siak, seperti berbagai pusaka, patung sultan, patung ratu Belanda, dan bahkan lukisan Napoleon. Di lokasi ini, Anda bebas memotret. Tiket masuknya hanya Rp3.000 bagi orang dewasa dan Rp2.000 untuk anak-anak.

Masjid Raya Senapelan
Masjid Raya Senapelan terletak tepat di pusat Kota Pekanbaru, yakni di Jalan Masjid No. 13 Kampung Bandar, Kelurahan Payung Sekaki, Kecamatan Senapelan. Masjid yang dibangun oleh Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah dan Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah pada tahun 1762 ini merupakan masjid tertua di Pekanbaru.
Selain mengunjungi masjid, Anda juga dapat berziarah ke makam pendiri Kota Pekanbaru, Sultan Abdul Jalil Alamudin Syah. Anda tidak dipungut biaya untuk memasuki kompleks masjid ini.

Masjid Agung An Nur
Satu lagi alternatif bagi Anda yang suka wisata religius di Pekanbaru, yaitu Masjid Agung An Nur. Masjid ini terletak di Jalan Hangtuah, Sumahilang, Kota Pekanbaru. Masjid Agung An Nur memiliki arsitektur yang anggun dengan gaya kebudayaan Islam klasik. Hal itu mengingatkan Anda kepada bangunan hebat India, Taj Mahal.
Bahkan, sama seperti Taj Mahal, masjid berkapasitas 4.500 jamaah ini dikelilingi taman yang luas. Di depan masjid, terdapat kolam yang setiap malam akan diterangi lampu warna-warni. Selain untuk ibadah, masjid ini juga sering digunakan untuk aktivitas sosial. Anda tidak dipungut biaya untuk berkeliling kompleks masjid ini.

Taman Rekreasi Alam Mayang
Taman Rekreasi Alam Mayang yang terletak di Jalan H. Imam Munandar, Tenayan Raya, Pekanbaru merupakan salah satu objek wisata alam yang cocok untuk wisata keluarga. Taman ini berdiri di lokasi yang berada di perbukitan dan memiliki beberapa kolam. Di taman wisata seluas 24 hektar ini, pengunjung bisa memandang jauh hingga ke Jembatan Leighton yang melintangi Sungai Siak.

Di taman rekreasi ini, bisa bebas selfie atau groupie di arena kolam pemancingan, flying fox, taman bermain anak, studio film 3D, dan lain-lain. Setelah puas berfoto langsung unggah ke media sosial, jangan khawatir buffering karena XL Axiata memiliki jaringan internet stabil dengan fiberasi.

Taman rekreasi ini buka setiap hari dari pukul 08.00-18.00 WIB. Tiket masuknya Rp 20.000 per orang. Adapun untuk bisa mencoba setiap wahana yang ada, Anda perlu membayar tiket Rp10.000-Rp25.000.

Danau Buatan Lembah Sari
Salah satu tempat wisata Pekanbaru yang terkenal adalah Danau Buatan Lembah Sari. Danau ini terletak di Desa Limbungan, Kecamatan Rumbai, sekitar 10 km dari Kota Pekanbaru. Danau Buatan Lembah Sari memiliki luas 150 hektar dan berada di alam perbukitan yang asri.

Pada mulanya, danau ini digunakan sebagai sarana irigasi. Namun, seiring berjalannya waktu, danau ini juga digunakan sebagai destinasi wisata karena keindahannya. Di lokasi ini, Anda bisa sekadar bersantai atau menaiki perahu sembari menikmati sunset. Untuk masuk dan menikmati fasilitas lengkap yang disediakan, Anda cukup merogoh kocek sebesar Rp15.000 per motor.

Saatnya melist daftar asyik anda berwisata ke Pekanbaru, seasyik XL Axiata dengan jaringan internet stabilnya yang turut menemani anda berwisata disini. #JaringanInternetStabil #Fiberisasi